Media dan Respons Siswa dalam Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19
Pola pembelajaran pada situasi pandemi Covid-19 mendapat perhatian lebih, karena situasi ini dianggap baru dan masih mencari cara untuk tetap melaksanakan pembelajaran walaupun tengah situasi seperti ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) respons siswa terhadap sistem pembelajaran o...
Saved in:
Main Authors: | , , , |
---|---|
Format: | UMS Journal (OJS) |
Language: | eng |
Published: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
2022
|
Online Access: | https://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/19427 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1805336782884044800 |
---|---|
author | Jayanti, Dwi Agustin, Dwi Nur fitriya Johansyah, Muhammad Fahmi Widyaruli, Astri |
author_facet | Jayanti, Dwi Agustin, Dwi Nur fitriya Johansyah, Muhammad Fahmi Widyaruli, Astri |
author_sort | Jayanti, Dwi |
collection | OJS |
description | Pola pembelajaran pada situasi pandemi Covid-19 mendapat perhatian lebih, karena situasi ini dianggap baru dan masih mencari cara untuk tetap melaksanakan pembelajaran walaupun tengah situasi seperti ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) respons siswa terhadap sistem pembelajaran online dan offline pada masa pandemi Covid-19. (2) faktor pendukung dan penghambat penerapan metode pembelajaran online-offline di masa pandemi Covid-19. (3) perbedaan media pembelajaran serta hasil belajar online dan pembelajaran offline pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskripsi kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa, proses pembelajaran mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi pada seorang siswa SMP Muhammadiyah 1 Sragen dan mata pelajaran Jaringan Dasar di SMK Muhammadiyah 1 Boyolali. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Implementasi pembelajaran secara online dan offline dalam pembelajaran siswa sekolah disesuaikan dengan tingkatan jenjang sekolah dan peraturan dari dinas yang terkait yang mengatur sistem pembelajaran online dan offline ini. Hasilnya menunjukkan strategi pembelajaran dilakukan dengan mengamati para siswa untuk belajar secara daring dan belajar secara luring, ini dikarenakan situasi yang dialami oleh siswa untuk memaksimalkan hasil belajarnya. Faktor penghambat untuk melaksanakan pembelajaran online dan offline yaitu masih sulitnya pembagian waktu dari siswa dengan pihak sekolah, kuota internet untuk pembelajaran daring. Faktor pendukung pembelajaran online dan offline yaitu kemauan dan keikutsertaan dari siswa tersebut untuk mengikuti pembelajaran, lingkungan sekolah. |
format | UMS Journal (OJS) |
id | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-19427 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | eng |
publishDate | 2022 |
publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta |
record_format | ojs |
spelling | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-19427 Media dan Respons Siswa dalam Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19 Jayanti, Dwi Agustin, Dwi Nur fitriya Johansyah, Muhammad Fahmi Widyaruli, Astri Pola pembelajaran pada situasi pandemi Covid-19 mendapat perhatian lebih, karena situasi ini dianggap baru dan masih mencari cara untuk tetap melaksanakan pembelajaran walaupun tengah situasi seperti ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) respons siswa terhadap sistem pembelajaran online dan offline pada masa pandemi Covid-19. (2) faktor pendukung dan penghambat penerapan metode pembelajaran online-offline di masa pandemi Covid-19. (3) perbedaan media pembelajaran serta hasil belajar online dan pembelajaran offline pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskripsi kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa, proses pembelajaran mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi pada seorang siswa SMP Muhammadiyah 1 Sragen dan mata pelajaran Jaringan Dasar di SMK Muhammadiyah 1 Boyolali. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Implementasi pembelajaran secara online dan offline dalam pembelajaran siswa sekolah disesuaikan dengan tingkatan jenjang sekolah dan peraturan dari dinas yang terkait yang mengatur sistem pembelajaran online dan offline ini. Hasilnya menunjukkan strategi pembelajaran dilakukan dengan mengamati para siswa untuk belajar secara daring dan belajar secara luring, ini dikarenakan situasi yang dialami oleh siswa untuk memaksimalkan hasil belajarnya. Faktor penghambat untuk melaksanakan pembelajaran online dan offline yaitu masih sulitnya pembagian waktu dari siswa dengan pihak sekolah, kuota internet untuk pembelajaran daring. Faktor pendukung pembelajaran online dan offline yaitu kemauan dan keikutsertaan dari siswa tersebut untuk mengikuti pembelajaran, lingkungan sekolah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2022-07-22 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/19427 10.23917/bppp.v4i1.19427 Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran; Vol 4, No 1 (2022): Vol 4, No. 1, Juli 2022 2721-3404 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/19427/7806 Copyright (c) 2022 Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran |
spellingShingle | Jayanti, Dwi Agustin, Dwi Nur fitriya Johansyah, Muhammad Fahmi Widyaruli, Astri Media dan Respons Siswa dalam Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19 |
title | Media dan Respons Siswa dalam Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19 |
title_full | Media dan Respons Siswa dalam Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19 |
title_fullStr | Media dan Respons Siswa dalam Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19 |
title_full_unstemmed | Media dan Respons Siswa dalam Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19 |
title_short | Media dan Respons Siswa dalam Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19 |
title_sort | media dan respons siswa dalam pembelajaran daring dan luring pada masa pandemi covid 19 |
url | https://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/19427 |
work_keys_str_mv | AT jayantidwi mediadanresponssiswadalampembelajarandaringdanluringpadamasapandemicovid19 AT agustindwinurfitriya mediadanresponssiswadalampembelajarandaringdanluringpadamasapandemicovid19 AT johansyahmuhammadfahmi mediadanresponssiswadalampembelajarandaringdanluringpadamasapandemicovid19 AT widyaruliastri mediadanresponssiswadalampembelajarandaringdanluringpadamasapandemicovid19 |