Penguatan Guru Pendamping Khusus Non Pendidikan Luar Biasa dalam menangani Siswa Berkebutuhan Khusus

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan mengejar GPK non-PLB di sekolah MIM PK Kartasura. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus kualitatif. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, GPK PLB, GPK non-PLB. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini a...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Habibah, Nabila, Abduh, Muhammad, Hendri, Hendri, Nizaar, Muhammad
Format: UMS Journal (OJS)
Language:eng
Published: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2024
Subjects:
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/23652
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1805340845243629568
author Habibah, Nabila
Abduh, Muhammad
Hendri, Hendri
Nizaar, Muhammad
author_facet Habibah, Nabila
Abduh, Muhammad
Hendri, Hendri
Nizaar, Muhammad
author_sort Habibah, Nabila
collection OJS
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan mengejar GPK non-PLB di sekolah MIM PK Kartasura. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus kualitatif. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, GPK PLB, GPK non-PLB. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis data interaktif dengan langkah-langkah reduksi data (reduction data), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa sekolah tidak hanya menerima anak berkebutuhan khusus yang tergolong kesulitan belajar saja, tetapi dapat juga menerima ABK seperti tunanetra, hiperaktif, tunarungu, maupun autis karena anak-anak tersebut mempunyai hak yang sama dalam pendidikan tanpa membedakan dengan siswa lainnya. Hambatan yang dialami oleh GPK seperti membangun mood dan konsentrasi ABK agar dapat menerima materi secara optimal serta memilih materi yang dibutuhkan sesuai kondisi. Hal lain diantaranya pelatihan untuk GPK untuk memahami kemampuan dan kebutuhan pada ABK.  
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-23652
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language eng
publishDate 2024
publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-23652 Penguatan Guru Pendamping Khusus Non Pendidikan Luar Biasa dalam menangani Siswa Berkebutuhan Khusus Habibah, Nabila Abduh, Muhammad Hendri, Hendri Nizaar, Muhammad guru pendamping khusus; pendidikan inklusi; siswa berkebutuhan khusus Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan mengejar GPK non-PLB di sekolah MIM PK Kartasura. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus kualitatif. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, GPK PLB, GPK non-PLB. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis data interaktif dengan langkah-langkah reduksi data (reduction data), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa sekolah tidak hanya menerima anak berkebutuhan khusus yang tergolong kesulitan belajar saja, tetapi dapat juga menerima ABK seperti tunanetra, hiperaktif, tunarungu, maupun autis karena anak-anak tersebut mempunyai hak yang sama dalam pendidikan tanpa membedakan dengan siswa lainnya. Hambatan yang dialami oleh GPK seperti membangun mood dan konsentrasi ABK agar dapat menerima materi secara optimal serta memilih materi yang dibutuhkan sesuai kondisi. Hal lain diantaranya pelatihan untuk GPK untuk memahami kemampuan dan kebutuhan pada ABK.   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2024-06-26 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/23652 10.23917/bkkndik.v6i1.23652 Buletin KKN Pendidikan; Vol. 6, No. 1, Juni 2024; 61-75 2716-0327 10.23917/bkkndik.v6i1 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/23652/9022 Copyright (c) 2024 Nabila Habibah, Muhammad Abduh, Hendri, Muhammad Nizaar https://creativecommons.org/licenses/by/4.0
spellingShingle guru pendamping khusus; pendidikan inklusi; siswa berkebutuhan khusus
Habibah, Nabila
Abduh, Muhammad
Hendri, Hendri
Nizaar, Muhammad
Penguatan Guru Pendamping Khusus Non Pendidikan Luar Biasa dalam menangani Siswa Berkebutuhan Khusus
title Penguatan Guru Pendamping Khusus Non Pendidikan Luar Biasa dalam menangani Siswa Berkebutuhan Khusus
title_full Penguatan Guru Pendamping Khusus Non Pendidikan Luar Biasa dalam menangani Siswa Berkebutuhan Khusus
title_fullStr Penguatan Guru Pendamping Khusus Non Pendidikan Luar Biasa dalam menangani Siswa Berkebutuhan Khusus
title_full_unstemmed Penguatan Guru Pendamping Khusus Non Pendidikan Luar Biasa dalam menangani Siswa Berkebutuhan Khusus
title_short Penguatan Guru Pendamping Khusus Non Pendidikan Luar Biasa dalam menangani Siswa Berkebutuhan Khusus
title_sort penguatan guru pendamping khusus non pendidikan luar biasa dalam menangani siswa berkebutuhan khusus
topic guru pendamping khusus; pendidikan inklusi; siswa berkebutuhan khusus
topic_facet guru pendamping khusus; pendidikan inklusi; siswa berkebutuhan khusus
url https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/23652
work_keys_str_mv AT habibahnabila penguatangurupendampingkhususnonpendidikanluarbiasadalammenanganisiswaberkebutuhankhusus
AT abduhmuhammad penguatangurupendampingkhususnonpendidikanluarbiasadalammenanganisiswaberkebutuhankhusus
AT hendrihendri penguatangurupendampingkhususnonpendidikanluarbiasadalammenanganisiswaberkebutuhankhusus
AT nizaarmuhammad penguatangurupendampingkhususnonpendidikanluarbiasadalammenanganisiswaberkebutuhankhusus