ANALISIS PERTANYAAN PADA BUTIR SOAL READING COMPREHENSION PADA TEST TOEIC

Penelitian mengenai model test TOEIC ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi dan penjelasan yang komprehensif mengenai sejumlah aspek yang terkait dengan butir butir soal yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan polapertanyaan pada butir soal Completion dan Error Recognition p...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Fauziati, Endang
Format: UMS Journal (OJS)
Language:eng
Published: Universitas Muhammadiyah Surakarta 2016
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/humaniora/article/view/2347
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1805338278301270016
author Fauziati, Endang
author_facet Fauziati, Endang
author_sort Fauziati, Endang
collection OJS
description Penelitian mengenai model test TOEIC ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi dan penjelasan yang komprehensif mengenai sejumlah aspek yang terkait dengan butir butir soal yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan polapertanyaan pada butir soal Completion dan Error Recognition pada Reading TOEIC, (2) mendeskripsikan konteks bacaan pada soal pemahaman teks Reading TOEIC, (3) mendeskripsikan pola pertanyan pada butir soal pemahaman teks pada ReadingTOEIC, dan (4) memaparkan frekuensi masing masing tipe pertanyaan pada butir soal pemahaman teks pada Reading. Lingkup penelitian ini adalah model test TOEIC, khususnya structure dan reading comprehension yang diambil dari beberapa buku latihan test TOEIC. Data terdiri dari 500 butir soal yang yang diambil dari buku latihan TOEIC yang diterbitkan oleh Barron’s Educational Series, Prentice Hall, dan Longman. Teknik pengumpulan data berupa teknik dokumentasi. Data dianalisisdengan metode deskriptif interpretatif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) komponen linguistik yang ditanyakan pada bagian Completion and Error recognition meliputi pertanyaan tentang penguasaan vocabulary (54.34%), Classof words (15%) (Verb, Noun, Adjective), Verb tense (11.33%), determiner (5.33%) preposition (4%), conjunction (3.67%), Degree of comparison in Adjective (3.33%), dan Conditional sentence (3%); (2) Konteks bacaan pada butir soal Reading Comprehension meliputi bisnis, manufacturing, finance and Budgeting, Offices,personnel, purchasing, housing/corporate property, travel, dining out, entertainment, dan Health; (3) pola pertanyaan Reading Comprehension meliputi: (a) gagasan utama dan kemungkinan judul yang tepat, (b) informasi yang tersurat dalam teks, (c)informasi yang tersirat, dan (d) dan tujuan penulisan. Berdasarkan hasil penelitian di atas disimpulkan bahwa penguasaan kosakata sangat penting untuk keberhasilan dalam test TOEIC karena 50%-nya berupa penguasaan kosakata.
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-2347
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language eng
publishDate 2016
publisher Universitas Muhammadiyah Surakarta
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-2347 ANALISIS PERTANYAAN PADA BUTIR SOAL READING COMPREHENSION PADA TEST TOEIC Fauziati, Endang Penelitian mengenai model test TOEIC ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi dan penjelasan yang komprehensif mengenai sejumlah aspek yang terkait dengan butir butir soal yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan polapertanyaan pada butir soal Completion dan Error Recognition pada Reading TOEIC, (2) mendeskripsikan konteks bacaan pada soal pemahaman teks Reading TOEIC, (3) mendeskripsikan pola pertanyan pada butir soal pemahaman teks pada ReadingTOEIC, dan (4) memaparkan frekuensi masing masing tipe pertanyaan pada butir soal pemahaman teks pada Reading. Lingkup penelitian ini adalah model test TOEIC, khususnya structure dan reading comprehension yang diambil dari beberapa buku latihan test TOEIC. Data terdiri dari 500 butir soal yang yang diambil dari buku latihan TOEIC yang diterbitkan oleh Barron’s Educational Series, Prentice Hall, dan Longman. Teknik pengumpulan data berupa teknik dokumentasi. Data dianalisisdengan metode deskriptif interpretatif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) komponen linguistik yang ditanyakan pada bagian Completion and Error recognition meliputi pertanyaan tentang penguasaan vocabulary (54.34%), Classof words (15%) (Verb, Noun, Adjective), Verb tense (11.33%), determiner (5.33%) preposition (4%), conjunction (3.67%), Degree of comparison in Adjective (3.33%), dan Conditional sentence (3%); (2) Konteks bacaan pada butir soal Reading Comprehension meliputi bisnis, manufacturing, finance and Budgeting, Offices,personnel, purchasing, housing/corporate property, travel, dining out, entertainment, dan Health; (3) pola pertanyaan Reading Comprehension meliputi: (a) gagasan utama dan kemungkinan judul yang tepat, (b) informasi yang tersurat dalam teks, (c)informasi yang tersirat, dan (d) dan tujuan penulisan. Berdasarkan hasil penelitian di atas disimpulkan bahwa penguasaan kosakata sangat penting untuk keberhasilan dalam test TOEIC karena 50%-nya berupa penguasaan kosakata. Universitas Muhammadiyah Surakarta 2016-08-14 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/humaniora/article/view/2347 10.23917/humaniora.v17i1.2347 Jurnal Penelitian Humaniora; Vol 17, No 1: Februari, 2016; 9-22 2541-4496 1411-5190 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/humaniora/article/view/2347/1689 Copyright (c) 2016 Jurnal Penelitian Humaniora
spellingShingle Fauziati, Endang
ANALISIS PERTANYAAN PADA BUTIR SOAL READING COMPREHENSION PADA TEST TOEIC
title ANALISIS PERTANYAAN PADA BUTIR SOAL READING COMPREHENSION PADA TEST TOEIC
title_full ANALISIS PERTANYAAN PADA BUTIR SOAL READING COMPREHENSION PADA TEST TOEIC
title_fullStr ANALISIS PERTANYAAN PADA BUTIR SOAL READING COMPREHENSION PADA TEST TOEIC
title_full_unstemmed ANALISIS PERTANYAAN PADA BUTIR SOAL READING COMPREHENSION PADA TEST TOEIC
title_short ANALISIS PERTANYAAN PADA BUTIR SOAL READING COMPREHENSION PADA TEST TOEIC
title_sort analisis pertanyaan pada butir soal reading comprehension pada test toeic
url https://journals.ums.ac.id/index.php/humaniora/article/view/2347
work_keys_str_mv AT fauziatiendang analisispertanyaanpadabutirsoalreadingcomprehensionpadatesttoeic