Edukasi Nilai-nilai Karakter Pelajar Pancasila Terhadap Anak Imigran Indonesia di Wilayah Gombak, Malaysia

Pendidikan menjadi dasar dalam membentuk karakter anak. Namun ternyata pendidikan masih belum dirasakan oleh anak-anak imigran Indonesia yang tidak memiliki dokumen penting, sehingga mereka merasakan kesulitan dalam mendapatkan pendidikan di Negara lain. Hal tersebut menjadi urgensi dalam penelitian...

Ausführliche Beschreibung

Gespeichert in:
Bibliographische Detailangaben
Hauptverfasser: Muhtarom, Herdin, Andi, Andi
Format: UMS Journal (OJS)
Sprache:eng
Veröffentlicht: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2022
Schlagworte:
Online Zugang:https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/19707
Tags: Tag hinzufügen
Keine Tags, Fügen Sie den ersten Tag hinzu!
Beschreibung
Zusammenfassung:Pendidikan menjadi dasar dalam membentuk karakter anak. Namun ternyata pendidikan masih belum dirasakan oleh anak-anak imigran Indonesia yang tidak memiliki dokumen penting, sehingga mereka merasakan kesulitan dalam mendapatkan pendidikan di Negara lain. Hal tersebut menjadi urgensi dalam penelitian ini untuk mengembangkan pendidikan karakter dan menumbuhkan rasa nasionalisme melalui pendidikan. Tujuan dalam pengabdian ini yaitu untuk memberikan edukasi nilai-nilai karakter pelajar pancasila terhadap anak imigran Indonesia di wilayah Gombak, Malaysia. Adapun metode pengabdian dilakukan melalui sanggar belajar di wilayah Gombak, Malaysia. Dan hasil pengabdian menunjukan bahwa mereka semakin meningkat dalam penanaman pendidikan karakter dan rasa nasionalisme melalui proses penanaman edukasi karakter nilai-nilai karakter pelajar pancasila secara berkala.