Analisis Desain Ornamentasi sebagai Identitas pada Bangunan Pendidikan dan Kesehatan Milik Muhammadiyah

Aktivitas pendidikan (schooling), kesehatan (healing), dan sosial (feeding) yang kemudian disebut Trisula Abad Pertama telah menunjukkan kesuksesan Muhammadiyah. Tiga bidang aktivitas tersebut menghasilkan amal usaha Muhammadiyah yang masih eksis dan membantu perkembangan Indonesia. Banyaknya amal u...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Sabila, Zida, Nugroho, Muhammad Siam Priyono
Format: UMS Journal (OJS)
Language:eng
Published: Universitas Muhammadiyah Surakarta 2023
Subjects:
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/sinektika/article/view/21263
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Aktivitas pendidikan (schooling), kesehatan (healing), dan sosial (feeding) yang kemudian disebut Trisula Abad Pertama telah menunjukkan kesuksesan Muhammadiyah. Tiga bidang aktivitas tersebut menghasilkan amal usaha Muhammadiyah yang masih eksis dan membantu perkembangan Indonesia. Banyaknya amal usaha Muhammadiyah berimbas pada pembangunan gedung-gedung yang bertujuan mewadahi kegiatannya. Gedung amal usaha milik Muhammadiyah dengan berbagai bidangnya perlu citra dan karakter yang menunjukkan fungsi dan kepemilikan.  Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui aspek identitas berupa ornamentasi yang umum digunakan pada gedung-gedung milik Muhammadiyah khususnya gedung untuk fungsi pendidikan dan gedung untuk fungsi kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur yang diawali dengan melakukan pengumpulan 50 sampel bangunan pendidikan dan 50 bangunan kesehatan Muhammadiyah yang akan diteliti. Hasil dari penelitian ini ialah identitas atau penanda visual sebagai bangunan pendidikan Muhammadiyah berupa bentuk geometri, dan desain pattern pada fasad bangunan yang khas. Desain geometri  yang menjadi penanda khas bangunan kesehatan Muhammadiyah adalah  bentuk dasar three pointed arch (10%) dan geometri  pattern berdesain segi delapan dengan tiap sisi diberi garis mengikuti pola aksen geometri (4%). Sedangkan bangunan pendidikan Muhammadiyah kebanyakan menerapkan desain geometri bentuk three pointed arch (14%) dan bentuk bintang segi delapan (18%) sebagai focal point dan identitas.  Geometri pattern khas yang digunakan pada bangunan pendidikan Muhammadiyah ialah bentuk dasar bintang segi dua belas (6%).