Sistem Pakar dengan Metode Dempster Shafer untuk Diagnosis Gangguan Layanan INDIHOME di PT TELKOM Magelang

Indihome (Indonesia Digital Home) merupakan salah satu produk triple play dari PT Telkom  berupa paket layanan telekomunikasi telepon rumah (voice), internet (internet on fiber), dan layanan tv kabel. Layanan Indihome berkembang cukup pesat. Namun demikian kontinuitas akses layanan PT Telkom ini mas...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Lestari, Endang, Artha, Emilya Ully
Format: UMS Journal (OJS)
Language:ind
Published: Department of Informatics, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia 2017
Subjects:
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/3342
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1805342487953276928
author Lestari, Endang
Artha, Emilya Ully
author_facet Lestari, Endang
Artha, Emilya Ully
author_sort Lestari, Endang
collection OJS
description Indihome (Indonesia Digital Home) merupakan salah satu produk triple play dari PT Telkom  berupa paket layanan telekomunikasi telepon rumah (voice), internet (internet on fiber), dan layanan tv kabel. Layanan Indihome berkembang cukup pesat. Namun demikian kontinuitas akses layanan PT Telkom ini masih mengalami berbagai gangguan sehingga kualitas layanan belum optimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dibuatlah aplikasi diagnosis gangguan layanan yang menggunakan metode Dempster Shafer, yaitu metode untuk mengukur nilai kepercayaan terhadap hasil analisis yang ditampilkan. Hasil penelitian ini adalah sebuah sistem pakar yang mendiagnosis gangguan layanan Indihome. Sistem secara otomatis memberikan hasil diagnosis dengan menampilkan jenis gangguan beserta solusinya berdasarkan gejala gangguan yang dialami. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa sistem pakar dengan menggunakan metode Dempster Shafer untuk menangani ketidakpastian data saat diagnosis gangguan layanan Indihome sangat membantu dalam mengatasi masalah kualitas pelayanan yang menurun.
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-3342
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language ind
publishDate 2017
publisher Department of Informatics, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-3342 Sistem Pakar dengan Metode Dempster Shafer untuk Diagnosis Gangguan Layanan INDIHOME di PT TELKOM Magelang Lestari, Endang Artha, Emilya Ully sistem pakar; gangguan jaringan; diagnosis; Dempster Shafer Indihome (Indonesia Digital Home) merupakan salah satu produk triple play dari PT Telkom  berupa paket layanan telekomunikasi telepon rumah (voice), internet (internet on fiber), dan layanan tv kabel. Layanan Indihome berkembang cukup pesat. Namun demikian kontinuitas akses layanan PT Telkom ini masih mengalami berbagai gangguan sehingga kualitas layanan belum optimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dibuatlah aplikasi diagnosis gangguan layanan yang menggunakan metode Dempster Shafer, yaitu metode untuk mengukur nilai kepercayaan terhadap hasil analisis yang ditampilkan. Hasil penelitian ini adalah sebuah sistem pakar yang mendiagnosis gangguan layanan Indihome. Sistem secara otomatis memberikan hasil diagnosis dengan menampilkan jenis gangguan beserta solusinya berdasarkan gejala gangguan yang dialami. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa sistem pakar dengan menggunakan metode Dempster Shafer untuk menangani ketidakpastian data saat diagnosis gangguan layanan Indihome sangat membantu dalam mengatasi masalah kualitas pelayanan yang menurun. Department of Informatics, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia 2017-07-11 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/3342 10.23917/khif.v3i1.3342 Khazanah Informatika : Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika; Vol. 3 No. 1 Juni 2017; 16-24 Khazanah Informatika; Vol. 3 No. 1 Juni 2017; 16-24 2477-698X 2621-038X ind https://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/3342/2899 Copyright (c) 2017 Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika http://creativecommons.org/licenses/by/4.0
spellingShingle sistem pakar; gangguan jaringan; diagnosis; Dempster Shafer
Lestari, Endang
Artha, Emilya Ully
Sistem Pakar dengan Metode Dempster Shafer untuk Diagnosis Gangguan Layanan INDIHOME di PT TELKOM Magelang
title Sistem Pakar dengan Metode Dempster Shafer untuk Diagnosis Gangguan Layanan INDIHOME di PT TELKOM Magelang
title_full Sistem Pakar dengan Metode Dempster Shafer untuk Diagnosis Gangguan Layanan INDIHOME di PT TELKOM Magelang
title_fullStr Sistem Pakar dengan Metode Dempster Shafer untuk Diagnosis Gangguan Layanan INDIHOME di PT TELKOM Magelang
title_full_unstemmed Sistem Pakar dengan Metode Dempster Shafer untuk Diagnosis Gangguan Layanan INDIHOME di PT TELKOM Magelang
title_short Sistem Pakar dengan Metode Dempster Shafer untuk Diagnosis Gangguan Layanan INDIHOME di PT TELKOM Magelang
title_sort sistem pakar dengan metode dempster shafer untuk diagnosis gangguan layanan indihome di pt telkom magelang
topic sistem pakar; gangguan jaringan; diagnosis; Dempster Shafer
topic_facet sistem pakar; gangguan jaringan; diagnosis; Dempster Shafer
url https://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/3342
work_keys_str_mv AT lestariendang sistempakardenganmetodedempstershaferuntukdiagnosisgangguanlayananindihomedipttelkommagelang
AT arthaemilyaully sistempakardenganmetodedempstershaferuntukdiagnosisgangguanlayananindihomedipttelkommagelang