Implementasi Metode STAD dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar

Kemampuan membaca permulaan perserta didik tingkat sekolah dasar sagat mempengaruhi kemampuan membaca pada tingkat selajutnya. Meningat semakin rendahnya tingkat kemampuan melek huruf dampak dari sistem pembelajaran yang berubah-ubah dan dikarenakan kondisi yang mengalami perubahan, yang memaksa dun...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Karmila, Ririn Dewi, Prabawa, Andi Haris, Susiati, Susiati
Format: UMS Journal (OJS)
Language:eng
Published: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2023
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/22935
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1805336783488024576
author Karmila, Ririn Dewi
Prabawa, Andi Haris
Susiati, Susiati
author_facet Karmila, Ririn Dewi
Prabawa, Andi Haris
Susiati, Susiati
author_sort Karmila, Ririn Dewi
collection OJS
description Kemampuan membaca permulaan perserta didik tingkat sekolah dasar sagat mempengaruhi kemampuan membaca pada tingkat selajutnya. Meningat semakin rendahnya tingkat kemampuan melek huruf dampak dari sistem pembelajaran yang berubah-ubah dan dikarenakan kondisi yang mengalami perubahan, yang memaksa dunia pendidikan untuk dapat menyesuaikan dengan sistem dan kondisi tersebut. Perlu adanya terobosan dalam metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca lancar peserta didik. Seiring dengan adanya program Kampus Mengajar Angkatan 2 di mana mahasiswa diterjunkan secara langsung untuk dapat menjadi tenaga pendidik di daerah yang terdepan, terpencil, dan tertinggal. Maka daripada itu peneliti melakukan implementasi penggunaan metode STAD pada peserta didik SD. Hasil penelitian ditemukan bahwa penggunaan metode kooperatif yaitu STAD mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik di SD Negeri 1 Sambirembe. Implementasi metode STAD mempu meningkatkan kemampuan membaca permulaan dan meningkatkan kemampuan literasi maupun numerasi peserta didik. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode STAD dinilai efektif meningkatkan kemampuan membaca peserta didik.
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-22935
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language eng
publishDate 2023
publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-22935 Implementasi Metode STAD dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar Karmila, Ririn Dewi Prabawa, Andi Haris Susiati, Susiati Kemampuan membaca permulaan perserta didik tingkat sekolah dasar sagat mempengaruhi kemampuan membaca pada tingkat selajutnya. Meningat semakin rendahnya tingkat kemampuan melek huruf dampak dari sistem pembelajaran yang berubah-ubah dan dikarenakan kondisi yang mengalami perubahan, yang memaksa dunia pendidikan untuk dapat menyesuaikan dengan sistem dan kondisi tersebut. Perlu adanya terobosan dalam metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca lancar peserta didik. Seiring dengan adanya program Kampus Mengajar Angkatan 2 di mana mahasiswa diterjunkan secara langsung untuk dapat menjadi tenaga pendidik di daerah yang terdepan, terpencil, dan tertinggal. Maka daripada itu peneliti melakukan implementasi penggunaan metode STAD pada peserta didik SD. Hasil penelitian ditemukan bahwa penggunaan metode kooperatif yaitu STAD mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik di SD Negeri 1 Sambirembe. Implementasi metode STAD mempu meningkatkan kemampuan membaca permulaan dan meningkatkan kemampuan literasi maupun numerasi peserta didik. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode STAD dinilai efektif meningkatkan kemampuan membaca peserta didik. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2023-07-25 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/22935 10.23917/bppp.v5i1.22935 Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran; Vol 5, No 1 (2023): Vol 5, No.1, Juli 2023 2721-3404 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/22935/8600 Copyright (c) 2023 Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran
spellingShingle Karmila, Ririn Dewi
Prabawa, Andi Haris
Susiati, Susiati
Implementasi Metode STAD dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar
title Implementasi Metode STAD dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar
title_full Implementasi Metode STAD dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar
title_fullStr Implementasi Metode STAD dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar
title_full_unstemmed Implementasi Metode STAD dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar
title_short Implementasi Metode STAD dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar
title_sort implementasi metode stad dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa sekolah dasar
url https://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/22935
work_keys_str_mv AT karmilaririndewi implementasimetodestaddalammeningkatkankemampuanmembacasiswasekolahdasar
AT prabawaandiharis implementasimetodestaddalammeningkatkankemampuanmembacasiswasekolahdasar
AT susiatisusiati implementasimetodestaddalammeningkatkankemampuanmembacasiswasekolahdasar