Analisis Pengaruh Penggunaan Game Edukasi pada Penguasaan Kosakata Bahasa Asing dengan Studi Kasus Game Edukasi Bahasa Arab
Pemanfaatan game saat ini telah merambah ke ranah edukasi, ditambah dengan berkembangnya teknologi saat ini, maka hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk kepentingan edukasi. Pada penelitian ini akan dilakukan analisis pengaruh game edukasi pada kemampuan dalam menguasai kosakata bahasa asing, dengan...
Saved in:
Main Authors: | , , |
---|---|
Format: | UMS Journal (OJS) |
Language: | ind |
Published: |
Department of Informatics, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
2016
|
Subjects: | |
Online Access: | https://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/2137 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1805342476907577344 |
---|---|
author | Khairy, Muhammad Shulhan Herumurti, Darlis Kuswardayan, Imam |
author_facet | Khairy, Muhammad Shulhan Herumurti, Darlis Kuswardayan, Imam |
author_sort | Khairy, Muhammad Shulhan |
collection | OJS |
description | Pemanfaatan game saat ini telah merambah ke ranah edukasi, ditambah dengan berkembangnya teknologi saat ini, maka hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk kepentingan edukasi. Pada penelitian ini akan dilakukan analisis pengaruh game edukasi pada kemampuan dalam menguasai kosakata bahasa asing, dengan studi kasus bahasa Arab. Game edukasi tersebut menggunakan perangkat bergerak dan salah satunya menggunakan teknologi realitas virtual dengan kakas Google Cardboard. Game edukasi diujikan pada pengguna berusia 10-15 tahun dan dibagi menjadi dua kelompok, berdasarkan teknologi yang digunakan dan genre game. Pengguna melakukan pre-test dan post-test untuk mengukur kemampuan mereka sebelum dan sesudah mengujikan game. Hasil pengujian tersebut dianalisis dengan metode uji hipotesis ANOVA. Dari kedua kelompok tersebut didapatkan kesimpulan bahwa perbedaan teknologi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pengguna. Begitu pula pada kelompok kedua, didapatkan kesimpulan bahwa faktor jenis game, faktor jenis kelamin pengguna, dan hubungan kedua faktor tersebut tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perubahan kemampuan pengguna dalam menguasai perbendaharaan kosakata bahasa Arab. |
format | UMS Journal (OJS) |
id | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-2137 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | ind |
publishDate | 2016 |
publisher | Department of Informatics, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia |
record_format | ojs |
spelling | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-2137 Analisis Pengaruh Penggunaan Game Edukasi pada Penguasaan Kosakata Bahasa Asing dengan Studi Kasus Game Edukasi Bahasa Arab Khairy, Muhammad Shulhan Herumurti, Darlis Kuswardayan, Imam game, pendidikan, game edukasi, bahasa Pemanfaatan game saat ini telah merambah ke ranah edukasi, ditambah dengan berkembangnya teknologi saat ini, maka hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk kepentingan edukasi. Pada penelitian ini akan dilakukan analisis pengaruh game edukasi pada kemampuan dalam menguasai kosakata bahasa asing, dengan studi kasus bahasa Arab. Game edukasi tersebut menggunakan perangkat bergerak dan salah satunya menggunakan teknologi realitas virtual dengan kakas Google Cardboard. Game edukasi diujikan pada pengguna berusia 10-15 tahun dan dibagi menjadi dua kelompok, berdasarkan teknologi yang digunakan dan genre game. Pengguna melakukan pre-test dan post-test untuk mengukur kemampuan mereka sebelum dan sesudah mengujikan game. Hasil pengujian tersebut dianalisis dengan metode uji hipotesis ANOVA. Dari kedua kelompok tersebut didapatkan kesimpulan bahwa perbedaan teknologi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pengguna. Begitu pula pada kelompok kedua, didapatkan kesimpulan bahwa faktor jenis game, faktor jenis kelamin pengguna, dan hubungan kedua faktor tersebut tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perubahan kemampuan pengguna dalam menguasai perbendaharaan kosakata bahasa Arab. Department of Informatics, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia 2016-12-30 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/2137 10.23917/khif.v2i2.2137 Khazanah Informatika : Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika; Vol. 2 No. 2 Desember 2016; 42-48 Khazanah Informatika; Vol. 2 No. 2 Desember 2016; 42-48 2477-698X 2621-038X ind https://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/2137/1852 Copyright (c) 2016 Khazanah Informatika http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
spellingShingle | game, pendidikan, game edukasi, bahasa Khairy, Muhammad Shulhan Herumurti, Darlis Kuswardayan, Imam Analisis Pengaruh Penggunaan Game Edukasi pada Penguasaan Kosakata Bahasa Asing dengan Studi Kasus Game Edukasi Bahasa Arab |
title | Analisis Pengaruh Penggunaan Game Edukasi pada Penguasaan Kosakata Bahasa Asing dengan Studi Kasus Game Edukasi Bahasa Arab |
title_full | Analisis Pengaruh Penggunaan Game Edukasi pada Penguasaan Kosakata Bahasa Asing dengan Studi Kasus Game Edukasi Bahasa Arab |
title_fullStr | Analisis Pengaruh Penggunaan Game Edukasi pada Penguasaan Kosakata Bahasa Asing dengan Studi Kasus Game Edukasi Bahasa Arab |
title_full_unstemmed | Analisis Pengaruh Penggunaan Game Edukasi pada Penguasaan Kosakata Bahasa Asing dengan Studi Kasus Game Edukasi Bahasa Arab |
title_short | Analisis Pengaruh Penggunaan Game Edukasi pada Penguasaan Kosakata Bahasa Asing dengan Studi Kasus Game Edukasi Bahasa Arab |
title_sort | analisis pengaruh penggunaan game edukasi pada penguasaan kosakata bahasa asing dengan studi kasus game edukasi bahasa arab |
topic | game, pendidikan, game edukasi, bahasa |
topic_facet | game, pendidikan, game edukasi, bahasa |
url | https://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/2137 |
work_keys_str_mv | AT khairymuhammadshulhan analisispengaruhpenggunaangameedukasipadapenguasaankosakatabahasaasingdenganstudikasusgameedukasibahasaarab AT herumurtidarlis analisispengaruhpenggunaangameedukasipadapenguasaankosakatabahasaasingdenganstudikasusgameedukasibahasaarab AT kuswardayanimam analisispengaruhpenggunaangameedukasipadapenguasaankosakatabahasaasingdenganstudikasusgameedukasibahasaarab |