Analisis Pengaruh Penggunaan Game Edukasi pada Penguasaan Kosakata Bahasa Asing dengan Studi Kasus Game Edukasi Bahasa Arab

Pemanfaatan game saat ini telah merambah ke ranah edukasi, ditambah dengan berkembangnya teknologi saat ini, maka hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk kepentingan edukasi. Pada penelitian ini akan dilakukan analisis pengaruh game edukasi pada kemampuan dalam menguasai kosakata bahasa asing, dengan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Khairy, Muhammad Shulhan, Herumurti, Darlis, Kuswardayan, Imam
Format: UMS Journal (OJS)
Language:ind
Published: Department of Informatics, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia 2016
Subjects:
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/2137
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1805342476907577344
author Khairy, Muhammad Shulhan
Herumurti, Darlis
Kuswardayan, Imam
author_facet Khairy, Muhammad Shulhan
Herumurti, Darlis
Kuswardayan, Imam
author_sort Khairy, Muhammad Shulhan
collection OJS
description Pemanfaatan game saat ini telah merambah ke ranah edukasi, ditambah dengan berkembangnya teknologi saat ini, maka hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk kepentingan edukasi. Pada penelitian ini akan dilakukan analisis pengaruh game edukasi pada kemampuan dalam menguasai kosakata bahasa asing, dengan studi kasus bahasa Arab. Game edukasi tersebut menggunakan perangkat bergerak dan salah satunya menggunakan teknologi realitas virtual dengan kakas Google Cardboard. Game edukasi diujikan pada pengguna berusia 10-15 tahun dan dibagi menjadi dua kelompok, berdasarkan teknologi yang digunakan dan genre game. Pengguna melakukan pre-test dan post-test  untuk mengukur kemampuan mereka sebelum dan sesudah mengujikan game. Hasil pengujian tersebut dianalisis dengan metode uji hipotesis ANOVA. Dari kedua kelompok tersebut didapatkan kesimpulan bahwa perbedaan teknologi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pengguna. Begitu pula pada kelompok kedua, didapatkan kesimpulan bahwa faktor jenis game, faktor jenis kelamin pengguna, dan hubungan kedua faktor tersebut tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perubahan kemampuan pengguna dalam menguasai perbendaharaan kosakata bahasa Arab.
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-2137
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language ind
publishDate 2016
publisher Department of Informatics, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-2137 Analisis Pengaruh Penggunaan Game Edukasi pada Penguasaan Kosakata Bahasa Asing dengan Studi Kasus Game Edukasi Bahasa Arab Khairy, Muhammad Shulhan Herumurti, Darlis Kuswardayan, Imam game, pendidikan, game edukasi, bahasa Pemanfaatan game saat ini telah merambah ke ranah edukasi, ditambah dengan berkembangnya teknologi saat ini, maka hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk kepentingan edukasi. Pada penelitian ini akan dilakukan analisis pengaruh game edukasi pada kemampuan dalam menguasai kosakata bahasa asing, dengan studi kasus bahasa Arab. Game edukasi tersebut menggunakan perangkat bergerak dan salah satunya menggunakan teknologi realitas virtual dengan kakas Google Cardboard. Game edukasi diujikan pada pengguna berusia 10-15 tahun dan dibagi menjadi dua kelompok, berdasarkan teknologi yang digunakan dan genre game. Pengguna melakukan pre-test dan post-test  untuk mengukur kemampuan mereka sebelum dan sesudah mengujikan game. Hasil pengujian tersebut dianalisis dengan metode uji hipotesis ANOVA. Dari kedua kelompok tersebut didapatkan kesimpulan bahwa perbedaan teknologi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pengguna. Begitu pula pada kelompok kedua, didapatkan kesimpulan bahwa faktor jenis game, faktor jenis kelamin pengguna, dan hubungan kedua faktor tersebut tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perubahan kemampuan pengguna dalam menguasai perbendaharaan kosakata bahasa Arab. Department of Informatics, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia 2016-12-30 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/2137 10.23917/khif.v2i2.2137 Khazanah Informatika : Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika; Vol. 2 No. 2 Desember 2016; 42-48 Khazanah Informatika; Vol. 2 No. 2 Desember 2016; 42-48 2477-698X 2621-038X ind https://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/2137/1852 Copyright (c) 2016 Khazanah Informatika http://creativecommons.org/licenses/by/4.0
spellingShingle game, pendidikan, game edukasi, bahasa
Khairy, Muhammad Shulhan
Herumurti, Darlis
Kuswardayan, Imam
Analisis Pengaruh Penggunaan Game Edukasi pada Penguasaan Kosakata Bahasa Asing dengan Studi Kasus Game Edukasi Bahasa Arab
title Analisis Pengaruh Penggunaan Game Edukasi pada Penguasaan Kosakata Bahasa Asing dengan Studi Kasus Game Edukasi Bahasa Arab
title_full Analisis Pengaruh Penggunaan Game Edukasi pada Penguasaan Kosakata Bahasa Asing dengan Studi Kasus Game Edukasi Bahasa Arab
title_fullStr Analisis Pengaruh Penggunaan Game Edukasi pada Penguasaan Kosakata Bahasa Asing dengan Studi Kasus Game Edukasi Bahasa Arab
title_full_unstemmed Analisis Pengaruh Penggunaan Game Edukasi pada Penguasaan Kosakata Bahasa Asing dengan Studi Kasus Game Edukasi Bahasa Arab
title_short Analisis Pengaruh Penggunaan Game Edukasi pada Penguasaan Kosakata Bahasa Asing dengan Studi Kasus Game Edukasi Bahasa Arab
title_sort analisis pengaruh penggunaan game edukasi pada penguasaan kosakata bahasa asing dengan studi kasus game edukasi bahasa arab
topic game, pendidikan, game edukasi, bahasa
topic_facet game, pendidikan, game edukasi, bahasa
url https://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/2137
work_keys_str_mv AT khairymuhammadshulhan analisispengaruhpenggunaangameedukasipadapenguasaankosakatabahasaasingdenganstudikasusgameedukasibahasaarab
AT herumurtidarlis analisispengaruhpenggunaangameedukasipadapenguasaankosakatabahasaasingdenganstudikasusgameedukasibahasaarab
AT kuswardayanimam analisispengaruhpenggunaangameedukasipadapenguasaankosakatabahasaasingdenganstudikasusgameedukasibahasaarab