IMPLEMENTASI KURIKULUM BAHASA ASING DI TAMAN-KANAK (TK) DKI JAKARTA

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kurikulum bahasaasing Pendidikan Taman Kanak-kanak di Jakarta. Secara khusus, tujuan penelitianini untuk mengetahui (1) profil guru bahasa asing, (2) proses pembelajaran bahasa asing (3) ciri-ciri bentuk pembajaran dan tanggapan siswa terhadap...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rahmat, Aceng
Format: UMS Journal (OJS)
Language:eng
Published: Universitas Muhammadiyah Surakarta 2010
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/KLS/article/view/4367
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1805340881995169792
author Rahmat, Aceng
author_facet Rahmat, Aceng
author_sort Rahmat, Aceng
collection OJS
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kurikulum bahasaasing Pendidikan Taman Kanak-kanak di Jakarta. Secara khusus, tujuan penelitianini untuk mengetahui (1) profil guru bahasa asing, (2) proses pembelajaran bahasa asing (3) ciri-ciri bentuk pembajaran dan tanggapan siswa terhadap prosespembelajarannya, dan (4) kendala-kendala dalam pembelajaran bahasa asing diTK. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Responden dalam penelitianini adalah guru bahasa asing. Data dikumpulkan dengan angket, wawancaramendalam, dan simak catat. Data yang terkumpul dianalisis dengan deskripstifdan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) profil kualifikasipendidikan guru TK masih relative standar, yaitu sarjana namun kebanyakan darimereka tidak memiliki latar belakang pendidikan yang tidak sesuai dengan bahasaasing yang mereja ajarkan, (2) secara umum, proses pembelajaran berjalan relative lancer seperti suasana pembelajaran, materi dan konsep, strategi, aktivitas pendukung, metode mengajar, ujian dan evaluasi serta media yang digunakan, namun dalam beberapa hal tidak berjalan sebagaimana mestinya, seperti desain kurikulum, silabus, dan materi pembelajaran, (3) ciri-ciri bentuk pembajaran dan tanggapan siswa terhadap proses pembelajarannya relative bagus dan positif walaupun dalam beberapa aspek seperti penyiapan pembelajaran, spirit bersaing dan dorongan pembelajaran, penguasaan pembelajaran dan partisipasinya perlu ditingkatkan, serta (4) terdapat beberapa kendala yang dihadapi sekolah dalam menerapkan kurikulum bahasa asing seperti kurang relevannya latarbelakang pendidikan guru, kurangnya dukungan dan partidipasi orang tua siswa, kurangnya jam belajar, kurangnya media dan sarana belajar serta kurangnya motivasi siswa.Kata kunci: kurikulum, bahasa asing, sekolah Taman-Kanak
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-4367
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language eng
publishDate 2010
publisher Universitas Muhammadiyah Surakarta
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-4367 IMPLEMENTASI KURIKULUM BAHASA ASING DI TAMAN-KANAK (TK) DKI JAKARTA Rahmat, Aceng Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kurikulum bahasaasing Pendidikan Taman Kanak-kanak di Jakarta. Secara khusus, tujuan penelitianini untuk mengetahui (1) profil guru bahasa asing, (2) proses pembelajaran bahasa asing (3) ciri-ciri bentuk pembajaran dan tanggapan siswa terhadap prosespembelajarannya, dan (4) kendala-kendala dalam pembelajaran bahasa asing diTK. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Responden dalam penelitianini adalah guru bahasa asing. Data dikumpulkan dengan angket, wawancaramendalam, dan simak catat. Data yang terkumpul dianalisis dengan deskripstifdan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) profil kualifikasipendidikan guru TK masih relative standar, yaitu sarjana namun kebanyakan darimereka tidak memiliki latar belakang pendidikan yang tidak sesuai dengan bahasaasing yang mereja ajarkan, (2) secara umum, proses pembelajaran berjalan relative lancer seperti suasana pembelajaran, materi dan konsep, strategi, aktivitas pendukung, metode mengajar, ujian dan evaluasi serta media yang digunakan, namun dalam beberapa hal tidak berjalan sebagaimana mestinya, seperti desain kurikulum, silabus, dan materi pembelajaran, (3) ciri-ciri bentuk pembajaran dan tanggapan siswa terhadap proses pembelajarannya relative bagus dan positif walaupun dalam beberapa aspek seperti penyiapan pembelajaran, spirit bersaing dan dorongan pembelajaran, penguasaan pembelajaran dan partisipasinya perlu ditingkatkan, serta (4) terdapat beberapa kendala yang dihadapi sekolah dalam menerapkan kurikulum bahasa asing seperti kurang relevannya latarbelakang pendidikan guru, kurangnya dukungan dan partidipasi orang tua siswa, kurangnya jam belajar, kurangnya media dan sarana belajar serta kurangnya motivasi siswa.Kata kunci: kurikulum, bahasa asing, sekolah Taman-Kanak Universitas Muhammadiyah Surakarta 2010-06-01 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/KLS/article/view/4367 10.23917/kls.v22i1.4367 Kajian Linguistik dan Sastra; Vol 22, No 1 (2010); 77-104 Kajian Linguistik dan Sastra; Vol 22, No 1 (2010); 77-104 2541-2558 0852-9604 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/KLS/article/view/4367/2792 Copyright (c) 2017 Kajian Linguistik dan Sastra
spellingShingle Rahmat, Aceng
IMPLEMENTASI KURIKULUM BAHASA ASING DI TAMAN-KANAK (TK) DKI JAKARTA
title IMPLEMENTASI KURIKULUM BAHASA ASING DI TAMAN-KANAK (TK) DKI JAKARTA
title_full IMPLEMENTASI KURIKULUM BAHASA ASING DI TAMAN-KANAK (TK) DKI JAKARTA
title_fullStr IMPLEMENTASI KURIKULUM BAHASA ASING DI TAMAN-KANAK (TK) DKI JAKARTA
title_full_unstemmed IMPLEMENTASI KURIKULUM BAHASA ASING DI TAMAN-KANAK (TK) DKI JAKARTA
title_short IMPLEMENTASI KURIKULUM BAHASA ASING DI TAMAN-KANAK (TK) DKI JAKARTA
title_sort implementasi kurikulum bahasa asing di taman kanak tk dki jakarta
url https://journals.ums.ac.id/index.php/KLS/article/view/4367
work_keys_str_mv AT rahmataceng implementasikurikulumbahasaasingditamankanaktkdkijakarta