Peningkatan Kompetensi Guru dalam Project Based Learning melalui Temu Pendidik Daerah
Penerapan Kurikulum Merdeka menuntut peningkatan kemampuan guru untuk menyesuaikannya. Salah satu poin utama dalam aplikasi kurikulum tersebut adalah penerapan metode Project Based Learning yang dianggap memiliki potensi besar dalam memaksimalkan kompetensi siswa. Tujuan dari kegiatan Pengabdian kep...
Saved in:
Main Authors: | , , , , |
---|---|
Format: | UMS Journal (OJS) |
Language: | eng |
Published: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
2022
|
Subjects: | |
Online Access: | https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/18215 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1805340843321589760 |
---|---|
author | Aditama, Madya Giri Shofyana, Maila Huda Muslim, Rachmat Imam Pamungkas, Imam Susiati, Susiati |
author_facet | Aditama, Madya Giri Shofyana, Maila Huda Muslim, Rachmat Imam Pamungkas, Imam Susiati, Susiati |
author_sort | Aditama, Madya Giri |
collection | OJS |
description | Penerapan Kurikulum Merdeka menuntut peningkatan kemampuan guru untuk menyesuaikannya. Salah satu poin utama dalam aplikasi kurikulum tersebut adalah penerapan metode Project Based Learning yang dianggap memiliki potensi besar dalam memaksimalkan kompetensi siswa. Tujuan dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk meingkatakan kompetensi guru di daerah Kota Pekalongan dalam memahami Project Based Learning dan penerapannya. Kegitan yang di selenggarakan di SMA Sains Cahaya Al Quran Pekalongan ini diikuti oleh 32 peserta, terdiri dari guru-guru yang berasal dari beberapa sekolah di kota pekalongan. Metode pelatihan diterapkan dalam kegiatan pengabdian ini yang dikemas dalam konsep Temu Pendidik Daerah. Fakta dilapangan yang telah terjadi bahwa mayoritas pendidik hanya memahami PjBL sebatas pemberian tugas keapada siswa, padahal PjBL lebih dari itu. Metode ini dapat memaksimalkan kompetensi siswa, menerapkan 6 profil pelajar pancaseila dengan maksimal, serta dapat membantu guru dalam penilaian apabila dikombinasikan dengan asesmen yang tepat. Kegiatan pengabdian ini dilakukan selain meluruskan miskonsepsi tersebut juga untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun pembelajaran dalam era Merdeka Belajar. |
format | UMS Journal (OJS) |
id | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-18215 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | eng |
publishDate | 2022 |
publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta |
record_format | ojs |
spelling | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-18215 Peningkatan Kompetensi Guru dalam Project Based Learning melalui Temu Pendidik Daerah Aditama, Madya Giri Shofyana, Maila Huda Muslim, Rachmat Imam Pamungkas, Imam Susiati, Susiati project based learning; temu pendidik; kurikulum merdeka Penerapan Kurikulum Merdeka menuntut peningkatan kemampuan guru untuk menyesuaikannya. Salah satu poin utama dalam aplikasi kurikulum tersebut adalah penerapan metode Project Based Learning yang dianggap memiliki potensi besar dalam memaksimalkan kompetensi siswa. Tujuan dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk meingkatakan kompetensi guru di daerah Kota Pekalongan dalam memahami Project Based Learning dan penerapannya. Kegitan yang di selenggarakan di SMA Sains Cahaya Al Quran Pekalongan ini diikuti oleh 32 peserta, terdiri dari guru-guru yang berasal dari beberapa sekolah di kota pekalongan. Metode pelatihan diterapkan dalam kegiatan pengabdian ini yang dikemas dalam konsep Temu Pendidik Daerah. Fakta dilapangan yang telah terjadi bahwa mayoritas pendidik hanya memahami PjBL sebatas pemberian tugas keapada siswa, padahal PjBL lebih dari itu. Metode ini dapat memaksimalkan kompetensi siswa, menerapkan 6 profil pelajar pancaseila dengan maksimal, serta dapat membantu guru dalam penilaian apabila dikombinasikan dengan asesmen yang tepat. Kegiatan pengabdian ini dilakukan selain meluruskan miskonsepsi tersebut juga untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun pembelajaran dalam era Merdeka Belajar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2022-11-30 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/18215 10.23917/bkkndik.v4i1.18215 Buletin KKN Pendidikan; Vol. 4, No. 1, Juni 2022; 90-98 2716-0327 10.23917/bkkndik.v4i1 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/18215/7937 Copyright (c) 2022 Madya Giri Aditama, Maila Huda Shofyana, Rachmat Imam Muslim, Imam Pamungkas, Susiati https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
spellingShingle | project based learning; temu pendidik; kurikulum merdeka Aditama, Madya Giri Shofyana, Maila Huda Muslim, Rachmat Imam Pamungkas, Imam Susiati, Susiati Peningkatan Kompetensi Guru dalam Project Based Learning melalui Temu Pendidik Daerah |
title | Peningkatan Kompetensi Guru dalam Project Based Learning melalui Temu Pendidik Daerah |
title_full | Peningkatan Kompetensi Guru dalam Project Based Learning melalui Temu Pendidik Daerah |
title_fullStr | Peningkatan Kompetensi Guru dalam Project Based Learning melalui Temu Pendidik Daerah |
title_full_unstemmed | Peningkatan Kompetensi Guru dalam Project Based Learning melalui Temu Pendidik Daerah |
title_short | Peningkatan Kompetensi Guru dalam Project Based Learning melalui Temu Pendidik Daerah |
title_sort | peningkatan kompetensi guru dalam project based learning melalui temu pendidik daerah |
topic | project based learning; temu pendidik; kurikulum merdeka |
topic_facet | project based learning; temu pendidik; kurikulum merdeka |
url | https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/18215 |
work_keys_str_mv | AT aditamamadyagiri peningkatankompetensigurudalamprojectbasedlearningmelaluitemupendidikdaerah AT shofyanamailahuda peningkatankompetensigurudalamprojectbasedlearningmelaluitemupendidikdaerah AT muslimrachmatimam peningkatankompetensigurudalamprojectbasedlearningmelaluitemupendidikdaerah AT pamungkasimam peningkatankompetensigurudalamprojectbasedlearningmelaluitemupendidikdaerah AT susiatisusiati peningkatankompetensigurudalamprojectbasedlearningmelaluitemupendidikdaerah |