Penerapan Inovasi Budaya Game Catung untuk meningkatkan Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar
Program Kampus Mengajar yang merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang merupakan suatu kesempatan bagi para mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran di SD maupun SMP di daerah 3T. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya implementasi program inovasi...
Saved in:
Main Authors: | , , |
---|---|
Format: | UMS Journal (OJS) |
Language: | eng |
Published: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
2020
|
Online Access: | https://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/22905 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1805336783175548928 |
---|---|
author | Nur Muhammad, Ilham Basir Hidayati, Yulia Maftuhah Andarwulan, Trisna |
author_facet | Nur Muhammad, Ilham Basir Hidayati, Yulia Maftuhah Andarwulan, Trisna |
author_sort | Nur Muhammad, Ilham Basir |
collection | OJS |
description | Program Kampus Mengajar yang merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang merupakan suatu kesempatan bagi para mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran di SD maupun SMP di daerah 3T. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya implementasi program inovasi budaya Game Catung di SDN 1 Muruh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan implementasi inovasi literasi numerasi untuk membantu kesulitan siswa dalam meningkatkan kemampuan melalui pembiasaan membaca, menulis, serta berhitung secara teratur dengan berbagai metode pembelajaran di SDN 1 Muruh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari kepada sekolah, guru kelas, dan siswa. Adapun untuk objek penelitian ini adalah yang berkaitan dengan implementasi inovasi budaya literasi numerasi “Game Catung”. Hasil penelitian di SDN 1 Muruh diperoleh bahwa guru dalam pelaksanaan program Catung menggunakan metode yang bervariasi. Selain itu, media dan sintaks pembelajaran yang digunakan sangat beragam. Implementasi literasi menggunakan buku bergambar, buku cerita, huruf angka bergambar, dan media tablet yang berisi game edukasi. |
format | UMS Journal (OJS) |
id | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-22905 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | eng |
publishDate | 2020 |
publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta |
record_format | ojs |
spelling | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-22905 Penerapan Inovasi Budaya Game Catung untuk meningkatkan Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar Nur Muhammad, Ilham Basir Hidayati, Yulia Maftuhah Andarwulan, Trisna Program Kampus Mengajar yang merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang merupakan suatu kesempatan bagi para mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran di SD maupun SMP di daerah 3T. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya implementasi program inovasi budaya Game Catung di SDN 1 Muruh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan implementasi inovasi literasi numerasi untuk membantu kesulitan siswa dalam meningkatkan kemampuan melalui pembiasaan membaca, menulis, serta berhitung secara teratur dengan berbagai metode pembelajaran di SDN 1 Muruh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari kepada sekolah, guru kelas, dan siswa. Adapun untuk objek penelitian ini adalah yang berkaitan dengan implementasi inovasi budaya literasi numerasi “Game Catung”. Hasil penelitian di SDN 1 Muruh diperoleh bahwa guru dalam pelaksanaan program Catung menggunakan metode yang bervariasi. Selain itu, media dan sintaks pembelajaran yang digunakan sangat beragam. Implementasi literasi menggunakan buku bergambar, buku cerita, huruf angka bergambar, dan media tablet yang berisi game edukasi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2020-12-13 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/22905 10.23917/bppp.v4i2.22905 Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran; Vol 4, No 2 (2022): Vol 4, No. 2, Desember 2022 2721-3404 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/22905/8562 Copyright (c) 2023 Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran |
spellingShingle | Nur Muhammad, Ilham Basir Hidayati, Yulia Maftuhah Andarwulan, Trisna Penerapan Inovasi Budaya Game Catung untuk meningkatkan Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar |
title | Penerapan Inovasi Budaya Game Catung untuk meningkatkan Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar |
title_full | Penerapan Inovasi Budaya Game Catung untuk meningkatkan Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar |
title_fullStr | Penerapan Inovasi Budaya Game Catung untuk meningkatkan Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar |
title_full_unstemmed | Penerapan Inovasi Budaya Game Catung untuk meningkatkan Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar |
title_short | Penerapan Inovasi Budaya Game Catung untuk meningkatkan Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar |
title_sort | penerapan inovasi budaya game catung untuk meningkatkan literasi dan numerasi di sekolah dasar |
url | https://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/22905 |
work_keys_str_mv | AT nurmuhammadilhambasir penerapaninovasibudayagamecatunguntukmeningkatkanliterasidannumerasidisekolahdasar AT hidayatiyuliamaftuhah penerapaninovasibudayagamecatunguntukmeningkatkanliterasidannumerasidisekolahdasar AT andarwulantrisna penerapaninovasibudayagamecatunguntukmeningkatkanliterasidannumerasidisekolahdasar |