Pemberdayaan Digital Comic dan Strategi PQRST dalam Pengembangan Pemahaman Membaca Teks Bahasa Inggris
san ini berfokus pada optimalisasi komik digital yang didukung oleh strategi PQRST (Preview, Questions, Review, Summary, dan Test) dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa. Komik digital yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari internet dan dipilih dengan cermat berdasarkan kebutuhan siswa...
Saved in:
Main Authors: | , , |
---|---|
Format: | UMS Journal (OJS) |
Language: | eng |
Published: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
2022
|
Subjects: | |
Online Access: | https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/18967 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1805340847232778240 |
---|---|
author | Sakriani, Sakriani Ammade, Salasiah Nur, Rafi’ah |
author_facet | Sakriani, Sakriani Ammade, Salasiah Nur, Rafi’ah |
author_sort | Sakriani, Sakriani |
collection | OJS |
description | san ini berfokus pada optimalisasi komik digital yang didukung oleh strategi PQRST (Preview, Questions, Review, Summary, dan Test) dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa. Komik digital yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari internet dan dipilih dengan cermat berdasarkan kebutuhan siswa termasuk mempertimbangkan usia, tingkat membaca, minat, jangkauan akses yang mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komik digital yang didukung oleh strategi PQRST terhadap pemahaman membaca siswa. Secara rinci menekankan pada peningkatan pemahaman membaca siswa setelah pengajaran menggunakan komik digital melalui Strategi PQRST. Desain eksperimen semu dilakukan oleh peneliti dalam penelitian ini. yang melibatkan sampel 30 siswa dari kelas 8. Teknik random sampling digunakan untuk mendapatkan sampel ini. Dalam pengumpulan data tersebut, tes mem-baca merupakan instrumen penelitian yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan penelitian. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan format SPSS. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa pemahaman membaca siswa meningkat ketika mereka menggunakan komik digital melalui Strategi PQRST terlihat dari hasil belajar siswa. Strategi ini membuat siswa memahami awal bacaan, menanyakan yang belum dipahami, lau membaca bacaan, menyimpulkan dan dites kemam-puan pemahaman bacaannya. Langkah dalam strategi ini membuat siswa lebih mudah memahami bacaan karena diiringi dengan kegiatan yang bertahap yang melatih kemampuan metakognitifnya. Temuan lainnya ada-lah menggunakan komik digital melalui strategi ini menawarkan pen-galaman baru bagi siswa, mudah diakses, tampilan menarik, dan kalimat cerita yang mudah dipahami. Peneliti juga menemukan bahwa siswa kelas delapan di UPTD SMPN 18 Barru sangat antusias dalam pembelajaran membaca pemahaman. |
format | UMS Journal (OJS) |
id | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-18967 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | eng |
publishDate | 2022 |
publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta |
record_format | ojs |
spelling | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-18967 Pemberdayaan Digital Comic dan Strategi PQRST dalam Pengembangan Pemahaman Membaca Teks Bahasa Inggris Sakriani, Sakriani Ammade, Salasiah Nur, Rafi’ah digital comic, strategi PQRST, pemahaman bahasa inggris san ini berfokus pada optimalisasi komik digital yang didukung oleh strategi PQRST (Preview, Questions, Review, Summary, dan Test) dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa. Komik digital yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari internet dan dipilih dengan cermat berdasarkan kebutuhan siswa termasuk mempertimbangkan usia, tingkat membaca, minat, jangkauan akses yang mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komik digital yang didukung oleh strategi PQRST terhadap pemahaman membaca siswa. Secara rinci menekankan pada peningkatan pemahaman membaca siswa setelah pengajaran menggunakan komik digital melalui Strategi PQRST. Desain eksperimen semu dilakukan oleh peneliti dalam penelitian ini. yang melibatkan sampel 30 siswa dari kelas 8. Teknik random sampling digunakan untuk mendapatkan sampel ini. Dalam pengumpulan data tersebut, tes mem-baca merupakan instrumen penelitian yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan penelitian. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan format SPSS. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa pemahaman membaca siswa meningkat ketika mereka menggunakan komik digital melalui Strategi PQRST terlihat dari hasil belajar siswa. Strategi ini membuat siswa memahami awal bacaan, menanyakan yang belum dipahami, lau membaca bacaan, menyimpulkan dan dites kemam-puan pemahaman bacaannya. Langkah dalam strategi ini membuat siswa lebih mudah memahami bacaan karena diiringi dengan kegiatan yang bertahap yang melatih kemampuan metakognitifnya. Temuan lainnya ada-lah menggunakan komik digital melalui strategi ini menawarkan pen-galaman baru bagi siswa, mudah diakses, tampilan menarik, dan kalimat cerita yang mudah dipahami. Peneliti juga menemukan bahwa siswa kelas delapan di UPTD SMPN 18 Barru sangat antusias dalam pembelajaran membaca pemahaman. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2022-09-30 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/18967 10.23917/bkkndik.v4i1.18967 Buletin KKN Pendidikan; Vol. 4, No. 1, Juni 2022; 47-57 2716-0327 10.23917/bkkndik.v4i1 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/18967/7933 Copyright (c) 2022 Sakriani, Salasiah Ammade, Rafi’ah Nur https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
spellingShingle | digital comic, strategi PQRST, pemahaman bahasa inggris Sakriani, Sakriani Ammade, Salasiah Nur, Rafi’ah Pemberdayaan Digital Comic dan Strategi PQRST dalam Pengembangan Pemahaman Membaca Teks Bahasa Inggris |
title | Pemberdayaan Digital Comic dan Strategi PQRST dalam Pengembangan Pemahaman Membaca Teks Bahasa Inggris |
title_full | Pemberdayaan Digital Comic dan Strategi PQRST dalam Pengembangan Pemahaman Membaca Teks Bahasa Inggris |
title_fullStr | Pemberdayaan Digital Comic dan Strategi PQRST dalam Pengembangan Pemahaman Membaca Teks Bahasa Inggris |
title_full_unstemmed | Pemberdayaan Digital Comic dan Strategi PQRST dalam Pengembangan Pemahaman Membaca Teks Bahasa Inggris |
title_short | Pemberdayaan Digital Comic dan Strategi PQRST dalam Pengembangan Pemahaman Membaca Teks Bahasa Inggris |
title_sort | pemberdayaan digital comic dan strategi pqrst dalam pengembangan pemahaman membaca teks bahasa inggris |
topic | digital comic, strategi PQRST, pemahaman bahasa inggris |
topic_facet | digital comic, strategi PQRST, pemahaman bahasa inggris |
url | https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/18967 |
work_keys_str_mv | AT sakrianisakriani pemberdayaandigitalcomicdanstrategipqrstdalampengembanganpemahamanmembacateksbahasainggris AT ammadesalasiah pemberdayaandigitalcomicdanstrategipqrstdalampengembanganpemahamanmembacateksbahasainggris AT nurrafiah pemberdayaandigitalcomicdanstrategipqrstdalampengembanganpemahamanmembacateksbahasainggris |