ANALISIS RELEVANSI DESIGN KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KEBUTUHAN PENGGUNA LULUSAN
Adanya kesesuaian proses pada Program Studi dalam menghasilkan lulusan yang dibutuhkan oleh pengguna dan kerangka kurikulum yang tepat dalam implementasinya adalah syarat mutlak keberhasilan sebuah pengajaran di perguruan tinggi. Termasuk Prodi Pendidikan Agama Islam UMS sebagai bagian penting di da...
Saved in:
Main Authors: | , , , , |
---|---|
Format: | UMS Journal (OJS) |
Language: | eng |
Published: |
Universitas Muhammadiyah Surakarta
2023
|
Subjects: | |
Online Access: | https://journals.ums.ac.id/index.php/suhuf/article/view/20948 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1805337413423202304 |
---|---|
author | Ali, Mohamad Dartim, Dartim Azani, Mohammad Zakki Inayati, Nurul Latifatul Istanto, Istanto |
author_facet | Ali, Mohamad Dartim, Dartim Azani, Mohammad Zakki Inayati, Nurul Latifatul Istanto, Istanto |
author_sort | Ali, Mohamad |
collection | OJS |
description | Adanya kesesuaian proses pada Program Studi dalam menghasilkan lulusan yang dibutuhkan oleh pengguna dan kerangka kurikulum yang tepat dalam implementasinya adalah syarat mutlak keberhasilan sebuah pengajaran di perguruan tinggi. Termasuk Prodi Pendidikan Agama Islam UMS sebagai bagian penting di dalamnya. Oleh karena itu penelitian ini hadir untuk memberikan kerangka atau gambaran peta jalan bagaimana design kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan para pengguna atau user. Selain itu, tulisan ini menjadi penting, karena mencoba melihat tingkat kepuasan stakeholder dalam hal ini sekolah (negeri dan swasta) terhadap kompetensi lulusan Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta baik pada aspek kompetensi peadagogik, kepribadian, sosial maupun profesional. Dengan kata lain tulisan ini bermaksud memotret dan membahas tingkat kepuasan sekolah atau lembaga pendidikan yang menjadi stakeholder atau user alumni Prodi PAI hingga mampu memunculkan rekomendasi untuk diimplementasikan pada kurikulum yang tepat bagi pengembangan Prodi PAI. |
format | UMS Journal (OJS) |
id | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-20948 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | eng |
publishDate | 2023 |
publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
record_format | ojs |
spelling | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-20948 ANALISIS RELEVANSI DESIGN KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KEBUTUHAN PENGGUNA LULUSAN Ali, Mohamad Dartim, Dartim Azani, Mohammad Zakki Inayati, Nurul Latifatul Istanto, Istanto Pendidikan Agama Islam Kurikulum, Pendidikan Islam, Pemangku Kepentingan Adanya kesesuaian proses pada Program Studi dalam menghasilkan lulusan yang dibutuhkan oleh pengguna dan kerangka kurikulum yang tepat dalam implementasinya adalah syarat mutlak keberhasilan sebuah pengajaran di perguruan tinggi. Termasuk Prodi Pendidikan Agama Islam UMS sebagai bagian penting di dalamnya. Oleh karena itu penelitian ini hadir untuk memberikan kerangka atau gambaran peta jalan bagaimana design kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan para pengguna atau user. Selain itu, tulisan ini menjadi penting, karena mencoba melihat tingkat kepuasan stakeholder dalam hal ini sekolah (negeri dan swasta) terhadap kompetensi lulusan Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta baik pada aspek kompetensi peadagogik, kepribadian, sosial maupun profesional. Dengan kata lain tulisan ini bermaksud memotret dan membahas tingkat kepuasan sekolah atau lembaga pendidikan yang menjadi stakeholder atau user alumni Prodi PAI hingga mampu memunculkan rekomendasi untuk diimplementasikan pada kurikulum yang tepat bagi pengembangan Prodi PAI. Universitas Muhammadiyah Surakarta Universitas Muhammadiyah Surakarta 2023-01-05 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/suhuf/article/view/20948 10.23917/suhuf.v34i2.20948 SUHUF; Vol 34, No 2 (2022): November; 118-140 2527-2934 0852-386X eng https://journals.ums.ac.id/index.php/suhuf/article/view/20948/8044 Copyright (c) 2022 Suhuf https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
spellingShingle | Pendidikan Agama Islam Kurikulum, Pendidikan Islam, Pemangku Kepentingan Ali, Mohamad Dartim, Dartim Azani, Mohammad Zakki Inayati, Nurul Latifatul Istanto, Istanto ANALISIS RELEVANSI DESIGN KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KEBUTUHAN PENGGUNA LULUSAN |
title | ANALISIS RELEVANSI DESIGN KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KEBUTUHAN PENGGUNA LULUSAN |
title_full | ANALISIS RELEVANSI DESIGN KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KEBUTUHAN PENGGUNA LULUSAN |
title_fullStr | ANALISIS RELEVANSI DESIGN KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KEBUTUHAN PENGGUNA LULUSAN |
title_full_unstemmed | ANALISIS RELEVANSI DESIGN KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KEBUTUHAN PENGGUNA LULUSAN |
title_short | ANALISIS RELEVANSI DESIGN KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KEBUTUHAN PENGGUNA LULUSAN |
title_sort | analisis relevansi design kurikulum program studi pendidikan agama islam dengan kebutuhan pengguna lulusan |
topic | Pendidikan Agama Islam Kurikulum, Pendidikan Islam, Pemangku Kepentingan |
topic_facet | Pendidikan Agama Islam Kurikulum, Pendidikan Islam, Pemangku Kepentingan |
url | https://journals.ums.ac.id/index.php/suhuf/article/view/20948 |
work_keys_str_mv | AT alimohamad analisisrelevansidesignkurikulumprogramstudipendidikanagamaislamdengankebutuhanpenggunalulusan AT dartimdartim analisisrelevansidesignkurikulumprogramstudipendidikanagamaislamdengankebutuhanpenggunalulusan AT azanimohammadzakki analisisrelevansidesignkurikulumprogramstudipendidikanagamaislamdengankebutuhanpenggunalulusan AT inayatinurullatifatul analisisrelevansidesignkurikulumprogramstudipendidikanagamaislamdengankebutuhanpenggunalulusan AT istantoistanto analisisrelevansidesignkurikulumprogramstudipendidikanagamaislamdengankebutuhanpenggunalulusan |