PENINGKATAN KEMAMPUAN MENUANGKAN GAGASAN DALAM MENULIS MELALUI MODEL EXEL

Siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Musuk mengalami kesulitan menuangkan ide-ide dalam tulisan. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian tindakan kelas ini menggunakan model pembelajaran eksperiental. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati apakah menulis melalui Model eksperiental dapat mengembangk...

সম্পূর্ণ বিবরণ

সংরক্ষণ করুন:
গ্রন্থ-পঞ্জীর বিবরন
প্রধান লেখক: Sumarno, -
বিন্যাস: UMS Journal (OJS)
ভাষা:eng
প্রকাশিত: Universitas Muhammadiyah Surakarta 2017
অনলাইন ব্যবহার করুন:https://journals.ums.ac.id/index.php/KLS/article/view/4116
ট্যাগগুলো: ট্যাগ যুক্ত করুন
কোনো ট্যাগ নেই, প্রথমজন হিসাবে ট্যাগ করুন!
_version_ 1805340881442570240
author Sumarno, -
author_facet Sumarno, -
author_sort Sumarno, -
collection OJS
description Siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Musuk mengalami kesulitan menuangkan ide-ide dalam tulisan. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian tindakan kelas ini menggunakan model pembelajaran eksperiental. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati apakah menulis melalui Model eksperiental dapat mengembangkan kemampuan siswa di kelas VII B SMP Negeri 2 Musuk dalam menuangkan ide-ide mereka secara tertulis. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart dan dilakukan pada bulan Februari untuk Mei 2011. Kegiatan riset dilakukan dalam empat tahap, dan masing-masing tahap dilakukan dalam tiga siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner, wawancara, dan portofolio. Data kemudian dianalisis dengan pendekatan deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran model eksperiental dapat menghasilkan hasil yang baik yaitu 75% dari total siswa bisa menempatkan ide-ide mereka secara tertulis dengan jelas. Prestasi akademik siswa juga mengalami peningkatan, dan hal ini berarti bahwa Experiential Model sangat efektif untuk meningkatkan  kegiatan belajar menulis.
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-4116
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language eng
publishDate 2017
publisher Universitas Muhammadiyah Surakarta
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-4116 PENINGKATAN KEMAMPUAN MENUANGKAN GAGASAN DALAM MENULIS MELALUI MODEL EXEL Sumarno, - Siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Musuk mengalami kesulitan menuangkan ide-ide dalam tulisan. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian tindakan kelas ini menggunakan model pembelajaran eksperiental. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati apakah menulis melalui Model eksperiental dapat mengembangkan kemampuan siswa di kelas VII B SMP Negeri 2 Musuk dalam menuangkan ide-ide mereka secara tertulis. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart dan dilakukan pada bulan Februari untuk Mei 2011. Kegiatan riset dilakukan dalam empat tahap, dan masing-masing tahap dilakukan dalam tiga siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner, wawancara, dan portofolio. Data kemudian dianalisis dengan pendekatan deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran model eksperiental dapat menghasilkan hasil yang baik yaitu 75% dari total siswa bisa menempatkan ide-ide mereka secara tertulis dengan jelas. Prestasi akademik siswa juga mengalami peningkatan, dan hal ini berarti bahwa Experiential Model sangat efektif untuk meningkatkan  kegiatan belajar menulis. Universitas Muhammadiyah Surakarta 2017-05-17 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/KLS/article/view/4116 10.23917/kls.v26i2.4116 Kajian Linguistik dan Sastra; Vol 26, No 2 (2014); 146-163 Kajian Linguistik dan Sastra; Vol 26, No 2 (2014); 146-163 2541-2558 0852-9604 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/KLS/article/view/4116/2637 Copyright (c) 2017 Kajian Linguistik dan Sastra
spellingShingle Sumarno, -
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENUANGKAN GAGASAN DALAM MENULIS MELALUI MODEL EXEL
title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENUANGKAN GAGASAN DALAM MENULIS MELALUI MODEL EXEL
title_full PENINGKATAN KEMAMPUAN MENUANGKAN GAGASAN DALAM MENULIS MELALUI MODEL EXEL
title_fullStr PENINGKATAN KEMAMPUAN MENUANGKAN GAGASAN DALAM MENULIS MELALUI MODEL EXEL
title_full_unstemmed PENINGKATAN KEMAMPUAN MENUANGKAN GAGASAN DALAM MENULIS MELALUI MODEL EXEL
title_short PENINGKATAN KEMAMPUAN MENUANGKAN GAGASAN DALAM MENULIS MELALUI MODEL EXEL
title_sort peningkatan kemampuan menuangkan gagasan dalam menulis melalui model exel
url https://journals.ums.ac.id/index.php/KLS/article/view/4116
work_keys_str_mv AT sumarno peningkatankemampuanmenuangkangagasandalammenulismelaluimodelexel