PERANCANGAN KONSEP PRODUK ALAS KAKI DENGAN MENGGUNAKAN INTEGRASI METODE KANSEI ENGINEERING DAN MODEL KANO

Penelitian dilakukan pada produk yang berupa alas kaki (sandal pria). Berdasarkan hasil observasi dapat diidentifikasi belum adanya upaya dari produsen/perajin alas kaki untuk melakukan penelusuran terhadap harapan dan keinginan konsumen akan produk alas kaki yang sesuai dengan perasaan psikologis k...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Haryono, Mei, Bariyah, Choirul
Format: UMS Journal (OJS)
Language:eng
Published: Department of Industrial Engineering Universitas Muhammadiyah Surakarta 2014
Subjects:
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/jiti/article/view/379
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1805342435265478656
author Haryono, Mei
Bariyah, Choirul
author_facet Haryono, Mei
Bariyah, Choirul
author_sort Haryono, Mei
collection OJS
description Penelitian dilakukan pada produk yang berupa alas kaki (sandal pria). Berdasarkan hasil observasi dapat diidentifikasi belum adanya upaya dari produsen/perajin alas kaki untuk melakukan penelusuran terhadap harapan dan keinginan konsumen akan produk alas kaki yang sesuai dengan perasaan psikologis konsumen. Di sisi lain kesadaran dan keinginan konsumen akan desain produk semakin meningkat. Penelitian ini berusaha untuk mengetahui citra atau harapan konsumen akan produk alas kaki yang berupa sandal pria melalui pendekatan emosional dan psikologis, sehingga dapat dilakukan perancangan dan pengembangan produk alas kaki yang sesuai dengan citra dan harapan mereka. Metode Kansei Engineering digunakan untuk memformulasikan rancangan produk alas kaki berdasarkan perasaan psikologis konsumen yang tercermin melalui kata kansei. Kuesioner yang digunakan pada metode Kansei Engineering ini adalah kuesioner elemen desain dan kuesioner semantic differential. Model Kano digunakan untuk memetakan atribut-atribut produk berdasarkan perfomansinya. Hasil akhir penelitian ini adalah dengan mengintegrasikan kedua metode tersebut sehingga diketahui bahwa desain yang sesuai dengan citra/image dan perasaan pskologis konsumen adalah desain dua kategori Kano, yaitu one-dimensional dan indifferent.
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-379
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language eng
publishDate 2014
publisher Department of Industrial Engineering Universitas Muhammadiyah Surakarta
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-379 PERANCANGAN KONSEP PRODUK ALAS KAKI DENGAN MENGGUNAKAN INTEGRASI METODE KANSEI ENGINEERING DAN MODEL KANO Haryono, Mei Bariyah, Choirul Kansei Engineering; Semantic Differential; Model Kano Penelitian dilakukan pada produk yang berupa alas kaki (sandal pria). Berdasarkan hasil observasi dapat diidentifikasi belum adanya upaya dari produsen/perajin alas kaki untuk melakukan penelusuran terhadap harapan dan keinginan konsumen akan produk alas kaki yang sesuai dengan perasaan psikologis konsumen. Di sisi lain kesadaran dan keinginan konsumen akan desain produk semakin meningkat. Penelitian ini berusaha untuk mengetahui citra atau harapan konsumen akan produk alas kaki yang berupa sandal pria melalui pendekatan emosional dan psikologis, sehingga dapat dilakukan perancangan dan pengembangan produk alas kaki yang sesuai dengan citra dan harapan mereka. Metode Kansei Engineering digunakan untuk memformulasikan rancangan produk alas kaki berdasarkan perasaan psikologis konsumen yang tercermin melalui kata kansei. Kuesioner yang digunakan pada metode Kansei Engineering ini adalah kuesioner elemen desain dan kuesioner semantic differential. Model Kano digunakan untuk memetakan atribut-atribut produk berdasarkan perfomansinya. Hasil akhir penelitian ini adalah dengan mengintegrasikan kedua metode tersebut sehingga diketahui bahwa desain yang sesuai dengan citra/image dan perasaan pskologis konsumen adalah desain dua kategori Kano, yaitu one-dimensional dan indifferent. Department of Industrial Engineering Universitas Muhammadiyah Surakarta 2014-06-30 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/jiti/article/view/379 10.23917/jiti.v13i1.379 Jurnal Ilmiah Teknik Industri; Vol. 13, No. 1, Juni 2014; 71 - 82 Jurnal Ilmiah Teknik Industri; Vol. 13, No. 1, Juni 2014; 71 - 82 2460-4038 1412-6869 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/jiti/article/view/379/297 Copyright (c) 2015 Jurnal Ilmiah Teknik Industri
spellingShingle Kansei Engineering; Semantic Differential; Model Kano
Haryono, Mei
Bariyah, Choirul
PERANCANGAN KONSEP PRODUK ALAS KAKI DENGAN MENGGUNAKAN INTEGRASI METODE KANSEI ENGINEERING DAN MODEL KANO
title PERANCANGAN KONSEP PRODUK ALAS KAKI DENGAN MENGGUNAKAN INTEGRASI METODE KANSEI ENGINEERING DAN MODEL KANO
title_full PERANCANGAN KONSEP PRODUK ALAS KAKI DENGAN MENGGUNAKAN INTEGRASI METODE KANSEI ENGINEERING DAN MODEL KANO
title_fullStr PERANCANGAN KONSEP PRODUK ALAS KAKI DENGAN MENGGUNAKAN INTEGRASI METODE KANSEI ENGINEERING DAN MODEL KANO
title_full_unstemmed PERANCANGAN KONSEP PRODUK ALAS KAKI DENGAN MENGGUNAKAN INTEGRASI METODE KANSEI ENGINEERING DAN MODEL KANO
title_short PERANCANGAN KONSEP PRODUK ALAS KAKI DENGAN MENGGUNAKAN INTEGRASI METODE KANSEI ENGINEERING DAN MODEL KANO
title_sort perancangan konsep produk alas kaki dengan menggunakan integrasi metode kansei engineering dan model kano
topic Kansei Engineering; Semantic Differential; Model Kano
topic_facet Kansei Engineering; Semantic Differential; Model Kano
url https://journals.ums.ac.id/index.php/jiti/article/view/379
work_keys_str_mv AT haryonomei perancangankonsepprodukalaskakidenganmenggunakanintegrasimetodekanseiengineeringdanmodelkano
AT bariyahchoirul perancangankonsepprodukalaskakidenganmenggunakanintegrasimetodekanseiengineeringdanmodelkano