Pengembangan Multiplatform Game 2D Pengenalan Nama Benda Dalam 3 Bahasa Untuk Anak Usia Dini
Saat ini teknologi maju yang baru masih berkembang pesat di banyak area. Sudah banyak permainan dan aplikasi yang canggih dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Setiap hari muncul jenis aplikasi baru, contohnya EduGame. Pada beberapa waktu yang lalu game pembelajaran sudah mulai banyak dikenal denga...
Saved in:
Main Authors: | , |
---|---|
Format: | UMS Journal (OJS) |
Language: | ind |
Published: |
Department of Informatics, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
2016
|
Subjects: | |
Online Access: | https://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/2075 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1805342487351394304 |
---|---|
author | Nurchasanah, Emy Sudarmilah, Endah |
author_facet | Nurchasanah, Emy Sudarmilah, Endah |
author_sort | Nurchasanah, Emy |
collection | OJS |
description | Saat ini teknologi maju yang baru masih berkembang pesat di banyak area. Sudah banyak permainan dan aplikasi yang canggih dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Setiap hari muncul jenis aplikasi baru, contohnya EduGame. Pada beberapa waktu yang lalu game pembelajaran sudah mulai banyak dikenal dengan berbagai variasi dan jenis. Di mulai untuk anak usia dini hingga sekolah menengah atas. Pada saat ini anak-anak usia dini lebih pandai dari pada anak-anak jaman dahulu. Dikarenakan pada masa saat ini teknologi sudah semakin maju dan lebih baik. Mereka dapat dengan mudah mengoprasikan alat elektronik seperti Tablet PC, Android dan Computer. Penelitian kali ini penulis ingin membuat Game pembelajaran bagi anak usia dini dalam pengenalan nama-nama benda dengan mengambil contoh buah, sayur dan hewan dalam tiga bahasa Indonesia-Inggris-Jepang agar mampu mengembangkan pengetahuan anak melalui game. Metode yang akan di gunakan adalah SDLC (System Development Life Cycle) dimana dalam merancang dan pembuatannya melalui tahap definisi kebutuhan, analisis , desain sistem, pembangunan, pengujian dan perawatan Penerapan game tersebut akan dapat di gunakan dalam Tablet PC, Android ataupun Computer. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menurut responden guru sebesar 96% aplikasi ini dapat menjadi media pembelajaran yang sesuai untuk anak usia dini dan 92% menyatakan aplikasi ini menarik untuk anak-anak. |
format | UMS Journal (OJS) |
id | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-2075 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | ind |
publishDate | 2016 |
publisher | Department of Informatics, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia |
record_format | ojs |
spelling | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-2075 Pengembangan Multiplatform Game 2D Pengenalan Nama Benda Dalam 3 Bahasa Untuk Anak Usia Dini Nurchasanah, Emy Sudarmilah, Endah Edugame; Bahasa; Pembelajaran; Android; Computer Saat ini teknologi maju yang baru masih berkembang pesat di banyak area. Sudah banyak permainan dan aplikasi yang canggih dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Setiap hari muncul jenis aplikasi baru, contohnya EduGame. Pada beberapa waktu yang lalu game pembelajaran sudah mulai banyak dikenal dengan berbagai variasi dan jenis. Di mulai untuk anak usia dini hingga sekolah menengah atas. Pada saat ini anak-anak usia dini lebih pandai dari pada anak-anak jaman dahulu. Dikarenakan pada masa saat ini teknologi sudah semakin maju dan lebih baik. Mereka dapat dengan mudah mengoprasikan alat elektronik seperti Tablet PC, Android dan Computer. Penelitian kali ini penulis ingin membuat Game pembelajaran bagi anak usia dini dalam pengenalan nama-nama benda dengan mengambil contoh buah, sayur dan hewan dalam tiga bahasa Indonesia-Inggris-Jepang agar mampu mengembangkan pengetahuan anak melalui game. Metode yang akan di gunakan adalah SDLC (System Development Life Cycle) dimana dalam merancang dan pembuatannya melalui tahap definisi kebutuhan, analisis , desain sistem, pembangunan, pengujian dan perawatan Penerapan game tersebut akan dapat di gunakan dalam Tablet PC, Android ataupun Computer. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menurut responden guru sebesar 96% aplikasi ini dapat menjadi media pembelajaran yang sesuai untuk anak usia dini dan 92% menyatakan aplikasi ini menarik untuk anak-anak. Department of Informatics, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia 2016-12-30 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/2075 10.23917/khif.v2i2.2075 Khazanah Informatika : Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika; Vol. 2 No. 2 Desember 2016; 64-71 Khazanah Informatika; Vol. 2 No. 2 Desember 2016; 64-71 2477-698X 2621-038X ind https://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/2075/1855 Copyright (c) 2016 Khazanah Informatika http://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
spellingShingle | Edugame; Bahasa; Pembelajaran; Android; Computer Nurchasanah, Emy Sudarmilah, Endah Pengembangan Multiplatform Game 2D Pengenalan Nama Benda Dalam 3 Bahasa Untuk Anak Usia Dini |
title | Pengembangan Multiplatform Game 2D Pengenalan Nama Benda Dalam 3 Bahasa Untuk Anak Usia Dini |
title_full | Pengembangan Multiplatform Game 2D Pengenalan Nama Benda Dalam 3 Bahasa Untuk Anak Usia Dini |
title_fullStr | Pengembangan Multiplatform Game 2D Pengenalan Nama Benda Dalam 3 Bahasa Untuk Anak Usia Dini |
title_full_unstemmed | Pengembangan Multiplatform Game 2D Pengenalan Nama Benda Dalam 3 Bahasa Untuk Anak Usia Dini |
title_short | Pengembangan Multiplatform Game 2D Pengenalan Nama Benda Dalam 3 Bahasa Untuk Anak Usia Dini |
title_sort | pengembangan multiplatform game 2d pengenalan nama benda dalam 3 bahasa untuk anak usia dini |
topic | Edugame; Bahasa; Pembelajaran; Android; Computer |
topic_facet | Edugame; Bahasa; Pembelajaran; Android; Computer |
url | https://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/2075 |
work_keys_str_mv | AT nurchasanahemy pengembanganmultiplatformgame2dpengenalannamabendadalam3bahasauntukanakusiadini AT sudarmilahendah pengembanganmultiplatformgame2dpengenalannamabendadalam3bahasauntukanakusiadini |