Penerapan Algoritma A Star (A*) pada Game Petualangan Labirin Berbasis Android

Game memiliki arti dasar permainan, permainan dalam hal ini merujuk pada pengertian kelincahan intelektual. Di dalam penerapannya, sebuah Game tentu memerlukan sebuah AI (Artificial Intelligence), dan AI yang digunakan dalam pembangunan Game petualangan labirin ini adalah algoritma A* (A Star) denga...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Widodo, Wahyu, Ahmad, Imam
Format: UMS Journal (OJS)
Language:ind
Published: Department of Informatics, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia 2017
Subjects:
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/5221
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1805342470515458048
author Widodo, Wahyu
Ahmad, Imam
author_facet Widodo, Wahyu
Ahmad, Imam
author_sort Widodo, Wahyu
collection OJS
description Game memiliki arti dasar permainan, permainan dalam hal ini merujuk pada pengertian kelincahan intelektual. Di dalam penerapannya, sebuah Game tentu memerlukan sebuah AI (Artificial Intelligence), dan AI yang digunakan dalam pembangunan Game petualangan labirin ini adalah algoritma A* (A Star) dengan euclidean distance. Algoritma ini merupakan algoritma pencarian untuk menemukan rute terpendek dengan cost paling minimum, algoritma A* mencari rute terpendek dengan menjumlahkan jarak sebenarnya dengan jarak perkiraan sehingga membuatnya optimum dan complete. Petualangan labirin merupakan Game yang menceritakan mengenai petualangan kelinci melewati sebuah labirin untuk mencari makanannya. Genre dari Game ini adalah adventure dan puzzle, dibangun dengan bahasa pemrograman java dengan tools Android Studio, AI yang digunakan adalah algoritma A* dengan euclidean distance yang digunakan pada bantuan untuk melakukan pencarian jalur guna menemukan makanan kelinci. Hasil uji dari Game Petualangan labirin ini adalah jika pemain dalam kesusahan menemukan jalur menuju makanan kelinci, maka pemain dapat menggunakan tombol bantuan yang akan dicarikan jalur terpendek oleh algoritma A* (A Star) dengan euclidean distance untuk menuju lokasi tempat makanan kelinci berada.
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-5221
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language ind
publishDate 2017
publisher Department of Informatics, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-5221 Penerapan Algoritma A Star (A*) pada Game Petualangan Labirin Berbasis Android Widodo, Wahyu Ahmad, Imam Adventure, Algoritma A*, Artificial Intelligence, Game, Labirin Game memiliki arti dasar permainan, permainan dalam hal ini merujuk pada pengertian kelincahan intelektual. Di dalam penerapannya, sebuah Game tentu memerlukan sebuah AI (Artificial Intelligence), dan AI yang digunakan dalam pembangunan Game petualangan labirin ini adalah algoritma A* (A Star) dengan euclidean distance. Algoritma ini merupakan algoritma pencarian untuk menemukan rute terpendek dengan cost paling minimum, algoritma A* mencari rute terpendek dengan menjumlahkan jarak sebenarnya dengan jarak perkiraan sehingga membuatnya optimum dan complete. Petualangan labirin merupakan Game yang menceritakan mengenai petualangan kelinci melewati sebuah labirin untuk mencari makanannya. Genre dari Game ini adalah adventure dan puzzle, dibangun dengan bahasa pemrograman java dengan tools Android Studio, AI yang digunakan adalah algoritma A* dengan euclidean distance yang digunakan pada bantuan untuk melakukan pencarian jalur guna menemukan makanan kelinci. Hasil uji dari Game Petualangan labirin ini adalah jika pemain dalam kesusahan menemukan jalur menuju makanan kelinci, maka pemain dapat menggunakan tombol bantuan yang akan dicarikan jalur terpendek oleh algoritma A* (A Star) dengan euclidean distance untuk menuju lokasi tempat makanan kelinci berada. Department of Informatics, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia 2017-12-28 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/5221 10.23917/khif.v3i2.5221 Khazanah Informatika : Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika; Vol. 3 No. 2 Desember 2017; 57-63 Khazanah Informatika; Vol. 3 No. 2 Desember 2017; 57-63 2477-698X 2621-038X ind https://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/5221/3695 Copyright (c) 2017 Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika http://creativecommons.org/licenses/by/4.0
spellingShingle Adventure, Algoritma A*, Artificial Intelligence, Game, Labirin
Widodo, Wahyu
Ahmad, Imam
Penerapan Algoritma A Star (A*) pada Game Petualangan Labirin Berbasis Android
title Penerapan Algoritma A Star (A*) pada Game Petualangan Labirin Berbasis Android
title_full Penerapan Algoritma A Star (A*) pada Game Petualangan Labirin Berbasis Android
title_fullStr Penerapan Algoritma A Star (A*) pada Game Petualangan Labirin Berbasis Android
title_full_unstemmed Penerapan Algoritma A Star (A*) pada Game Petualangan Labirin Berbasis Android
title_short Penerapan Algoritma A Star (A*) pada Game Petualangan Labirin Berbasis Android
title_sort penerapan algoritma a star a pada game petualangan labirin berbasis android
topic Adventure, Algoritma A*, Artificial Intelligence, Game, Labirin
topic_facet Adventure, Algoritma A*, Artificial Intelligence, Game, Labirin
url https://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/5221
work_keys_str_mv AT widodowahyu penerapanalgoritmaastarapadagamepetualanganlabirinberbasisandroid
AT ahmadimam penerapanalgoritmaastarapadagamepetualanganlabirinberbasisandroid