Penerapan Inovasi Budaya Game Catung untuk meningkatkan Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar

Program Kampus Mengajar yang merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang merupakan suatu kesempatan bagi para mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran di SD maupun SMP di daerah 3T. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya implementasi program inovasi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Nur Muhammad, Ilham Basir, Hidayati, Yulia Maftuhah, Andarwulan, Trisna
Format: UMS Journal (OJS)
Language:eng
Published: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2020
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/22905
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1805336783175548928
author Nur Muhammad, Ilham Basir
Hidayati, Yulia Maftuhah
Andarwulan, Trisna
author_facet Nur Muhammad, Ilham Basir
Hidayati, Yulia Maftuhah
Andarwulan, Trisna
author_sort Nur Muhammad, Ilham Basir
collection OJS
description Program Kampus Mengajar yang merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang merupakan suatu kesempatan bagi para mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran di SD maupun SMP di daerah 3T. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya implementasi program inovasi budaya Game Catung di SDN 1 Muruh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan implementasi inovasi literasi numerasi untuk membantu kesulitan siswa dalam meningkatkan kemampuan melalui pembiasaan membaca, menulis, serta berhitung secara teratur dengan berbagai metode pembelajaran di SDN 1 Muruh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari kepada sekolah, guru kelas, dan siswa. Adapun untuk objek penelitian ini adalah yang berkaitan dengan implementasi inovasi budaya literasi numerasi “Game Catung”. Hasil penelitian di SDN 1 Muruh diperoleh bahwa guru dalam pelaksanaan program Catung menggunakan metode yang bervariasi. Selain itu, media dan sintaks pembelajaran yang digunakan sangat beragam. Implementasi literasi menggunakan buku bergambar, buku cerita, huruf angka bergambar, dan media tablet yang berisi game edukasi.
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-22905
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language eng
publishDate 2020
publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-22905 Penerapan Inovasi Budaya Game Catung untuk meningkatkan Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar Nur Muhammad, Ilham Basir Hidayati, Yulia Maftuhah Andarwulan, Trisna Program Kampus Mengajar yang merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang merupakan suatu kesempatan bagi para mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran di SD maupun SMP di daerah 3T. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya implementasi program inovasi budaya Game Catung di SDN 1 Muruh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan implementasi inovasi literasi numerasi untuk membantu kesulitan siswa dalam meningkatkan kemampuan melalui pembiasaan membaca, menulis, serta berhitung secara teratur dengan berbagai metode pembelajaran di SDN 1 Muruh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari kepada sekolah, guru kelas, dan siswa. Adapun untuk objek penelitian ini adalah yang berkaitan dengan implementasi inovasi budaya literasi numerasi “Game Catung”. Hasil penelitian di SDN 1 Muruh diperoleh bahwa guru dalam pelaksanaan program Catung menggunakan metode yang bervariasi. Selain itu, media dan sintaks pembelajaran yang digunakan sangat beragam. Implementasi literasi menggunakan buku bergambar, buku cerita, huruf angka bergambar, dan media tablet yang berisi game edukasi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2020-12-13 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/22905 10.23917/bppp.v4i2.22905 Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran; Vol 4, No 2 (2022): Vol 4, No. 2, Desember 2022 2721-3404 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/22905/8562 Copyright (c) 2023 Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran
spellingShingle Nur Muhammad, Ilham Basir
Hidayati, Yulia Maftuhah
Andarwulan, Trisna
Penerapan Inovasi Budaya Game Catung untuk meningkatkan Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar
title Penerapan Inovasi Budaya Game Catung untuk meningkatkan Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar
title_full Penerapan Inovasi Budaya Game Catung untuk meningkatkan Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar
title_fullStr Penerapan Inovasi Budaya Game Catung untuk meningkatkan Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar
title_full_unstemmed Penerapan Inovasi Budaya Game Catung untuk meningkatkan Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar
title_short Penerapan Inovasi Budaya Game Catung untuk meningkatkan Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar
title_sort penerapan inovasi budaya game catung untuk meningkatkan literasi dan numerasi di sekolah dasar
url https://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/22905
work_keys_str_mv AT nurmuhammadilhambasir penerapaninovasibudayagamecatunguntukmeningkatkanliterasidannumerasidisekolahdasar
AT hidayatiyuliamaftuhah penerapaninovasibudayagamecatunguntukmeningkatkanliterasidannumerasidisekolahdasar
AT andarwulantrisna penerapaninovasibudayagamecatunguntukmeningkatkanliterasidannumerasidisekolahdasar