Pemberdayaan Guru dan Fasilitator dalam Pembelajaran Berdeferensiasi dengan Pendekatan Pendidikan Berpihak pada Anak di Sanggar Belajar Permai Penang Malaysia
Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pemberdayaan guru dan fasilitator dalam pembelajaran pada Sanggar Belajar Permai Penang Malaysia dengan pendekatan pembelajaran berdeferensiasi yang berfihak pada anak, sekaligus sebagai usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas dalam memenu...
Saved in:
Main Authors: | , , , , , , , , , , , |
---|---|
Format: | UMS Journal (OJS) |
Language: | eng |
Published: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
2023
|
Subjects: | |
Online Access: | https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/23049 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1805340844696272896 |
---|---|
author | Fuadi, Djalal Widyasari, Choiriyah Prayitno, Harun Joko Pristi, Eka Destriyanto Syaadah, Himatus Muliadi, Muliadi Rohmah, Nanda Dwi Putri, Adelia Kurnia Arista, Alfina Dian Sari, Dwi Wulan Komara, Osfir Candikia Rara Elhawwa, Tazkiyatunnafs |
author_facet | Fuadi, Djalal Widyasari, Choiriyah Prayitno, Harun Joko Pristi, Eka Destriyanto Syaadah, Himatus Muliadi, Muliadi Rohmah, Nanda Dwi Putri, Adelia Kurnia Arista, Alfina Dian Sari, Dwi Wulan Komara, Osfir Candikia Rara Elhawwa, Tazkiyatunnafs |
author_sort | Fuadi, Djalal |
collection | OJS |
description | Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pemberdayaan guru dan fasilitator dalam pembelajaran pada Sanggar Belajar Permai Penang Malaysia dengan pendekatan pembelajaran berdeferensiasi yang berfihak pada anak, sekaligus sebagai usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas dalam memenuhi kebutuhan belajar individu setiap siswa, penyesuaian ini menyangkut minat, profil belajar, dan kesiapan siswa agar tercapai peningkatan hasil belajar. Solusi yang dilakukan adalah memperkuat guru dan/atau fasilitator dalam pembelajaran berdeferensiasi dengan pendekatan pendidikan berfihak pada anak, melalui beberapa tahapan. Tahap 1: Pemetaan dan pendataan kondisi awal pada mitra. Tahap 2, Sosialisasi melalui diskusi dengan mitra terkait persiapan pelaksanaan, waktu pelaksanaan, anggota yang dilibatkan serta topik pengabdian di Mitra. Tahap 3: Pelatihan dan pemberdayaan dalam pembelajaran berdeferensiasi dan pendekatan pendidikan yang berfihak pada anak. Tahap 4: Pendampingan dalam menerapkan pembelajaran berdeferensiasi dan pendekatan pendidikan berfihak pada anak. Tahap 5: monitoring dan evaluasi semua kegiatan yang ada di mitra. Tahap 6: Penyusunan laporan, dan Tahap ke 7: Tindak lanjut pelaksanaan program. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa telah ada perkembangan pemahaman (82%) terhadap implementasi pembelajaran berdeferensiasi, dan berfihak pada anak, namun masih belum sepenuhnya sesuai dengan konsep dalam kurikulum merdeka. Tindak lanjut Pelaksanaan pembelajaran di Sanggar Belajar Permai Penang dilakukan oleh Mahasiswa sekaligus sebagai fasilitator dari berbagai Perguruan Tinggi Mitra, pelaksanaan dikoordinasikan oleh pengelola Sanggar dibantu oleh kepala sekolah dan pengajar tetap, sehingga mahasiswa/fasilitator hanya mengajar selama satu semester dan selanjutnya akan digantikan oleh mahasiswa semester berikutnya. |
format | UMS Journal (OJS) |
id | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-23049 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | eng |
publishDate | 2023 |
publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta |
record_format | ojs |
spelling | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-23049 Pemberdayaan Guru dan Fasilitator dalam Pembelajaran Berdeferensiasi dengan Pendekatan Pendidikan Berpihak pada Anak di Sanggar Belajar Permai Penang Malaysia Fuadi, Djalal Widyasari, Choiriyah Prayitno, Harun Joko Pristi, Eka Destriyanto Syaadah, Himatus Muliadi, Muliadi Rohmah, Nanda Dwi Putri, Adelia Kurnia Arista, Alfina Dian Sari, Dwi Wulan Komara, Osfir Candikia Rara Elhawwa, Tazkiyatunnafs pembelajaran berdiferensial; pembelajaran berfihak kepada anak; pendidikan karakter Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pemberdayaan guru dan fasilitator dalam pembelajaran pada Sanggar Belajar Permai Penang Malaysia dengan pendekatan pembelajaran berdeferensiasi yang berfihak pada anak, sekaligus sebagai usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas dalam memenuhi kebutuhan belajar individu setiap siswa, penyesuaian ini menyangkut minat, profil belajar, dan kesiapan siswa agar tercapai peningkatan hasil belajar. Solusi yang dilakukan adalah memperkuat guru dan/atau fasilitator dalam pembelajaran berdeferensiasi dengan pendekatan pendidikan berfihak pada anak, melalui beberapa tahapan. Tahap 1: Pemetaan dan pendataan kondisi awal pada mitra. Tahap 2, Sosialisasi melalui diskusi dengan mitra terkait persiapan pelaksanaan, waktu pelaksanaan, anggota yang dilibatkan serta topik pengabdian di Mitra. Tahap 3: Pelatihan dan pemberdayaan dalam pembelajaran berdeferensiasi dan pendekatan pendidikan yang berfihak pada anak. Tahap 4: Pendampingan dalam menerapkan pembelajaran berdeferensiasi dan pendekatan pendidikan berfihak pada anak. Tahap 5: monitoring dan evaluasi semua kegiatan yang ada di mitra. Tahap 6: Penyusunan laporan, dan Tahap ke 7: Tindak lanjut pelaksanaan program. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa telah ada perkembangan pemahaman (82%) terhadap implementasi pembelajaran berdeferensiasi, dan berfihak pada anak, namun masih belum sepenuhnya sesuai dengan konsep dalam kurikulum merdeka. Tindak lanjut Pelaksanaan pembelajaran di Sanggar Belajar Permai Penang dilakukan oleh Mahasiswa sekaligus sebagai fasilitator dari berbagai Perguruan Tinggi Mitra, pelaksanaan dikoordinasikan oleh pengelola Sanggar dibantu oleh kepala sekolah dan pengajar tetap, sehingga mahasiswa/fasilitator hanya mengajar selama satu semester dan selanjutnya akan digantikan oleh mahasiswa semester berikutnya. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2023-11-21 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/23049 10.23917/bkkndik.v5i2.23049 Buletin KKN Pendidikan; Vol. 5, No. 2, Desember 2023; 117-124 2716-0327 10.23917/bkkndik.v5i2 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/23049/8792 Copyright (c) 2023 Djalal Fuadi, Choiriyah Widyasari, Harun Joko Prayitno, Eka Destriyanto Pristi, Himatus Syaadah, Muliadi, Nanda Dwi Rohmah, Adelia Kurnia Putri, Alfina Dian Arista, Dwi Wulan Sar, Osfir Candikia Rara Komara, Tazkiyatunnafs Elhawwa https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
spellingShingle | pembelajaran berdiferensial; pembelajaran berfihak kepada anak; pendidikan karakter Fuadi, Djalal Widyasari, Choiriyah Prayitno, Harun Joko Pristi, Eka Destriyanto Syaadah, Himatus Muliadi, Muliadi Rohmah, Nanda Dwi Putri, Adelia Kurnia Arista, Alfina Dian Sari, Dwi Wulan Komara, Osfir Candikia Rara Elhawwa, Tazkiyatunnafs Pemberdayaan Guru dan Fasilitator dalam Pembelajaran Berdeferensiasi dengan Pendekatan Pendidikan Berpihak pada Anak di Sanggar Belajar Permai Penang Malaysia |
title | Pemberdayaan Guru dan Fasilitator dalam Pembelajaran Berdeferensiasi dengan Pendekatan Pendidikan Berpihak pada Anak di Sanggar Belajar Permai Penang Malaysia |
title_full | Pemberdayaan Guru dan Fasilitator dalam Pembelajaran Berdeferensiasi dengan Pendekatan Pendidikan Berpihak pada Anak di Sanggar Belajar Permai Penang Malaysia |
title_fullStr | Pemberdayaan Guru dan Fasilitator dalam Pembelajaran Berdeferensiasi dengan Pendekatan Pendidikan Berpihak pada Anak di Sanggar Belajar Permai Penang Malaysia |
title_full_unstemmed | Pemberdayaan Guru dan Fasilitator dalam Pembelajaran Berdeferensiasi dengan Pendekatan Pendidikan Berpihak pada Anak di Sanggar Belajar Permai Penang Malaysia |
title_short | Pemberdayaan Guru dan Fasilitator dalam Pembelajaran Berdeferensiasi dengan Pendekatan Pendidikan Berpihak pada Anak di Sanggar Belajar Permai Penang Malaysia |
title_sort | pemberdayaan guru dan fasilitator dalam pembelajaran berdeferensiasi dengan pendekatan pendidikan berpihak pada anak di sanggar belajar permai penang malaysia |
topic | pembelajaran berdiferensial; pembelajaran berfihak kepada anak; pendidikan karakter |
topic_facet | pembelajaran berdiferensial; pembelajaran berfihak kepada anak; pendidikan karakter |
url | https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/23049 |
work_keys_str_mv | AT fuadidjalal pemberdayaangurudanfasilitatordalampembelajaranberdeferensiasidenganpendekatanpendidikanberpihakpadaanakdisanggarbelajarpermaipenangmalaysia AT widyasarichoiriyah pemberdayaangurudanfasilitatordalampembelajaranberdeferensiasidenganpendekatanpendidikanberpihakpadaanakdisanggarbelajarpermaipenangmalaysia AT prayitnoharunjoko pemberdayaangurudanfasilitatordalampembelajaranberdeferensiasidenganpendekatanpendidikanberpihakpadaanakdisanggarbelajarpermaipenangmalaysia AT pristiekadestriyanto pemberdayaangurudanfasilitatordalampembelajaranberdeferensiasidenganpendekatanpendidikanberpihakpadaanakdisanggarbelajarpermaipenangmalaysia AT syaadahhimatus pemberdayaangurudanfasilitatordalampembelajaranberdeferensiasidenganpendekatanpendidikanberpihakpadaanakdisanggarbelajarpermaipenangmalaysia AT muliadimuliadi pemberdayaangurudanfasilitatordalampembelajaranberdeferensiasidenganpendekatanpendidikanberpihakpadaanakdisanggarbelajarpermaipenangmalaysia AT rohmahnandadwi pemberdayaangurudanfasilitatordalampembelajaranberdeferensiasidenganpendekatanpendidikanberpihakpadaanakdisanggarbelajarpermaipenangmalaysia AT putriadeliakurnia pemberdayaangurudanfasilitatordalampembelajaranberdeferensiasidenganpendekatanpendidikanberpihakpadaanakdisanggarbelajarpermaipenangmalaysia AT aristaalfinadian pemberdayaangurudanfasilitatordalampembelajaranberdeferensiasidenganpendekatanpendidikanberpihakpadaanakdisanggarbelajarpermaipenangmalaysia AT saridwiwulan pemberdayaangurudanfasilitatordalampembelajaranberdeferensiasidenganpendekatanpendidikanberpihakpadaanakdisanggarbelajarpermaipenangmalaysia AT komaraosfircandikiarara pemberdayaangurudanfasilitatordalampembelajaranberdeferensiasidenganpendekatanpendidikanberpihakpadaanakdisanggarbelajarpermaipenangmalaysia AT elhawwatazkiyatunnafs pemberdayaangurudanfasilitatordalampembelajaranberdeferensiasidenganpendekatanpendidikanberpihakpadaanakdisanggarbelajarpermaipenangmalaysia |