Media dan Respons Siswa dalam Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19

Pola pembelajaran pada situasi pandemi Covid-19 mendapat perhatian lebih, karena situasi ini dianggap baru dan masih mencari cara untuk tetap melaksanakan pembelajaran walaupun tengah situasi seperti ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) respons siswa terhadap sistem pembelajaran o...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Jayanti, Dwi, Agustin, Dwi Nur fitriya, Johansyah, Muhammad Fahmi, Widyaruli, Astri
Format: UMS Journal (OJS)
Language:eng
Published: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2022
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/19427
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1805336782884044800
author Jayanti, Dwi
Agustin, Dwi Nur fitriya
Johansyah, Muhammad Fahmi
Widyaruli, Astri
author_facet Jayanti, Dwi
Agustin, Dwi Nur fitriya
Johansyah, Muhammad Fahmi
Widyaruli, Astri
author_sort Jayanti, Dwi
collection OJS
description Pola pembelajaran pada situasi pandemi Covid-19 mendapat perhatian lebih, karena situasi ini dianggap baru dan masih mencari cara untuk tetap melaksanakan pembelajaran walaupun tengah situasi seperti ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) respons siswa terhadap sistem pembelajaran online dan offline pada masa pandemi Covid-19. (2) faktor pendukung dan penghambat penerapan metode pembelajaran online-offline di masa pandemi Covid-19. (3) perbedaan media pembelajaran serta hasil belajar online dan pembelajaran offline pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskripsi kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa, proses pembelajaran mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi pada seorang siswa SMP Muhammadiyah 1 Sragen dan mata pelajaran Jaringan Dasar di SMK Muhammadiyah 1 Boyolali. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Implementasi pembelajaran secara online dan offline dalam pembelajaran siswa sekolah disesuaikan dengan tingkatan jenjang sekolah dan peraturan dari dinas yang terkait yang mengatur sistem pembelajaran online dan offline ini. Hasilnya menunjukkan strategi pembelajaran dilakukan dengan mengamati para siswa untuk belajar secara daring dan belajar secara luring, ini dikarenakan situasi yang dialami oleh siswa untuk memaksimalkan hasil belajarnya. Faktor penghambat untuk melaksanakan pembelajaran online dan offline yaitu masih sulitnya pembagian waktu dari siswa dengan pihak sekolah, kuota internet untuk pembelajaran daring. Faktor pendukung pembelajaran online dan offline yaitu kemauan dan keikutsertaan dari siswa tersebut untuk mengikuti pembelajaran, lingkungan sekolah.
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-19427
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language eng
publishDate 2022
publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-19427 Media dan Respons Siswa dalam Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19 Jayanti, Dwi Agustin, Dwi Nur fitriya Johansyah, Muhammad Fahmi Widyaruli, Astri Pola pembelajaran pada situasi pandemi Covid-19 mendapat perhatian lebih, karena situasi ini dianggap baru dan masih mencari cara untuk tetap melaksanakan pembelajaran walaupun tengah situasi seperti ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) respons siswa terhadap sistem pembelajaran online dan offline pada masa pandemi Covid-19. (2) faktor pendukung dan penghambat penerapan metode pembelajaran online-offline di masa pandemi Covid-19. (3) perbedaan media pembelajaran serta hasil belajar online dan pembelajaran offline pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskripsi kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa, proses pembelajaran mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi pada seorang siswa SMP Muhammadiyah 1 Sragen dan mata pelajaran Jaringan Dasar di SMK Muhammadiyah 1 Boyolali. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Implementasi pembelajaran secara online dan offline dalam pembelajaran siswa sekolah disesuaikan dengan tingkatan jenjang sekolah dan peraturan dari dinas yang terkait yang mengatur sistem pembelajaran online dan offline ini. Hasilnya menunjukkan strategi pembelajaran dilakukan dengan mengamati para siswa untuk belajar secara daring dan belajar secara luring, ini dikarenakan situasi yang dialami oleh siswa untuk memaksimalkan hasil belajarnya. Faktor penghambat untuk melaksanakan pembelajaran online dan offline yaitu masih sulitnya pembagian waktu dari siswa dengan pihak sekolah, kuota internet untuk pembelajaran daring. Faktor pendukung pembelajaran online dan offline yaitu kemauan dan keikutsertaan dari siswa tersebut untuk mengikuti pembelajaran, lingkungan sekolah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2022-07-22 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/19427 10.23917/bppp.v4i1.19427 Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran; Vol 4, No 1 (2022): Vol 4, No. 1, Juli 2022 2721-3404 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/19427/7806 Copyright (c) 2022 Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran
spellingShingle Jayanti, Dwi
Agustin, Dwi Nur fitriya
Johansyah, Muhammad Fahmi
Widyaruli, Astri
Media dan Respons Siswa dalam Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19
title Media dan Respons Siswa dalam Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19
title_full Media dan Respons Siswa dalam Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19
title_fullStr Media dan Respons Siswa dalam Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19
title_full_unstemmed Media dan Respons Siswa dalam Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19
title_short Media dan Respons Siswa dalam Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19
title_sort media dan respons siswa dalam pembelajaran daring dan luring pada masa pandemi covid 19
url https://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/19427
work_keys_str_mv AT jayantidwi mediadanresponssiswadalampembelajarandaringdanluringpadamasapandemicovid19
AT agustindwinurfitriya mediadanresponssiswadalampembelajarandaringdanluringpadamasapandemicovid19
AT johansyahmuhammadfahmi mediadanresponssiswadalampembelajarandaringdanluringpadamasapandemicovid19
AT widyaruliastri mediadanresponssiswadalampembelajarandaringdanluringpadamasapandemicovid19