Budaya Literasi Membaca di Perpustakaan untuk Meningkatkan Kompetensi Holistik bagi Siswa Sekolah Dasar

Membaca merupakan suatu tahapan awal dalam suatu proses belajar terutama bagi siswa sekolah dasar. Banyak penelitian yang mengungkap bahwa dengan kebiasaan membaca dapat meningkatkan pengetahuan dan kecerdasan seseorang. Literasi membaca bukan hanya sekedar kegiatan membaca biasa, melainkan dapat me...

Ful tanımlama

Kaydedildi:
Detaylı Bibliyografya
Asıl Yazarlar: Afghani, Dzulfiqar Restu, Prayitno, Harun Joko, Jayanti, Estria Dwi, Zsa-ZsaDilla, Clarisa Ayu, Salsabilla, Tara Aldita, Saputri, Erlin Dian, Septiyanti, Nisa Dwi, Siswanto, Hery
Materyal Türü: UMS Journal (OJS)
Dil:eng
Baskı/Yayın Bilgisi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2022
Konular:
Online Erişim:https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/19185
Etiketler: Etiketle
Etiket eklenmemiş, İlk siz ekleyin!
_version_ 1805340847520088064
author Afghani, Dzulfiqar Restu
Prayitno, Harun Joko
Jayanti, Estria Dwi
Zsa-ZsaDilla, Clarisa Ayu
Salsabilla, Tara Aldita
Saputri, Erlin Dian
Septiyanti, Nisa Dwi
Siswanto, Hery
author_facet Afghani, Dzulfiqar Restu
Prayitno, Harun Joko
Jayanti, Estria Dwi
Zsa-ZsaDilla, Clarisa Ayu
Salsabilla, Tara Aldita
Saputri, Erlin Dian
Septiyanti, Nisa Dwi
Siswanto, Hery
author_sort Afghani, Dzulfiqar Restu
collection OJS
description Membaca merupakan suatu tahapan awal dalam suatu proses belajar terutama bagi siswa sekolah dasar. Banyak penelitian yang mengungkap bahwa dengan kebiasaan membaca dapat meningkatkan pengetahuan dan kecerdasan seseorang. Literasi membaca bukan hanya sekedar kegiatan membaca biasa, melainkan dapat menjadi sebuah kegiatan yang menghasilkan budaya. Budaya membaca dapat memberikan banyak manfaat yang baik, salah satunya menumbuhkan minat membaca dan menulis. Untuk membangun sebuah budaya literasi membaca, dapat dilakukan dengan banyak cara salah satunya adalah dengan menyediakan lingkungan yang nyaman dan fasilitas yang memadai. Artikel ini memiliki tujuan yaitu untuk mendeskripsikan budaya literasi membaca siswa sekolah dasar dengan peningkatan fasilitas perpustakaan. Melalui kegiatan peningkatan fasilitas perpustakaan ini, mahasiswa KKN-Dik UMS berusaha untuk membangun budaya literasi membaca siswa-siswi di SD Negeri 02 Selokaton. Hasil yang telah dicapai adalah dengan melakukan pengoptimalan fasilitas perpustakaan, para siswa-siswi SD Negeri 02 Selokaton menjadi lebih antusias dan merasa nyaman dalam beraktivitas untuk meningkatkan minat baca di perpustakaan.
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-19185
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language eng
publishDate 2022
publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-19185 Budaya Literasi Membaca di Perpustakaan untuk Meningkatkan Kompetensi Holistik bagi Siswa Sekolah Dasar Afghani, Dzulfiqar Restu Prayitno, Harun Joko Jayanti, Estria Dwi Zsa-ZsaDilla, Clarisa Ayu Salsabilla, Tara Aldita Saputri, Erlin Dian Septiyanti, Nisa Dwi Siswanto, Hery budaya literasi membaca; perpustakaan sekolah; minat baca siswa Membaca merupakan suatu tahapan awal dalam suatu proses belajar terutama bagi siswa sekolah dasar. Banyak penelitian yang mengungkap bahwa dengan kebiasaan membaca dapat meningkatkan pengetahuan dan kecerdasan seseorang. Literasi membaca bukan hanya sekedar kegiatan membaca biasa, melainkan dapat menjadi sebuah kegiatan yang menghasilkan budaya. Budaya membaca dapat memberikan banyak manfaat yang baik, salah satunya menumbuhkan minat membaca dan menulis. Untuk membangun sebuah budaya literasi membaca, dapat dilakukan dengan banyak cara salah satunya adalah dengan menyediakan lingkungan yang nyaman dan fasilitas yang memadai. Artikel ini memiliki tujuan yaitu untuk mendeskripsikan budaya literasi membaca siswa sekolah dasar dengan peningkatan fasilitas perpustakaan. Melalui kegiatan peningkatan fasilitas perpustakaan ini, mahasiswa KKN-Dik UMS berusaha untuk membangun budaya literasi membaca siswa-siswi di SD Negeri 02 Selokaton. Hasil yang telah dicapai adalah dengan melakukan pengoptimalan fasilitas perpustakaan, para siswa-siswi SD Negeri 02 Selokaton menjadi lebih antusias dan merasa nyaman dalam beraktivitas untuk meningkatkan minat baca di perpustakaan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2022-12-01 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/19185 10.23917/bkkndik.v4i2.19185 Buletin KKN Pendidikan; Vol. 4, No. 2, Desember 2022; 143-152 2716-0327 10.23917/bkkndik.v4i2 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/19185/8234 Copyright (c) 2022 Dzulfiqar Restu Afghani https://creativecommons.org/licenses/by/4.0
spellingShingle budaya literasi membaca; perpustakaan sekolah; minat baca siswa
Afghani, Dzulfiqar Restu
Prayitno, Harun Joko
Jayanti, Estria Dwi
Zsa-ZsaDilla, Clarisa Ayu
Salsabilla, Tara Aldita
Saputri, Erlin Dian
Septiyanti, Nisa Dwi
Siswanto, Hery
Budaya Literasi Membaca di Perpustakaan untuk Meningkatkan Kompetensi Holistik bagi Siswa Sekolah Dasar
title Budaya Literasi Membaca di Perpustakaan untuk Meningkatkan Kompetensi Holistik bagi Siswa Sekolah Dasar
title_full Budaya Literasi Membaca di Perpustakaan untuk Meningkatkan Kompetensi Holistik bagi Siswa Sekolah Dasar
title_fullStr Budaya Literasi Membaca di Perpustakaan untuk Meningkatkan Kompetensi Holistik bagi Siswa Sekolah Dasar
title_full_unstemmed Budaya Literasi Membaca di Perpustakaan untuk Meningkatkan Kompetensi Holistik bagi Siswa Sekolah Dasar
title_short Budaya Literasi Membaca di Perpustakaan untuk Meningkatkan Kompetensi Holistik bagi Siswa Sekolah Dasar
title_sort budaya literasi membaca di perpustakaan untuk meningkatkan kompetensi holistik bagi siswa sekolah dasar
topic budaya literasi membaca; perpustakaan sekolah; minat baca siswa
topic_facet budaya literasi membaca; perpustakaan sekolah; minat baca siswa
url https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/19185
work_keys_str_mv AT afghanidzulfiqarrestu budayaliterasimembacadiperpustakaanuntukmeningkatkankompetensiholistikbagisiswasekolahdasar
AT prayitnoharunjoko budayaliterasimembacadiperpustakaanuntukmeningkatkankompetensiholistikbagisiswasekolahdasar
AT jayantiestriadwi budayaliterasimembacadiperpustakaanuntukmeningkatkankompetensiholistikbagisiswasekolahdasar
AT zsazsadillaclarisaayu budayaliterasimembacadiperpustakaanuntukmeningkatkankompetensiholistikbagisiswasekolahdasar
AT salsabillataraaldita budayaliterasimembacadiperpustakaanuntukmeningkatkankompetensiholistikbagisiswasekolahdasar
AT saputrierlindian budayaliterasimembacadiperpustakaanuntukmeningkatkankompetensiholistikbagisiswasekolahdasar
AT septiyantinisadwi budayaliterasimembacadiperpustakaanuntukmeningkatkankompetensiholistikbagisiswasekolahdasar
AT siswantohery budayaliterasimembacadiperpustakaanuntukmeningkatkankompetensiholistikbagisiswasekolahdasar