Implementasi Nilai Pendidikan Karakter di Homeschooling

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengidentifikasi (1)  implementasi  nilai pendidikan  karakter,  (2) nilai-nilai  karakter  yang  ditanamkan,  (3)  faktor  pendukung  dan  penghambat,  dan  (4)  hasil dari  implementasi  pendidikan  karakter  di  Institute President School Bekasi.  Penelitian  in...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Febiyanti, Febiyanti, Desiyanti, Ayu, Fadhilah, Rohmaniatul, Susilo, Agus
Format: UMS Journal (OJS)
Language:eng
Published: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2021
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/19389
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengidentifikasi (1)  implementasi  nilai pendidikan  karakter,  (2) nilai-nilai  karakter  yang  ditanamkan,  (3)  faktor  pendukung  dan  penghambat,  dan  (4)  hasil dari  implementasi  pendidikan  karakter  di  Institute President School Bekasi.  Penelitian  ini  menggunakan pendekatan  kualitatif  dengan  studi  kasus.  Subjek  penelitian  adalah  kepala  sekolah,  tutor, orang tua,  dan  homeschooler  kelas 10  dan 11 jenjang  SMA.  Pengumpulan  data  dilakukan  melalui  wawancara, observasi,  dan  dokumentasi.  Keabsahan  data  dilakukan  melalui  pengamatan  terus  menerus dan trianggulasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Implementasi pendidikan karak- ter dilakukan secara terpadu pada mata pelajaran, manajemen sekolah, dan ekstrakurikuler (2) Nilai-nilai  karakter  yang  ditanamkan  kepada  homeschooler  mengacu  pada  finger  print  scan yaitu  tanggung  jawab,  rasa  hormat,  keadilan,  keberanian,  jujur,  disiplin,  peduli,  ketekunan, dan  kemandirian.  (3)  Faktor  pendukung  yaitu  pendekatan  secara  personal  dan  faktor  peng- hambat  yaitu  latar  belakang  keluarga  yang  sering  memanjakan  anak.  (4)  Hasil  dari  implementasi  pendidikan  karakter  adalah  perubahan  sikap  dan  peningkatan  hasil  belajar  homeschooler.