IMPLEMENTASI KURIKULUM BAHASA ASING DI TAMAN-KANAK (TK) DKI JAKARTA
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kurikulum bahasaasing Pendidikan Taman Kanak-kanak di Jakarta. Secara khusus, tujuan penelitianini untuk mengetahui (1) profil guru bahasa asing, (2) proses pembelajaran bahasa asing (3) ciri-ciri bentuk pembajaran dan tanggapan siswa terhadap...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | UMS Journal (OJS) |
Language: | eng |
Published: |
Universitas Muhammadiyah Surakarta
2010
|
Online Access: | https://journals.ums.ac.id/index.php/KLS/article/view/4367 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1805340881995169792 |
---|---|
author | Rahmat, Aceng |
author_facet | Rahmat, Aceng |
author_sort | Rahmat, Aceng |
collection | OJS |
description | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kurikulum bahasaasing Pendidikan Taman Kanak-kanak di Jakarta. Secara khusus, tujuan penelitianini untuk mengetahui (1) profil guru bahasa asing, (2) proses pembelajaran bahasa asing (3) ciri-ciri bentuk pembajaran dan tanggapan siswa terhadap prosespembelajarannya, dan (4) kendala-kendala dalam pembelajaran bahasa asing diTK. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Responden dalam penelitianini adalah guru bahasa asing. Data dikumpulkan dengan angket, wawancaramendalam, dan simak catat. Data yang terkumpul dianalisis dengan deskripstifdan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) profil kualifikasipendidikan guru TK masih relative standar, yaitu sarjana namun kebanyakan darimereka tidak memiliki latar belakang pendidikan yang tidak sesuai dengan bahasaasing yang mereja ajarkan, (2) secara umum, proses pembelajaran berjalan relative lancer seperti suasana pembelajaran, materi dan konsep, strategi, aktivitas pendukung, metode mengajar, ujian dan evaluasi serta media yang digunakan, namun dalam beberapa hal tidak berjalan sebagaimana mestinya, seperti desain kurikulum, silabus, dan materi pembelajaran, (3) ciri-ciri bentuk pembajaran dan tanggapan siswa terhadap proses pembelajarannya relative bagus dan positif walaupun dalam beberapa aspek seperti penyiapan pembelajaran, spirit bersaing dan dorongan pembelajaran, penguasaan pembelajaran dan partisipasinya perlu ditingkatkan, serta (4) terdapat beberapa kendala yang dihadapi sekolah dalam menerapkan kurikulum bahasa asing seperti kurang relevannya latarbelakang pendidikan guru, kurangnya dukungan dan partidipasi orang tua siswa, kurangnya jam belajar, kurangnya media dan sarana belajar serta kurangnya motivasi siswa.Kata kunci: kurikulum, bahasa asing, sekolah Taman-Kanak |
format | UMS Journal (OJS) |
id | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-4367 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | eng |
publishDate | 2010 |
publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
record_format | ojs |
spelling | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-4367 IMPLEMENTASI KURIKULUM BAHASA ASING DI TAMAN-KANAK (TK) DKI JAKARTA Rahmat, Aceng Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan kurikulum bahasaasing Pendidikan Taman Kanak-kanak di Jakarta. Secara khusus, tujuan penelitianini untuk mengetahui (1) profil guru bahasa asing, (2) proses pembelajaran bahasa asing (3) ciri-ciri bentuk pembajaran dan tanggapan siswa terhadap prosespembelajarannya, dan (4) kendala-kendala dalam pembelajaran bahasa asing diTK. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Responden dalam penelitianini adalah guru bahasa asing. Data dikumpulkan dengan angket, wawancaramendalam, dan simak catat. Data yang terkumpul dianalisis dengan deskripstifdan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) profil kualifikasipendidikan guru TK masih relative standar, yaitu sarjana namun kebanyakan darimereka tidak memiliki latar belakang pendidikan yang tidak sesuai dengan bahasaasing yang mereja ajarkan, (2) secara umum, proses pembelajaran berjalan relative lancer seperti suasana pembelajaran, materi dan konsep, strategi, aktivitas pendukung, metode mengajar, ujian dan evaluasi serta media yang digunakan, namun dalam beberapa hal tidak berjalan sebagaimana mestinya, seperti desain kurikulum, silabus, dan materi pembelajaran, (3) ciri-ciri bentuk pembajaran dan tanggapan siswa terhadap proses pembelajarannya relative bagus dan positif walaupun dalam beberapa aspek seperti penyiapan pembelajaran, spirit bersaing dan dorongan pembelajaran, penguasaan pembelajaran dan partisipasinya perlu ditingkatkan, serta (4) terdapat beberapa kendala yang dihadapi sekolah dalam menerapkan kurikulum bahasa asing seperti kurang relevannya latarbelakang pendidikan guru, kurangnya dukungan dan partidipasi orang tua siswa, kurangnya jam belajar, kurangnya media dan sarana belajar serta kurangnya motivasi siswa.Kata kunci: kurikulum, bahasa asing, sekolah Taman-Kanak Universitas Muhammadiyah Surakarta 2010-06-01 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/KLS/article/view/4367 10.23917/kls.v22i1.4367 Kajian Linguistik dan Sastra; Vol 22, No 1 (2010); 77-104 Kajian Linguistik dan Sastra; Vol 22, No 1 (2010); 77-104 2541-2558 0852-9604 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/KLS/article/view/4367/2792 Copyright (c) 2017 Kajian Linguistik dan Sastra |
spellingShingle | Rahmat, Aceng IMPLEMENTASI KURIKULUM BAHASA ASING DI TAMAN-KANAK (TK) DKI JAKARTA |
title | IMPLEMENTASI KURIKULUM BAHASA ASING DI TAMAN-KANAK (TK) DKI JAKARTA |
title_full | IMPLEMENTASI KURIKULUM BAHASA ASING DI TAMAN-KANAK (TK) DKI JAKARTA |
title_fullStr | IMPLEMENTASI KURIKULUM BAHASA ASING DI TAMAN-KANAK (TK) DKI JAKARTA |
title_full_unstemmed | IMPLEMENTASI KURIKULUM BAHASA ASING DI TAMAN-KANAK (TK) DKI JAKARTA |
title_short | IMPLEMENTASI KURIKULUM BAHASA ASING DI TAMAN-KANAK (TK) DKI JAKARTA |
title_sort | implementasi kurikulum bahasa asing di taman kanak tk dki jakarta |
url | https://journals.ums.ac.id/index.php/KLS/article/view/4367 |
work_keys_str_mv | AT rahmataceng implementasikurikulumbahasaasingditamankanaktkdkijakarta |