Penerapan Pembelajaran Berbasis Agama untuk Membentuk Karakter Religius Anak Sejak Dini di TPA
Pendidikan karakter sangat penting diberikan untuk anak-anak. Anak usia dini belum memahami akan hal-hal lain, sehingga anak usia dini perlu diberikan bimbingan. Melalui taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) anak-anak dapat membentuk karakter baik, khususnya karakter religius. Taman pendidikan Al-Qur’an...
Saved in:
Main Authors: | , , , , , |
---|---|
Format: | UMS Journal (OJS) |
Language: | eng |
Published: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
2022
|
Subjects: | |
Online Access: | https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/19179 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1805340843597365248 |
---|---|
author | Sari, Atika Mayang Hidayah, Okhtafiana Nor Khotimah, Siti Prayitno, Harun Joko ‘Ulya, Nurul Kholisatul Nugroho, Suryanto |
author_facet | Sari, Atika Mayang Hidayah, Okhtafiana Nor Khotimah, Siti Prayitno, Harun Joko ‘Ulya, Nurul Kholisatul Nugroho, Suryanto |
author_sort | Sari, Atika Mayang |
collection | OJS |
description | Pendidikan karakter sangat penting diberikan untuk anak-anak. Anak usia dini belum memahami akan hal-hal lain, sehingga anak usia dini perlu diberikan bimbingan. Melalui taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) anak-anak dapat membentuk karakter baik, khususnya karakter religius. Taman pendidikan Al-Qur’an (TPA) mengajarkan mengenai baca tulis Al-Qur’an, setelah itu memberikan materi mengenai nilai-nilai agama, mengajarkan pembiasaan-pembiasaan baik yang dapat dilaksanakan da-lam kehidupan sehari-hari, agar anak mampu membedakan akan hal baik dan hal buruk. Karakter anak dapat perlahan berubah dengan adanya nilai-nilai agama yang disampaikan melalui lembaga non formal ini. Tujuan dari penulisan ini yaitu untuk membentuk karakter religius anak melalui taman pendidikan Al-Qur’an (TPA) sejak anak masih usia dini. Penulisan ini menggunakan metode advokasi. Pengumpulan data dil-akukan secara observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu terbentuknya karakter religius anak-anak di kelurahan Joyotakan yang telah mengikuti taman pendidikan Al-Qur’an (TPA). Terlihat anak-anak saat mendengar adzan berkumandang mereka bergegas untuk datang ke mushola untuk melaksanakan salat berjamaah. Saat kegiatan taman pen-didikan Al-Qur’an (TPA), anak-anak yang baru datang langsung berjabat tangan dengan orang yang lebih tua. Anak-anak sangat suka saat membaca Al-Qur’an. Saat pemberian materi mengenai agama, antusias anak begitu tinggi untuk menjawab pertanyaan dari pengajar taman pendidikan Al-Qur’an (TPA). |
format | UMS Journal (OJS) |
id | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-19179 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | eng |
publishDate | 2022 |
publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta |
record_format | ojs |
spelling | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-19179 Penerapan Pembelajaran Berbasis Agama untuk Membentuk Karakter Religius Anak Sejak Dini di TPA Sari, Atika Mayang Hidayah, Okhtafiana Nor Khotimah, Siti Prayitno, Harun Joko ‘Ulya, Nurul Kholisatul Nugroho, Suryanto karakter religius; pembelajaran agama; pendidikan karakter; taman pendidikan Al-Qur’an (TPA) Pendidikan karakter sangat penting diberikan untuk anak-anak. Anak usia dini belum memahami akan hal-hal lain, sehingga anak usia dini perlu diberikan bimbingan. Melalui taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) anak-anak dapat membentuk karakter baik, khususnya karakter religius. Taman pendidikan Al-Qur’an (TPA) mengajarkan mengenai baca tulis Al-Qur’an, setelah itu memberikan materi mengenai nilai-nilai agama, mengajarkan pembiasaan-pembiasaan baik yang dapat dilaksanakan da-lam kehidupan sehari-hari, agar anak mampu membedakan akan hal baik dan hal buruk. Karakter anak dapat perlahan berubah dengan adanya nilai-nilai agama yang disampaikan melalui lembaga non formal ini. Tujuan dari penulisan ini yaitu untuk membentuk karakter religius anak melalui taman pendidikan Al-Qur’an (TPA) sejak anak masih usia dini. Penulisan ini menggunakan metode advokasi. Pengumpulan data dil-akukan secara observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu terbentuknya karakter religius anak-anak di kelurahan Joyotakan yang telah mengikuti taman pendidikan Al-Qur’an (TPA). Terlihat anak-anak saat mendengar adzan berkumandang mereka bergegas untuk datang ke mushola untuk melaksanakan salat berjamaah. Saat kegiatan taman pen-didikan Al-Qur’an (TPA), anak-anak yang baru datang langsung berjabat tangan dengan orang yang lebih tua. Anak-anak sangat suka saat membaca Al-Qur’an. Saat pemberian materi mengenai agama, antusias anak begitu tinggi untuk menjawab pertanyaan dari pengajar taman pendidikan Al-Qur’an (TPA). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2022-09-30 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/19179 10.23917/bkkndik.v4i1.19179 Buletin KKN Pendidikan; Vol. 4, No. 1, Juni 2022; 36-48 2716-0327 10.23917/bkkndik.v4i1 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/19179/7932 Copyright (c) 2022 Atika Mayang Sari, Okhtafiana Nor Hidayah, Siti Khotimah, Nurul Kholisatul ‘Ulya, Suryanto Nugroho https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
spellingShingle | karakter religius; pembelajaran agama; pendidikan karakter; taman pendidikan Al-Qur’an (TPA) Sari, Atika Mayang Hidayah, Okhtafiana Nor Khotimah, Siti Prayitno, Harun Joko ‘Ulya, Nurul Kholisatul Nugroho, Suryanto Penerapan Pembelajaran Berbasis Agama untuk Membentuk Karakter Religius Anak Sejak Dini di TPA |
title | Penerapan Pembelajaran Berbasis Agama untuk Membentuk Karakter Religius Anak Sejak Dini di TPA |
title_full | Penerapan Pembelajaran Berbasis Agama untuk Membentuk Karakter Religius Anak Sejak Dini di TPA |
title_fullStr | Penerapan Pembelajaran Berbasis Agama untuk Membentuk Karakter Religius Anak Sejak Dini di TPA |
title_full_unstemmed | Penerapan Pembelajaran Berbasis Agama untuk Membentuk Karakter Religius Anak Sejak Dini di TPA |
title_short | Penerapan Pembelajaran Berbasis Agama untuk Membentuk Karakter Religius Anak Sejak Dini di TPA |
title_sort | penerapan pembelajaran berbasis agama untuk membentuk karakter religius anak sejak dini di tpa |
topic | karakter religius; pembelajaran agama; pendidikan karakter; taman pendidikan Al-Qur’an (TPA) |
topic_facet | karakter religius; pembelajaran agama; pendidikan karakter; taman pendidikan Al-Qur’an (TPA) |
url | https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/19179 |
work_keys_str_mv | AT sariatikamayang penerapanpembelajaranberbasisagamauntukmembentukkarakterreligiusanaksejakdiniditpa AT hidayahokhtafiananor penerapanpembelajaranberbasisagamauntukmembentukkarakterreligiusanaksejakdiniditpa AT khotimahsiti penerapanpembelajaranberbasisagamauntukmembentukkarakterreligiusanaksejakdiniditpa AT prayitnoharunjoko penerapanpembelajaranberbasisagamauntukmembentukkarakterreligiusanaksejakdiniditpa AT ulyanurulkholisatul penerapanpembelajaranberbasisagamauntukmembentukkarakterreligiusanaksejakdiniditpa AT nugrohosuryanto penerapanpembelajaranberbasisagamauntukmembentukkarakterreligiusanaksejakdiniditpa |