Implementasi Metode STAD dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar
Kemampuan membaca permulaan perserta didik tingkat sekolah dasar sagat mempengaruhi kemampuan membaca pada tingkat selajutnya. Meningat semakin rendahnya tingkat kemampuan melek huruf dampak dari sistem pembelajaran yang berubah-ubah dan dikarenakan kondisi yang mengalami perubahan, yang memaksa dun...
Saved in:
Main Authors: | , , |
---|---|
Format: | UMS Journal (OJS) |
Language: | eng |
Published: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
2023
|
Online Access: | https://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/22935 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Kemampuan membaca permulaan perserta didik tingkat sekolah dasar sagat mempengaruhi kemampuan membaca pada tingkat selajutnya. Meningat semakin rendahnya tingkat kemampuan melek huruf dampak dari sistem pembelajaran yang berubah-ubah dan dikarenakan kondisi yang mengalami perubahan, yang memaksa dunia pendidikan untuk dapat menyesuaikan dengan sistem dan kondisi tersebut. Perlu adanya terobosan dalam metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca lancar peserta didik. Seiring dengan adanya program Kampus Mengajar Angkatan 2 di mana mahasiswa diterjunkan secara langsung untuk dapat menjadi tenaga pendidik di daerah yang terdepan, terpencil, dan tertinggal. Maka daripada itu peneliti melakukan implementasi penggunaan metode STAD pada peserta didik SD. Hasil penelitian ditemukan bahwa penggunaan metode kooperatif yaitu STAD mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik di SD Negeri 1 Sambirembe. Implementasi metode STAD mempu meningkatkan kemampuan membaca permulaan dan meningkatkan kemampuan literasi maupun numerasi peserta didik. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode STAD dinilai efektif meningkatkan kemampuan membaca peserta didik. |
---|