Pengembangan Multiplatform Game 2D Pengenalan Nama Benda Dalam 3 Bahasa Untuk Anak Usia Dini

Saat ini teknologi maju yang baru masih berkembang pesat di banyak area. Sudah banyak permainan dan aplikasi yang canggih dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Setiap hari muncul jenis aplikasi baru, contohnya EduGame. Pada beberapa waktu yang lalu game pembelajaran sudah mulai banyak dikenal denga...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Nurchasanah, Emy, Sudarmilah, Endah
Format: UMS Journal (OJS)
Language:ind
Published: Department of Informatics, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia 2016
Subjects:
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/2075
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1805342487351394304
author Nurchasanah, Emy
Sudarmilah, Endah
author_facet Nurchasanah, Emy
Sudarmilah, Endah
author_sort Nurchasanah, Emy
collection OJS
description Saat ini teknologi maju yang baru masih berkembang pesat di banyak area. Sudah banyak permainan dan aplikasi yang canggih dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Setiap hari muncul jenis aplikasi baru, contohnya EduGame. Pada beberapa waktu yang lalu game pembelajaran sudah mulai banyak dikenal dengan berbagai variasi dan jenis. Di mulai untuk anak usia dini hingga sekolah menengah atas. Pada saat ini anak-anak usia dini lebih pandai dari pada anak-anak jaman dahulu. Dikarenakan pada masa saat ini teknologi sudah semakin maju dan lebih baik. Mereka dapat dengan mudah mengoprasikan alat elektronik seperti Tablet PC, Android dan Computer. Penelitian kali ini penulis ingin membuat Game pembelajaran bagi anak usia dini  dalam pengenalan nama-nama benda dengan mengambil contoh buah, sayur dan hewan dalam tiga bahasa Indonesia-Inggris-Jepang agar mampu mengembangkan pengetahuan anak melalui game. Metode yang akan di gunakan adalah SDLC (System Development Life Cycle) dimana dalam merancang dan pembuatannya melalui tahap definisi kebutuhan, analisis , desain sistem, pembangunan, pengujian dan perawatan   Penerapan game tersebut akan dapat di gunakan dalam Tablet PC, Android ataupun Computer. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menurut responden guru  sebesar 96% aplikasi ini dapat menjadi media pembelajaran yang sesuai untuk anak usia dini dan 92% menyatakan aplikasi ini menarik untuk anak-anak.
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-2075
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language ind
publishDate 2016
publisher Department of Informatics, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-2075 Pengembangan Multiplatform Game 2D Pengenalan Nama Benda Dalam 3 Bahasa Untuk Anak Usia Dini Nurchasanah, Emy Sudarmilah, Endah Edugame; Bahasa; Pembelajaran; Android; Computer Saat ini teknologi maju yang baru masih berkembang pesat di banyak area. Sudah banyak permainan dan aplikasi yang canggih dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Setiap hari muncul jenis aplikasi baru, contohnya EduGame. Pada beberapa waktu yang lalu game pembelajaran sudah mulai banyak dikenal dengan berbagai variasi dan jenis. Di mulai untuk anak usia dini hingga sekolah menengah atas. Pada saat ini anak-anak usia dini lebih pandai dari pada anak-anak jaman dahulu. Dikarenakan pada masa saat ini teknologi sudah semakin maju dan lebih baik. Mereka dapat dengan mudah mengoprasikan alat elektronik seperti Tablet PC, Android dan Computer. Penelitian kali ini penulis ingin membuat Game pembelajaran bagi anak usia dini  dalam pengenalan nama-nama benda dengan mengambil contoh buah, sayur dan hewan dalam tiga bahasa Indonesia-Inggris-Jepang agar mampu mengembangkan pengetahuan anak melalui game. Metode yang akan di gunakan adalah SDLC (System Development Life Cycle) dimana dalam merancang dan pembuatannya melalui tahap definisi kebutuhan, analisis , desain sistem, pembangunan, pengujian dan perawatan   Penerapan game tersebut akan dapat di gunakan dalam Tablet PC, Android ataupun Computer. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menurut responden guru  sebesar 96% aplikasi ini dapat menjadi media pembelajaran yang sesuai untuk anak usia dini dan 92% menyatakan aplikasi ini menarik untuk anak-anak. Department of Informatics, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia 2016-12-30 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/2075 10.23917/khif.v2i2.2075 Khazanah Informatika : Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika; Vol. 2 No. 2 Desember 2016; 64-71 Khazanah Informatika; Vol. 2 No. 2 Desember 2016; 64-71 2477-698X 2621-038X ind https://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/2075/1855 Copyright (c) 2016 Khazanah Informatika http://creativecommons.org/licenses/by/4.0
spellingShingle Edugame; Bahasa; Pembelajaran; Android; Computer
Nurchasanah, Emy
Sudarmilah, Endah
Pengembangan Multiplatform Game 2D Pengenalan Nama Benda Dalam 3 Bahasa Untuk Anak Usia Dini
title Pengembangan Multiplatform Game 2D Pengenalan Nama Benda Dalam 3 Bahasa Untuk Anak Usia Dini
title_full Pengembangan Multiplatform Game 2D Pengenalan Nama Benda Dalam 3 Bahasa Untuk Anak Usia Dini
title_fullStr Pengembangan Multiplatform Game 2D Pengenalan Nama Benda Dalam 3 Bahasa Untuk Anak Usia Dini
title_full_unstemmed Pengembangan Multiplatform Game 2D Pengenalan Nama Benda Dalam 3 Bahasa Untuk Anak Usia Dini
title_short Pengembangan Multiplatform Game 2D Pengenalan Nama Benda Dalam 3 Bahasa Untuk Anak Usia Dini
title_sort pengembangan multiplatform game 2d pengenalan nama benda dalam 3 bahasa untuk anak usia dini
topic Edugame; Bahasa; Pembelajaran; Android; Computer
topic_facet Edugame; Bahasa; Pembelajaran; Android; Computer
url https://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/2075
work_keys_str_mv AT nurchasanahemy pengembanganmultiplatformgame2dpengenalannamabendadalam3bahasauntukanakusiadini
AT sudarmilahendah pengembanganmultiplatformgame2dpengenalannamabendadalam3bahasauntukanakusiadini