Penguatan Guru Pendamping Khusus Non Pendidikan Luar Biasa dalam menangani Siswa Berkebutuhan Khusus

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan mengejar GPK non-PLB di sekolah MIM PK Kartasura. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus kualitatif. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, GPK PLB, GPK non-PLB. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini a...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Habibah, Nabila, Abduh, Muhammad, Hendri, Hendri, Nizaar, Muhammad
Format: UMS Journal (OJS)
Language:eng
Published: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2024
Subjects:
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/23652
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan mengejar GPK non-PLB di sekolah MIM PK Kartasura. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus kualitatif. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, GPK PLB, GPK non-PLB. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis data interaktif dengan langkah-langkah reduksi data (reduction data), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa sekolah tidak hanya menerima anak berkebutuhan khusus yang tergolong kesulitan belajar saja, tetapi dapat juga menerima ABK seperti tunanetra, hiperaktif, tunarungu, maupun autis karena anak-anak tersebut mempunyai hak yang sama dalam pendidikan tanpa membedakan dengan siswa lainnya. Hambatan yang dialami oleh GPK seperti membangun mood dan konsentrasi ABK agar dapat menerima materi secara optimal serta memilih materi yang dibutuhkan sesuai kondisi. Hal lain diantaranya pelatihan untuk GPK untuk memahami kemampuan dan kebutuhan pada ABK.