KONSEP EVALUASI PENDIDIKAN PERSPEKTIF AL- QUR’AN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN (PENDEKATAN TAFSIR TEMATIK)
Al Qur’an mengispirasikan bahwa pekerjaan evaluasi terhadap manusia adalah suatu tugas penting dalam rangkaian proses pendidikan yang dilaksanakan oleh pendidik. Ada tiga tujuan pedagogis dari system evaluasi Allah terhadap manusia. Pertama, Untuk menguji kemampuan manusia beriman terhadap berbagai...
Guardado en:
Autor principal: | |
---|---|
Formato: | UMS Journal (OJS) |
Lenguaje: | eng |
Publicado: |
Universitas Muhammadiyah Surakarta
2016
|
Materias: | |
Acceso en línea: | https://journals.ums.ac.id/index.php/suhuf/article/view/3383 |
Etiquetas: |
Agregar Etiqueta
Sin Etiquetas, Sea el primero en etiquetar este registro!
|
Sumario: | Al Qur’an mengispirasikan bahwa pekerjaan evaluasi terhadap manusia adalah suatu tugas penting dalam rangkaian proses pendidikan yang dilaksanakan oleh pendidik. Ada tiga tujuan pedagogis dari system evaluasi Allah terhadap manusia. Pertama, Untuk menguji kemampuan manusia beriman terhadap berbagai macam problema kehidupan yang dialaminya. Kedua, Untuk mengetahui sampai dimana atau sejauhmana hasil pendidikan wahyu yang telah diterapkan Rasulullah kepada manusia. Ketiga, Untuk menentukan klasifikasi tingkat-tingkat hidup keIslaman / keimanan manusia, sehingga manusia diketahui yang paling mulia disisi Allah yaitu yang paling bertaqwa kepadaNya. Manusia yang sedang dalam iman dan ketaqwaanya atau manusia yang ingkar kepada ajaran Islam. Evaluasi pendidikan Islam dapat dilakukan dengan dua cara yaitu, Pertama, evaluasi diri sendiri (self evaluation intropeksi). Kedua evaluasi terhadap orang lain (peserta didik) |
---|