Edukasi Nilai-nilai Karakter Pelajar Pancasila Terhadap Anak Imigran Indonesia di Wilayah Gombak, Malaysia
Pendidikan menjadi dasar dalam membentuk karakter anak. Namun ternyata pendidikan masih belum dirasakan oleh anak-anak imigran Indonesia yang tidak memiliki dokumen penting, sehingga mereka merasakan kesulitan dalam mendapatkan pendidikan di Negara lain. Hal tersebut menjadi urgensi dalam penelitian...
Gespeichert in:
Hauptverfasser: | , |
---|---|
Format: | UMS Journal (OJS) |
Sprache: | eng |
Veröffentlicht: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
2022
|
Schlagworte: | |
Online Zugang: | https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/19707 |
Tags: |
Tag hinzufügen
Keine Tags, Fügen Sie den ersten Tag hinzu!
|
Zusammenfassung: | Pendidikan menjadi dasar dalam membentuk karakter anak. Namun ternyata pendidikan masih belum dirasakan oleh anak-anak imigran Indonesia yang tidak memiliki dokumen penting, sehingga mereka merasakan kesulitan dalam mendapatkan pendidikan di Negara lain. Hal tersebut menjadi urgensi dalam penelitian ini untuk mengembangkan pendidikan karakter dan menumbuhkan rasa nasionalisme melalui pendidikan. Tujuan dalam pengabdian ini yaitu untuk memberikan edukasi nilai-nilai karakter pelajar pancasila terhadap anak imigran Indonesia di wilayah Gombak, Malaysia. Adapun metode pengabdian dilakukan melalui sanggar belajar di wilayah Gombak, Malaysia. Dan hasil pengabdian menunjukan bahwa mereka semakin meningkat dalam penanaman pendidikan karakter dan rasa nasionalisme melalui proses penanaman edukasi karakter nilai-nilai karakter pelajar pancasila secara berkala. |
---|