ANALISIS RELEVANSI DESIGN KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KEBUTUHAN PENGGUNA LULUSAN

Adanya kesesuaian proses pada Program Studi dalam menghasilkan lulusan yang dibutuhkan oleh pengguna dan kerangka kurikulum yang tepat dalam implementasinya adalah syarat mutlak keberhasilan sebuah pengajaran di perguruan tinggi. Termasuk Prodi Pendidikan Agama Islam UMS sebagai bagian penting di da...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Ali, Mohamad, Dartim, Dartim, Azani, Mohammad Zakki, Inayati, Nurul Latifatul, Istanto, Istanto
Format: UMS Journal (OJS)
Language:eng
Published: Universitas Muhammadiyah Surakarta 2023
Subjects:
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/suhuf/article/view/20948
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1805337413423202304
author Ali, Mohamad
Dartim, Dartim
Azani, Mohammad Zakki
Inayati, Nurul Latifatul
Istanto, Istanto
author_facet Ali, Mohamad
Dartim, Dartim
Azani, Mohammad Zakki
Inayati, Nurul Latifatul
Istanto, Istanto
author_sort Ali, Mohamad
collection OJS
description Adanya kesesuaian proses pada Program Studi dalam menghasilkan lulusan yang dibutuhkan oleh pengguna dan kerangka kurikulum yang tepat dalam implementasinya adalah syarat mutlak keberhasilan sebuah pengajaran di perguruan tinggi. Termasuk Prodi Pendidikan Agama Islam UMS sebagai bagian penting di dalamnya. Oleh karena itu penelitian ini hadir untuk memberikan kerangka atau gambaran peta jalan bagaimana design kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan para pengguna atau user. Selain itu, tulisan ini menjadi penting, karena mencoba melihat tingkat kepuasan stakeholder dalam hal ini sekolah (negeri dan swasta) terhadap kompetensi lulusan Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta baik pada aspek kompetensi peadagogik, kepribadian, sosial maupun profesional. Dengan kata lain tulisan ini bermaksud memotret dan membahas tingkat kepuasan sekolah atau lembaga pendidikan yang menjadi stakeholder atau user alumni Prodi PAI hingga mampu memunculkan rekomendasi untuk diimplementasikan pada kurikulum yang tepat bagi pengembangan Prodi PAI.
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-20948
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language eng
publishDate 2023
publisher Universitas Muhammadiyah Surakarta
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-20948 ANALISIS RELEVANSI DESIGN KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KEBUTUHAN PENGGUNA LULUSAN Ali, Mohamad Dartim, Dartim Azani, Mohammad Zakki Inayati, Nurul Latifatul Istanto, Istanto Pendidikan Agama Islam Kurikulum, Pendidikan Islam, Pemangku Kepentingan Adanya kesesuaian proses pada Program Studi dalam menghasilkan lulusan yang dibutuhkan oleh pengguna dan kerangka kurikulum yang tepat dalam implementasinya adalah syarat mutlak keberhasilan sebuah pengajaran di perguruan tinggi. Termasuk Prodi Pendidikan Agama Islam UMS sebagai bagian penting di dalamnya. Oleh karena itu penelitian ini hadir untuk memberikan kerangka atau gambaran peta jalan bagaimana design kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan para pengguna atau user. Selain itu, tulisan ini menjadi penting, karena mencoba melihat tingkat kepuasan stakeholder dalam hal ini sekolah (negeri dan swasta) terhadap kompetensi lulusan Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta baik pada aspek kompetensi peadagogik, kepribadian, sosial maupun profesional. Dengan kata lain tulisan ini bermaksud memotret dan membahas tingkat kepuasan sekolah atau lembaga pendidikan yang menjadi stakeholder atau user alumni Prodi PAI hingga mampu memunculkan rekomendasi untuk diimplementasikan pada kurikulum yang tepat bagi pengembangan Prodi PAI. Universitas Muhammadiyah Surakarta Universitas Muhammadiyah Surakarta 2023-01-05 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/suhuf/article/view/20948 10.23917/suhuf.v34i2.20948 SUHUF; Vol 34, No 2 (2022): November; 118-140 2527-2934 0852-386X eng https://journals.ums.ac.id/index.php/suhuf/article/view/20948/8044 Copyright (c) 2022 Suhuf https://creativecommons.org/licenses/by/4.0
spellingShingle Pendidikan Agama Islam
Kurikulum, Pendidikan Islam, Pemangku Kepentingan
Ali, Mohamad
Dartim, Dartim
Azani, Mohammad Zakki
Inayati, Nurul Latifatul
Istanto, Istanto
ANALISIS RELEVANSI DESIGN KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KEBUTUHAN PENGGUNA LULUSAN
title ANALISIS RELEVANSI DESIGN KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KEBUTUHAN PENGGUNA LULUSAN
title_full ANALISIS RELEVANSI DESIGN KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KEBUTUHAN PENGGUNA LULUSAN
title_fullStr ANALISIS RELEVANSI DESIGN KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KEBUTUHAN PENGGUNA LULUSAN
title_full_unstemmed ANALISIS RELEVANSI DESIGN KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KEBUTUHAN PENGGUNA LULUSAN
title_short ANALISIS RELEVANSI DESIGN KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN KEBUTUHAN PENGGUNA LULUSAN
title_sort analisis relevansi design kurikulum program studi pendidikan agama islam dengan kebutuhan pengguna lulusan
topic Pendidikan Agama Islam
Kurikulum, Pendidikan Islam, Pemangku Kepentingan
topic_facet Pendidikan Agama Islam
Kurikulum, Pendidikan Islam, Pemangku Kepentingan
url https://journals.ums.ac.id/index.php/suhuf/article/view/20948
work_keys_str_mv AT alimohamad analisisrelevansidesignkurikulumprogramstudipendidikanagamaislamdengankebutuhanpenggunalulusan
AT dartimdartim analisisrelevansidesignkurikulumprogramstudipendidikanagamaislamdengankebutuhanpenggunalulusan
AT azanimohammadzakki analisisrelevansidesignkurikulumprogramstudipendidikanagamaislamdengankebutuhanpenggunalulusan
AT inayatinurullatifatul analisisrelevansidesignkurikulumprogramstudipendidikanagamaislamdengankebutuhanpenggunalulusan
AT istantoistanto analisisrelevansidesignkurikulumprogramstudipendidikanagamaislamdengankebutuhanpenggunalulusan