Penguatan Guru Pendamping Khusus Non Pendidikan Luar Biasa dalam menangani Siswa Berkebutuhan Khusus
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan mengejar GPK non-PLB di sekolah MIM PK Kartasura. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus kualitatif. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, GPK PLB, GPK non-PLB. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini a...
Saved in:
Main Authors: | , , , |
---|---|
Format: | UMS Journal (OJS) |
Language: | eng |
Published: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
2024
|
Subjects: | |
Online Access: | https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/23652 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1805340845243629568 |
---|---|
author | Habibah, Nabila Abduh, Muhammad Hendri, Hendri Nizaar, Muhammad |
author_facet | Habibah, Nabila Abduh, Muhammad Hendri, Hendri Nizaar, Muhammad |
author_sort | Habibah, Nabila |
collection | OJS |
description | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan mengejar GPK non-PLB di sekolah MIM PK Kartasura. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus kualitatif. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, GPK PLB, GPK non-PLB. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis data interaktif dengan langkah-langkah reduksi data (reduction data), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa sekolah tidak hanya menerima anak berkebutuhan khusus yang tergolong kesulitan belajar saja, tetapi dapat juga menerima ABK seperti tunanetra, hiperaktif, tunarungu, maupun autis karena anak-anak tersebut mempunyai hak yang sama dalam pendidikan tanpa membedakan dengan siswa lainnya. Hambatan yang dialami oleh GPK seperti membangun mood dan konsentrasi ABK agar dapat menerima materi secara optimal serta memilih materi yang dibutuhkan sesuai kondisi. Hal lain diantaranya pelatihan untuk GPK untuk memahami kemampuan dan kebutuhan pada ABK. |
format | UMS Journal (OJS) |
id | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-23652 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | eng |
publishDate | 2024 |
publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta |
record_format | ojs |
spelling | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-23652 Penguatan Guru Pendamping Khusus Non Pendidikan Luar Biasa dalam menangani Siswa Berkebutuhan Khusus Habibah, Nabila Abduh, Muhammad Hendri, Hendri Nizaar, Muhammad guru pendamping khusus; pendidikan inklusi; siswa berkebutuhan khusus Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan mengejar GPK non-PLB di sekolah MIM PK Kartasura. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus kualitatif. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, GPK PLB, GPK non-PLB. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis data interaktif dengan langkah-langkah reduksi data (reduction data), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa sekolah tidak hanya menerima anak berkebutuhan khusus yang tergolong kesulitan belajar saja, tetapi dapat juga menerima ABK seperti tunanetra, hiperaktif, tunarungu, maupun autis karena anak-anak tersebut mempunyai hak yang sama dalam pendidikan tanpa membedakan dengan siswa lainnya. Hambatan yang dialami oleh GPK seperti membangun mood dan konsentrasi ABK agar dapat menerima materi secara optimal serta memilih materi yang dibutuhkan sesuai kondisi. Hal lain diantaranya pelatihan untuk GPK untuk memahami kemampuan dan kebutuhan pada ABK. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2024-06-26 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/23652 10.23917/bkkndik.v6i1.23652 Buletin KKN Pendidikan; Vol. 6, No. 1, Juni 2024; 61-75 2716-0327 10.23917/bkkndik.v6i1 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/23652/9022 Copyright (c) 2024 Nabila Habibah, Muhammad Abduh, Hendri, Muhammad Nizaar https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
spellingShingle | guru pendamping khusus; pendidikan inklusi; siswa berkebutuhan khusus Habibah, Nabila Abduh, Muhammad Hendri, Hendri Nizaar, Muhammad Penguatan Guru Pendamping Khusus Non Pendidikan Luar Biasa dalam menangani Siswa Berkebutuhan Khusus |
title | Penguatan Guru Pendamping Khusus Non Pendidikan Luar Biasa dalam menangani Siswa Berkebutuhan Khusus |
title_full | Penguatan Guru Pendamping Khusus Non Pendidikan Luar Biasa dalam menangani Siswa Berkebutuhan Khusus |
title_fullStr | Penguatan Guru Pendamping Khusus Non Pendidikan Luar Biasa dalam menangani Siswa Berkebutuhan Khusus |
title_full_unstemmed | Penguatan Guru Pendamping Khusus Non Pendidikan Luar Biasa dalam menangani Siswa Berkebutuhan Khusus |
title_short | Penguatan Guru Pendamping Khusus Non Pendidikan Luar Biasa dalam menangani Siswa Berkebutuhan Khusus |
title_sort | penguatan guru pendamping khusus non pendidikan luar biasa dalam menangani siswa berkebutuhan khusus |
topic | guru pendamping khusus; pendidikan inklusi; siswa berkebutuhan khusus |
topic_facet | guru pendamping khusus; pendidikan inklusi; siswa berkebutuhan khusus |
url | https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/23652 |
work_keys_str_mv | AT habibahnabila penguatangurupendampingkhususnonpendidikanluarbiasadalammenanganisiswaberkebutuhankhusus AT abduhmuhammad penguatangurupendampingkhususnonpendidikanluarbiasadalammenanganisiswaberkebutuhankhusus AT hendrihendri penguatangurupendampingkhususnonpendidikanluarbiasadalammenanganisiswaberkebutuhankhusus AT nizaarmuhammad penguatangurupendampingkhususnonpendidikanluarbiasadalammenanganisiswaberkebutuhankhusus |