Budaya Literasi Membaca di Perpustakaan untuk Meningkatkan Kompetensi Holistik bagi Siswa Sekolah Dasar
Membaca merupakan suatu tahapan awal dalam suatu proses belajar terutama bagi siswa sekolah dasar. Banyak penelitian yang mengungkap bahwa dengan kebiasaan membaca dapat meningkatkan pengetahuan dan kecerdasan seseorang. Literasi membaca bukan hanya sekedar kegiatan membaca biasa, melainkan dapat me...
Kaydedildi:
Asıl Yazarlar: | , , , , , , , |
---|---|
Materyal Türü: | UMS Journal (OJS) |
Dil: | eng |
Baskı/Yayın Bilgisi: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
2022
|
Konular: | |
Online Erişim: | https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/19185 |
Etiketler: |
Etiketle
Etiket eklenmemiş, İlk siz ekleyin!
|
_version_ | 1805340847520088064 |
---|---|
author | Afghani, Dzulfiqar Restu Prayitno, Harun Joko Jayanti, Estria Dwi Zsa-ZsaDilla, Clarisa Ayu Salsabilla, Tara Aldita Saputri, Erlin Dian Septiyanti, Nisa Dwi Siswanto, Hery |
author_facet | Afghani, Dzulfiqar Restu Prayitno, Harun Joko Jayanti, Estria Dwi Zsa-ZsaDilla, Clarisa Ayu Salsabilla, Tara Aldita Saputri, Erlin Dian Septiyanti, Nisa Dwi Siswanto, Hery |
author_sort | Afghani, Dzulfiqar Restu |
collection | OJS |
description | Membaca merupakan suatu tahapan awal dalam suatu proses belajar terutama bagi siswa sekolah dasar. Banyak penelitian yang mengungkap bahwa dengan kebiasaan membaca dapat meningkatkan pengetahuan dan kecerdasan seseorang. Literasi membaca bukan hanya sekedar kegiatan membaca biasa, melainkan dapat menjadi sebuah kegiatan yang menghasilkan budaya. Budaya membaca dapat memberikan banyak manfaat yang baik, salah satunya menumbuhkan minat membaca dan menulis. Untuk membangun sebuah budaya literasi membaca, dapat dilakukan dengan banyak cara salah satunya adalah dengan menyediakan lingkungan yang nyaman dan fasilitas yang memadai. Artikel ini memiliki tujuan yaitu untuk mendeskripsikan budaya literasi membaca siswa sekolah dasar dengan peningkatan fasilitas perpustakaan. Melalui kegiatan peningkatan fasilitas perpustakaan ini, mahasiswa KKN-Dik UMS berusaha untuk membangun budaya literasi membaca siswa-siswi di SD Negeri 02 Selokaton. Hasil yang telah dicapai adalah dengan melakukan pengoptimalan fasilitas perpustakaan, para siswa-siswi SD Negeri 02 Selokaton menjadi lebih antusias dan merasa nyaman dalam beraktivitas untuk meningkatkan minat baca di perpustakaan. |
format | UMS Journal (OJS) |
id | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-19185 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | eng |
publishDate | 2022 |
publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta |
record_format | ojs |
spelling | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-19185 Budaya Literasi Membaca di Perpustakaan untuk Meningkatkan Kompetensi Holistik bagi Siswa Sekolah Dasar Afghani, Dzulfiqar Restu Prayitno, Harun Joko Jayanti, Estria Dwi Zsa-ZsaDilla, Clarisa Ayu Salsabilla, Tara Aldita Saputri, Erlin Dian Septiyanti, Nisa Dwi Siswanto, Hery budaya literasi membaca; perpustakaan sekolah; minat baca siswa Membaca merupakan suatu tahapan awal dalam suatu proses belajar terutama bagi siswa sekolah dasar. Banyak penelitian yang mengungkap bahwa dengan kebiasaan membaca dapat meningkatkan pengetahuan dan kecerdasan seseorang. Literasi membaca bukan hanya sekedar kegiatan membaca biasa, melainkan dapat menjadi sebuah kegiatan yang menghasilkan budaya. Budaya membaca dapat memberikan banyak manfaat yang baik, salah satunya menumbuhkan minat membaca dan menulis. Untuk membangun sebuah budaya literasi membaca, dapat dilakukan dengan banyak cara salah satunya adalah dengan menyediakan lingkungan yang nyaman dan fasilitas yang memadai. Artikel ini memiliki tujuan yaitu untuk mendeskripsikan budaya literasi membaca siswa sekolah dasar dengan peningkatan fasilitas perpustakaan. Melalui kegiatan peningkatan fasilitas perpustakaan ini, mahasiswa KKN-Dik UMS berusaha untuk membangun budaya literasi membaca siswa-siswi di SD Negeri 02 Selokaton. Hasil yang telah dicapai adalah dengan melakukan pengoptimalan fasilitas perpustakaan, para siswa-siswi SD Negeri 02 Selokaton menjadi lebih antusias dan merasa nyaman dalam beraktivitas untuk meningkatkan minat baca di perpustakaan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2022-12-01 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/19185 10.23917/bkkndik.v4i2.19185 Buletin KKN Pendidikan; Vol. 4, No. 2, Desember 2022; 143-152 2716-0327 10.23917/bkkndik.v4i2 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/19185/8234 Copyright (c) 2022 Dzulfiqar Restu Afghani https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
spellingShingle | budaya literasi membaca; perpustakaan sekolah; minat baca siswa Afghani, Dzulfiqar Restu Prayitno, Harun Joko Jayanti, Estria Dwi Zsa-ZsaDilla, Clarisa Ayu Salsabilla, Tara Aldita Saputri, Erlin Dian Septiyanti, Nisa Dwi Siswanto, Hery Budaya Literasi Membaca di Perpustakaan untuk Meningkatkan Kompetensi Holistik bagi Siswa Sekolah Dasar |
title | Budaya Literasi Membaca di Perpustakaan untuk Meningkatkan Kompetensi Holistik bagi Siswa Sekolah Dasar |
title_full | Budaya Literasi Membaca di Perpustakaan untuk Meningkatkan Kompetensi Holistik bagi Siswa Sekolah Dasar |
title_fullStr | Budaya Literasi Membaca di Perpustakaan untuk Meningkatkan Kompetensi Holistik bagi Siswa Sekolah Dasar |
title_full_unstemmed | Budaya Literasi Membaca di Perpustakaan untuk Meningkatkan Kompetensi Holistik bagi Siswa Sekolah Dasar |
title_short | Budaya Literasi Membaca di Perpustakaan untuk Meningkatkan Kompetensi Holistik bagi Siswa Sekolah Dasar |
title_sort | budaya literasi membaca di perpustakaan untuk meningkatkan kompetensi holistik bagi siswa sekolah dasar |
topic | budaya literasi membaca; perpustakaan sekolah; minat baca siswa |
topic_facet | budaya literasi membaca; perpustakaan sekolah; minat baca siswa |
url | https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/19185 |
work_keys_str_mv | AT afghanidzulfiqarrestu budayaliterasimembacadiperpustakaanuntukmeningkatkankompetensiholistikbagisiswasekolahdasar AT prayitnoharunjoko budayaliterasimembacadiperpustakaanuntukmeningkatkankompetensiholistikbagisiswasekolahdasar AT jayantiestriadwi budayaliterasimembacadiperpustakaanuntukmeningkatkankompetensiholistikbagisiswasekolahdasar AT zsazsadillaclarisaayu budayaliterasimembacadiperpustakaanuntukmeningkatkankompetensiholistikbagisiswasekolahdasar AT salsabillataraaldita budayaliterasimembacadiperpustakaanuntukmeningkatkankompetensiholistikbagisiswasekolahdasar AT saputrierlindian budayaliterasimembacadiperpustakaanuntukmeningkatkankompetensiholistikbagisiswasekolahdasar AT septiyantinisadwi budayaliterasimembacadiperpustakaanuntukmeningkatkankompetensiholistikbagisiswasekolahdasar AT siswantohery budayaliterasimembacadiperpustakaanuntukmeningkatkankompetensiholistikbagisiswasekolahdasar |