Peningkatan Kompetensi Guru dalam Project Based Learning melalui Temu Pendidik Daerah

Penerapan Kurikulum Merdeka menuntut peningkatan kemampuan guru untuk menyesuaikannya. Salah satu poin utama dalam aplikasi kurikulum tersebut adalah penerapan metode Project Based Learning yang dianggap memiliki potensi besar dalam memaksimalkan kompetensi siswa. Tujuan dari kegiatan Pengabdian kep...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Aditama, Madya Giri, Shofyana, Maila Huda, Muslim, Rachmat Imam, Pamungkas, Imam, Susiati, Susiati
Format: UMS Journal (OJS)
Language:eng
Published: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2022
Subjects:
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/18215
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1805340843321589760
author Aditama, Madya Giri
Shofyana, Maila Huda
Muslim, Rachmat Imam
Pamungkas, Imam
Susiati, Susiati
author_facet Aditama, Madya Giri
Shofyana, Maila Huda
Muslim, Rachmat Imam
Pamungkas, Imam
Susiati, Susiati
author_sort Aditama, Madya Giri
collection OJS
description Penerapan Kurikulum Merdeka menuntut peningkatan kemampuan guru untuk menyesuaikannya. Salah satu poin utama dalam aplikasi kurikulum tersebut adalah penerapan metode Project Based Learning yang dianggap memiliki potensi besar dalam memaksimalkan kompetensi siswa. Tujuan dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk meingkatakan kompetensi guru di daerah Kota Pekalongan dalam memahami Project Based Learning dan penerapannya. Kegitan yang di selenggarakan di SMA Sains Cahaya Al Quran Pekalongan ini diikuti oleh 32 peserta, terdiri dari guru-guru yang berasal dari beberapa sekolah di kota pekalongan. Metode pelatihan diterapkan dalam kegiatan pengabdian ini yang dikemas dalam konsep Temu Pendidik Daerah. Fakta dilapangan yang telah terjadi bahwa mayoritas pendidik hanya memahami PjBL sebatas pemberian tugas keapada siswa, padahal PjBL lebih dari itu. Metode ini dapat memaksimalkan kompetensi siswa, menerapkan 6 profil pelajar pancaseila dengan maksimal, serta dapat membantu guru dalam penilaian apabila dikombinasikan dengan asesmen yang tepat. Kegiatan pengabdian ini dilakukan selain meluruskan miskonsepsi tersebut juga untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun pembelajaran dalam era Merdeka Belajar.
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-18215
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language eng
publishDate 2022
publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-18215 Peningkatan Kompetensi Guru dalam Project Based Learning melalui Temu Pendidik Daerah Aditama, Madya Giri Shofyana, Maila Huda Muslim, Rachmat Imam Pamungkas, Imam Susiati, Susiati project based learning; temu pendidik; kurikulum merdeka Penerapan Kurikulum Merdeka menuntut peningkatan kemampuan guru untuk menyesuaikannya. Salah satu poin utama dalam aplikasi kurikulum tersebut adalah penerapan metode Project Based Learning yang dianggap memiliki potensi besar dalam memaksimalkan kompetensi siswa. Tujuan dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk meingkatakan kompetensi guru di daerah Kota Pekalongan dalam memahami Project Based Learning dan penerapannya. Kegitan yang di selenggarakan di SMA Sains Cahaya Al Quran Pekalongan ini diikuti oleh 32 peserta, terdiri dari guru-guru yang berasal dari beberapa sekolah di kota pekalongan. Metode pelatihan diterapkan dalam kegiatan pengabdian ini yang dikemas dalam konsep Temu Pendidik Daerah. Fakta dilapangan yang telah terjadi bahwa mayoritas pendidik hanya memahami PjBL sebatas pemberian tugas keapada siswa, padahal PjBL lebih dari itu. Metode ini dapat memaksimalkan kompetensi siswa, menerapkan 6 profil pelajar pancaseila dengan maksimal, serta dapat membantu guru dalam penilaian apabila dikombinasikan dengan asesmen yang tepat. Kegiatan pengabdian ini dilakukan selain meluruskan miskonsepsi tersebut juga untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun pembelajaran dalam era Merdeka Belajar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2022-11-30 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/18215 10.23917/bkkndik.v4i1.18215 Buletin KKN Pendidikan; Vol. 4, No. 1, Juni 2022; 90-98 2716-0327 10.23917/bkkndik.v4i1 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/18215/7937 Copyright (c) 2022 Madya Giri Aditama, Maila Huda Shofyana, Rachmat Imam Muslim, Imam Pamungkas, Susiati https://creativecommons.org/licenses/by/4.0
spellingShingle project based learning; temu pendidik; kurikulum merdeka
Aditama, Madya Giri
Shofyana, Maila Huda
Muslim, Rachmat Imam
Pamungkas, Imam
Susiati, Susiati
Peningkatan Kompetensi Guru dalam Project Based Learning melalui Temu Pendidik Daerah
title Peningkatan Kompetensi Guru dalam Project Based Learning melalui Temu Pendidik Daerah
title_full Peningkatan Kompetensi Guru dalam Project Based Learning melalui Temu Pendidik Daerah
title_fullStr Peningkatan Kompetensi Guru dalam Project Based Learning melalui Temu Pendidik Daerah
title_full_unstemmed Peningkatan Kompetensi Guru dalam Project Based Learning melalui Temu Pendidik Daerah
title_short Peningkatan Kompetensi Guru dalam Project Based Learning melalui Temu Pendidik Daerah
title_sort peningkatan kompetensi guru dalam project based learning melalui temu pendidik daerah
topic project based learning; temu pendidik; kurikulum merdeka
topic_facet project based learning; temu pendidik; kurikulum merdeka
url https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/18215
work_keys_str_mv AT aditamamadyagiri peningkatankompetensigurudalamprojectbasedlearningmelaluitemupendidikdaerah
AT shofyanamailahuda peningkatankompetensigurudalamprojectbasedlearningmelaluitemupendidikdaerah
AT muslimrachmatimam peningkatankompetensigurudalamprojectbasedlearningmelaluitemupendidikdaerah
AT pamungkasimam peningkatankompetensigurudalamprojectbasedlearningmelaluitemupendidikdaerah
AT susiatisusiati peningkatankompetensigurudalamprojectbasedlearningmelaluitemupendidikdaerah