Implementasi Service Learning di SD Muhammadiyah Program Khusus Ampel, Boyolali
KKN-Dik merupakah salah satu bentuk kegiatan yang memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup ditengah-tengah masyarakat dalam pelaksanaannya masih terdapat kekeliruan dalam hal pengadaan program kerja. Pendekatan service learning hadir untuk meluruskannya. Service learning bertitik t...
Saved in:
Main Authors: | , , , , |
---|---|
Format: | UMS Journal (OJS) |
Language: | eng |
Published: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
2023
|
Subjects: | |
Online Access: | https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/22008 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1805340844420497408 |
---|---|
author | Nugroho, Febriyanto Arif Iqbal, Muhammad Ramadhan, Fachri Swastika, Annisa Hidayat, Obby Taufik |
author_facet | Nugroho, Febriyanto Arif Iqbal, Muhammad Ramadhan, Fachri Swastika, Annisa Hidayat, Obby Taufik |
author_sort | Nugroho, Febriyanto Arif |
collection | OJS |
description | KKN-Dik merupakah salah satu bentuk kegiatan yang memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup ditengah-tengah masyarakat dalam pelaksanaannya masih terdapat kekeliruan dalam hal pengadaan program kerja. Pendekatan service learning hadir untuk meluruskannya. Service learning bertitik tolak pada aplikasi ilmu. Hal ini sangat berkaitan erat dengan peran mahasiswa dalam melaksanakan KKN-Dik yang mana mahasiswa ikut andil, berperan, dan merkontibusi langsung dalam masyarakat. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah difusi iptek, yaitu sebuah metode penyebarluasan infomasi yang dapat meningkatkan wawasan seseorang di bidang pengetahuan melalui teknologi. Kegiatan ini dilaksanakan melalui dua tahapan, yaitu tahap observasi atau screening dan tahap pengembangan. Dalam pengimplementasiannya dalam pelaksanaan KKN Dik FKIP UMS tahun 2023 penerapannya diselaraskan dengan program kerja yang dilaksanakan di lokasi KKN Dik. Adapun program kerja sesuai dengan service learning yang terlaksana pada pelaksanaan KKN Dik di SD Muhammadiyah PK Ampel, adalah Pojok Literasi (program kerja prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Tangga Literasi Keuangan (program kerja prodi Pendidikan Akuntansi) dan Papan Plang Profil Pelajar Pancasila (program kerja prodi Pendidikan PPKn). Pada dasarnya service learning pada kegiatan KKN Dik FKIP UMS di SD Muhammadiyah PK Ampel ini merupakan upaya untuk mengamplikasikan dan mengimplementasikan ilmu teori yang didapatkan oleh mahasiswa selama perkuliahan di kampus pada kelompok sasaran agar ilmu, pengalaman dan teori yang mahasiswa dapatkan dapat berguna dan diimplementasikan serta diaplikasikan sesuai dengan bidang keahilan program studi masing-masing mahasiswa. |
format | UMS Journal (OJS) |
id | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-22008 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | eng |
publishDate | 2023 |
publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta |
record_format | ojs |
spelling | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-22008 Implementasi Service Learning di SD Muhammadiyah Program Khusus Ampel, Boyolali Nugroho, Febriyanto Arif Iqbal, Muhammad Ramadhan, Fachri Swastika, Annisa Hidayat, Obby Taufik KKN-Dik; pengalaman belajar; pojok literasi; service learning; tangga literasi keuangan KKN-Dik merupakah salah satu bentuk kegiatan yang memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup ditengah-tengah masyarakat dalam pelaksanaannya masih terdapat kekeliruan dalam hal pengadaan program kerja. Pendekatan service learning hadir untuk meluruskannya. Service learning bertitik tolak pada aplikasi ilmu. Hal ini sangat berkaitan erat dengan peran mahasiswa dalam melaksanakan KKN-Dik yang mana mahasiswa ikut andil, berperan, dan merkontibusi langsung dalam masyarakat. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah difusi iptek, yaitu sebuah metode penyebarluasan infomasi yang dapat meningkatkan wawasan seseorang di bidang pengetahuan melalui teknologi. Kegiatan ini dilaksanakan melalui dua tahapan, yaitu tahap observasi atau screening dan tahap pengembangan. Dalam pengimplementasiannya dalam pelaksanaan KKN Dik FKIP UMS tahun 2023 penerapannya diselaraskan dengan program kerja yang dilaksanakan di lokasi KKN Dik. Adapun program kerja sesuai dengan service learning yang terlaksana pada pelaksanaan KKN Dik di SD Muhammadiyah PK Ampel, adalah Pojok Literasi (program kerja prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) Tangga Literasi Keuangan (program kerja prodi Pendidikan Akuntansi) dan Papan Plang Profil Pelajar Pancasila (program kerja prodi Pendidikan PPKn). Pada dasarnya service learning pada kegiatan KKN Dik FKIP UMS di SD Muhammadiyah PK Ampel ini merupakan upaya untuk mengamplikasikan dan mengimplementasikan ilmu teori yang didapatkan oleh mahasiswa selama perkuliahan di kampus pada kelompok sasaran agar ilmu, pengalaman dan teori yang mahasiswa dapatkan dapat berguna dan diimplementasikan serta diaplikasikan sesuai dengan bidang keahilan program studi masing-masing mahasiswa. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2023-06-29 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/22008 10.23917/bkkndik.v5i1.22008 Buletin KKN Pendidikan; Vol. 5, No. 1, Juni 2023; 65-73 2716-0327 10.23917/bkkndik.v5i1 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/22008/8490 https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/downloadSuppFile/22008/5957 Copyright (c) 2023 Febriyanto Arif Nugroho, Muhammad Iqbal, Fachri Ramadhan, Annisa Swastika https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
spellingShingle | KKN-Dik; pengalaman belajar; pojok literasi; service learning; tangga literasi keuangan Nugroho, Febriyanto Arif Iqbal, Muhammad Ramadhan, Fachri Swastika, Annisa Hidayat, Obby Taufik Implementasi Service Learning di SD Muhammadiyah Program Khusus Ampel, Boyolali |
title | Implementasi Service Learning di SD Muhammadiyah Program Khusus Ampel, Boyolali |
title_full | Implementasi Service Learning di SD Muhammadiyah Program Khusus Ampel, Boyolali |
title_fullStr | Implementasi Service Learning di SD Muhammadiyah Program Khusus Ampel, Boyolali |
title_full_unstemmed | Implementasi Service Learning di SD Muhammadiyah Program Khusus Ampel, Boyolali |
title_short | Implementasi Service Learning di SD Muhammadiyah Program Khusus Ampel, Boyolali |
title_sort | implementasi service learning di sd muhammadiyah program khusus ampel boyolali |
topic | KKN-Dik; pengalaman belajar; pojok literasi; service learning; tangga literasi keuangan |
topic_facet | KKN-Dik; pengalaman belajar; pojok literasi; service learning; tangga literasi keuangan |
url | https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/22008 |
work_keys_str_mv | AT nugrohofebriyantoarif implementasiservicelearningdisdmuhammadiyahprogramkhususampelboyolali AT iqbalmuhammad implementasiservicelearningdisdmuhammadiyahprogramkhususampelboyolali AT ramadhanfachri implementasiservicelearningdisdmuhammadiyahprogramkhususampelboyolali AT swastikaannisa implementasiservicelearningdisdmuhammadiyahprogramkhususampelboyolali AT hidayatobbytaufik implementasiservicelearningdisdmuhammadiyahprogramkhususampelboyolali |