Penerapan Pembelajaran Berbasis Agama untuk Membentuk Karakter Religius Anak Sejak Dini di TPA

Pendidikan karakter sangat penting diberikan untuk anak-anak. Anak usia dini belum memahami akan hal-hal lain, sehingga anak usia dini perlu diberikan bimbingan. Melalui taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) anak-anak dapat membentuk karakter baik, khususnya karakter religius. Taman pendidikan Al-Qur’an...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Sari, Atika Mayang, Hidayah, Okhtafiana Nor, Khotimah, Siti, Prayitno, Harun Joko, ‘Ulya, Nurul Kholisatul, Nugroho, Suryanto
Format: UMS Journal (OJS)
Language:eng
Published: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2022
Subjects:
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/19179
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1805340843597365248
author Sari, Atika Mayang
Hidayah, Okhtafiana Nor
Khotimah, Siti
Prayitno, Harun Joko
‘Ulya, Nurul Kholisatul
Nugroho, Suryanto
author_facet Sari, Atika Mayang
Hidayah, Okhtafiana Nor
Khotimah, Siti
Prayitno, Harun Joko
‘Ulya, Nurul Kholisatul
Nugroho, Suryanto
author_sort Sari, Atika Mayang
collection OJS
description Pendidikan karakter sangat penting diberikan untuk anak-anak. Anak usia dini belum memahami akan hal-hal lain, sehingga anak usia dini perlu diberikan bimbingan. Melalui taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) anak-anak dapat membentuk karakter baik, khususnya karakter religius. Taman pendidikan Al-Qur’an (TPA) mengajarkan mengenai baca tulis Al-Qur’an, setelah itu memberikan materi mengenai nilai-nilai agama, mengajarkan pembiasaan-pembiasaan baik yang dapat dilaksanakan da-lam kehidupan sehari-hari, agar anak mampu membedakan akan hal baik dan hal buruk. Karakter anak dapat perlahan berubah dengan adanya nilai-nilai agama yang disampaikan melalui lembaga non formal ini. Tujuan dari penulisan ini yaitu untuk membentuk karakter religius anak melalui taman pendidikan Al-Qur’an (TPA) sejak anak masih usia dini. Penulisan ini menggunakan metode advokasi. Pengumpulan data dil-akukan secara observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu terbentuknya karakter religius anak-anak di kelurahan Joyotakan yang telah mengikuti taman pendidikan Al-Qur’an (TPA). Terlihat anak-anak saat mendengar adzan berkumandang mereka bergegas untuk datang ke mushola untuk melaksanakan salat berjamaah. Saat kegiatan taman pen-didikan Al-Qur’an (TPA), anak-anak yang baru datang langsung berjabat tangan dengan orang yang lebih tua. Anak-anak sangat suka saat membaca Al-Qur’an. Saat pemberian materi mengenai agama, antusias anak begitu tinggi untuk menjawab pertanyaan dari pengajar taman pendidikan Al-Qur’an (TPA).
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-19179
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language eng
publishDate 2022
publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-19179 Penerapan Pembelajaran Berbasis Agama untuk Membentuk Karakter Religius Anak Sejak Dini di TPA Sari, Atika Mayang Hidayah, Okhtafiana Nor Khotimah, Siti Prayitno, Harun Joko ‘Ulya, Nurul Kholisatul Nugroho, Suryanto karakter religius; pembelajaran agama; pendidikan karakter; taman pendidikan Al-Qur’an (TPA) Pendidikan karakter sangat penting diberikan untuk anak-anak. Anak usia dini belum memahami akan hal-hal lain, sehingga anak usia dini perlu diberikan bimbingan. Melalui taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) anak-anak dapat membentuk karakter baik, khususnya karakter religius. Taman pendidikan Al-Qur’an (TPA) mengajarkan mengenai baca tulis Al-Qur’an, setelah itu memberikan materi mengenai nilai-nilai agama, mengajarkan pembiasaan-pembiasaan baik yang dapat dilaksanakan da-lam kehidupan sehari-hari, agar anak mampu membedakan akan hal baik dan hal buruk. Karakter anak dapat perlahan berubah dengan adanya nilai-nilai agama yang disampaikan melalui lembaga non formal ini. Tujuan dari penulisan ini yaitu untuk membentuk karakter religius anak melalui taman pendidikan Al-Qur’an (TPA) sejak anak masih usia dini. Penulisan ini menggunakan metode advokasi. Pengumpulan data dil-akukan secara observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu terbentuknya karakter religius anak-anak di kelurahan Joyotakan yang telah mengikuti taman pendidikan Al-Qur’an (TPA). Terlihat anak-anak saat mendengar adzan berkumandang mereka bergegas untuk datang ke mushola untuk melaksanakan salat berjamaah. Saat kegiatan taman pen-didikan Al-Qur’an (TPA), anak-anak yang baru datang langsung berjabat tangan dengan orang yang lebih tua. Anak-anak sangat suka saat membaca Al-Qur’an. Saat pemberian materi mengenai agama, antusias anak begitu tinggi untuk menjawab pertanyaan dari pengajar taman pendidikan Al-Qur’an (TPA). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2022-09-30 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/19179 10.23917/bkkndik.v4i1.19179 Buletin KKN Pendidikan; Vol. 4, No. 1, Juni 2022; 36-48 2716-0327 10.23917/bkkndik.v4i1 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/19179/7932 Copyright (c) 2022 Atika Mayang Sari, Okhtafiana Nor Hidayah, Siti Khotimah, Nurul Kholisatul ‘Ulya, Suryanto Nugroho https://creativecommons.org/licenses/by/4.0
spellingShingle karakter religius; pembelajaran agama; pendidikan karakter; taman pendidikan Al-Qur’an (TPA)
Sari, Atika Mayang
Hidayah, Okhtafiana Nor
Khotimah, Siti
Prayitno, Harun Joko
‘Ulya, Nurul Kholisatul
Nugroho, Suryanto
Penerapan Pembelajaran Berbasis Agama untuk Membentuk Karakter Religius Anak Sejak Dini di TPA
title Penerapan Pembelajaran Berbasis Agama untuk Membentuk Karakter Religius Anak Sejak Dini di TPA
title_full Penerapan Pembelajaran Berbasis Agama untuk Membentuk Karakter Religius Anak Sejak Dini di TPA
title_fullStr Penerapan Pembelajaran Berbasis Agama untuk Membentuk Karakter Religius Anak Sejak Dini di TPA
title_full_unstemmed Penerapan Pembelajaran Berbasis Agama untuk Membentuk Karakter Religius Anak Sejak Dini di TPA
title_short Penerapan Pembelajaran Berbasis Agama untuk Membentuk Karakter Religius Anak Sejak Dini di TPA
title_sort penerapan pembelajaran berbasis agama untuk membentuk karakter religius anak sejak dini di tpa
topic karakter religius; pembelajaran agama; pendidikan karakter; taman pendidikan Al-Qur’an (TPA)
topic_facet karakter religius; pembelajaran agama; pendidikan karakter; taman pendidikan Al-Qur’an (TPA)
url https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/19179
work_keys_str_mv AT sariatikamayang penerapanpembelajaranberbasisagamauntukmembentukkarakterreligiusanaksejakdiniditpa
AT hidayahokhtafiananor penerapanpembelajaranberbasisagamauntukmembentukkarakterreligiusanaksejakdiniditpa
AT khotimahsiti penerapanpembelajaranberbasisagamauntukmembentukkarakterreligiusanaksejakdiniditpa
AT prayitnoharunjoko penerapanpembelajaranberbasisagamauntukmembentukkarakterreligiusanaksejakdiniditpa
AT ulyanurulkholisatul penerapanpembelajaranberbasisagamauntukmembentukkarakterreligiusanaksejakdiniditpa
AT nugrohosuryanto penerapanpembelajaranberbasisagamauntukmembentukkarakterreligiusanaksejakdiniditpa