Implementasi Nilai Pendidikan Karakter di Homeschooling

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengidentifikasi (1)  implementasi  nilai pendidikan  karakter,  (2) nilai-nilai  karakter  yang  ditanamkan,  (3)  faktor  pendukung  dan  penghambat,  dan  (4)  hasil dari  implementasi  pendidikan  karakter  di  Institute President School Bekasi.  Penelitian  in...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Febiyanti, Febiyanti, Desiyanti, Ayu, Fadhilah, Rohmaniatul, Susilo, Agus
Format: UMS Journal (OJS)
Language:eng
Published: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2021
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/19389
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1805336782302085120
author Febiyanti, Febiyanti
Desiyanti, Ayu
Fadhilah, Rohmaniatul
Susilo, Agus
author_facet Febiyanti, Febiyanti
Desiyanti, Ayu
Fadhilah, Rohmaniatul
Susilo, Agus
author_sort Febiyanti, Febiyanti
collection OJS
description Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengidentifikasi (1)  implementasi  nilai pendidikan  karakter,  (2) nilai-nilai  karakter  yang  ditanamkan,  (3)  faktor  pendukung  dan  penghambat,  dan  (4)  hasil dari  implementasi  pendidikan  karakter  di  Institute President School Bekasi.  Penelitian  ini  menggunakan pendekatan  kualitatif  dengan  studi  kasus.  Subjek  penelitian  adalah  kepala  sekolah,  tutor, orang tua,  dan  homeschooler  kelas 10  dan 11 jenjang  SMA.  Pengumpulan  data  dilakukan  melalui  wawancara, observasi,  dan  dokumentasi.  Keabsahan  data  dilakukan  melalui  pengamatan  terus  menerus dan trianggulasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Implementasi pendidikan karak- ter dilakukan secara terpadu pada mata pelajaran, manajemen sekolah, dan ekstrakurikuler (2) Nilai-nilai  karakter  yang  ditanamkan  kepada  homeschooler  mengacu  pada  finger  print  scan yaitu  tanggung  jawab,  rasa  hormat,  keadilan,  keberanian,  jujur,  disiplin,  peduli,  ketekunan, dan  kemandirian.  (3)  Faktor  pendukung  yaitu  pendekatan  secara  personal  dan  faktor  peng- hambat  yaitu  latar  belakang  keluarga  yang  sering  memanjakan  anak.  (4)  Hasil  dari  implementasi  pendidikan  karakter  adalah  perubahan  sikap  dan  peningkatan  hasil  belajar  homeschooler.
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-19389
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language eng
publishDate 2021
publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-19389 Implementasi Nilai Pendidikan Karakter di Homeschooling Febiyanti, Febiyanti Desiyanti, Ayu Fadhilah, Rohmaniatul Susilo, Agus Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengidentifikasi (1)  implementasi  nilai pendidikan  karakter,  (2) nilai-nilai  karakter  yang  ditanamkan,  (3)  faktor  pendukung  dan  penghambat,  dan  (4)  hasil dari  implementasi  pendidikan  karakter  di  Institute President School Bekasi.  Penelitian  ini  menggunakan pendekatan  kualitatif  dengan  studi  kasus.  Subjek  penelitian  adalah  kepala  sekolah,  tutor, orang tua,  dan  homeschooler  kelas 10  dan 11 jenjang  SMA.  Pengumpulan  data  dilakukan  melalui  wawancara, observasi,  dan  dokumentasi.  Keabsahan  data  dilakukan  melalui  pengamatan  terus  menerus dan trianggulasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Implementasi pendidikan karak- ter dilakukan secara terpadu pada mata pelajaran, manajemen sekolah, dan ekstrakurikuler (2) Nilai-nilai  karakter  yang  ditanamkan  kepada  homeschooler  mengacu  pada  finger  print  scan yaitu  tanggung  jawab,  rasa  hormat,  keadilan,  keberanian,  jujur,  disiplin,  peduli,  ketekunan, dan  kemandirian.  (3)  Faktor  pendukung  yaitu  pendekatan  secara  personal  dan  faktor  peng- hambat  yaitu  latar  belakang  keluarga  yang  sering  memanjakan  anak.  (4)  Hasil  dari  implementasi  pendidikan  karakter  adalah  perubahan  sikap  dan  peningkatan  hasil  belajar  homeschooler. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2021-07-01 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/19389 10.23917/bppp.v3i1.19389 Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran; Vol 3, No 1 (2021): Vol 3 No 1 Juli 2021 2721-3404 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/19389/7815 Copyright (c) 2022 Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran
spellingShingle Febiyanti, Febiyanti
Desiyanti, Ayu
Fadhilah, Rohmaniatul
Susilo, Agus
Implementasi Nilai Pendidikan Karakter di Homeschooling
title Implementasi Nilai Pendidikan Karakter di Homeschooling
title_full Implementasi Nilai Pendidikan Karakter di Homeschooling
title_fullStr Implementasi Nilai Pendidikan Karakter di Homeschooling
title_full_unstemmed Implementasi Nilai Pendidikan Karakter di Homeschooling
title_short Implementasi Nilai Pendidikan Karakter di Homeschooling
title_sort implementasi nilai pendidikan karakter di homeschooling
url https://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/19389
work_keys_str_mv AT febiyantifebiyanti implementasinilaipendidikankarakterdihomeschooling
AT desiyantiayu implementasinilaipendidikankarakterdihomeschooling
AT fadhilahrohmaniatul implementasinilaipendidikankarakterdihomeschooling
AT susiloagus implementasinilaipendidikankarakterdihomeschooling