ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya motivasi belajar siswa yang berdampak ke hasil belajar. Penelitian ini dilakukan pada 2 sekolah yaitu SMA Muhammdiyah 3 Arjasa dan SMK Negeri 1 Sragen. Pembelajaran yang dilakukan oleh SMK Negeri 1 Sragen Dan SMA Muhammadiyah 3 Arjasa hanya berjalan satu...

Olles dieđut

Furkejuvvon:
Bibliográfalaš dieđut
Váldodahkkit: Ardiana, Sofi, Rahayu, Mutiara Silvy, Asmawan, Moh. Chairil
Materiálatiipa: UMS Journal (OJS)
Giella:eng
Almmustuhtton: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2021
Fáttát:
Liŋkkat:https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/16491
Fáddágilkorat: Lasit fáddágilkoriid
Eai fáddágilkorat, Lasit vuosttaš fáddágilkora!
_version_ 1805340828359458816
author Ardiana, Sofi
Rahayu, Mutiara Silvy
Asmawan, Moh. Chairil
author_facet Ardiana, Sofi
Rahayu, Mutiara Silvy
Asmawan, Moh. Chairil
author_sort Ardiana, Sofi
collection OJS
description Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya motivasi belajar siswa yang berdampak ke hasil belajar. Penelitian ini dilakukan pada 2 sekolah yaitu SMA Muhammdiyah 3 Arjasa dan SMK Negeri 1 Sragen. Pembelajaran yang dilakukan oleh SMK Negeri 1 Sragen Dan SMA Muhammadiyah 3 Arjasa hanya berjalan satu arah, sehingga siswa hanya memhami materi yang diberikan. Untuk itu dibutuhkan model pembelajran yang dapat mengaktifkan siswa, salah satunya menggunkan model pembelajaran PBL. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan serta menganalisis penerapan PBL dalam pembelajaran ekonomi dan akuntansi pada kelas XI dan respons siswa kelas XI terhadap penerapan model problem based learning dalam pembelajaran daring. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu kualitatif dengan rancangan deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu dalam penerapan model pembelajaran problem based learning pada SMA Muhammadiyah 3 Arjasa dan SMK Negeri 1 Sragen menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran PBL pada siswa tergolong baik dan berhasil dilihat dari kriteria desain, langkah-langkah pembelajaran dan nilai yang dihasilkan oleh siswa. Serta respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model problem based learning ini dikatakan positif.
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-16491
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language eng
publishDate 2021
publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-16491 ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA Ardiana, Sofi Rahayu, Mutiara Silvy Asmawan, Moh. Chairil Problem-Based Learning;Hasil Belajar; Ekonomi Akuntansi Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya motivasi belajar siswa yang berdampak ke hasil belajar. Penelitian ini dilakukan pada 2 sekolah yaitu SMA Muhammdiyah 3 Arjasa dan SMK Negeri 1 Sragen. Pembelajaran yang dilakukan oleh SMK Negeri 1 Sragen Dan SMA Muhammadiyah 3 Arjasa hanya berjalan satu arah, sehingga siswa hanya memhami materi yang diberikan. Untuk itu dibutuhkan model pembelajran yang dapat mengaktifkan siswa, salah satunya menggunkan model pembelajaran PBL. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan serta menganalisis penerapan PBL dalam pembelajaran ekonomi dan akuntansi pada kelas XI dan respons siswa kelas XI terhadap penerapan model problem based learning dalam pembelajaran daring. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu kualitatif dengan rancangan deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu dalam penerapan model pembelajaran problem based learning pada SMA Muhammadiyah 3 Arjasa dan SMK Negeri 1 Sragen menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran PBL pada siswa tergolong baik dan berhasil dilihat dari kriteria desain, langkah-langkah pembelajaran dan nilai yang dihasilkan oleh siswa. Serta respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model problem based learning ini dikatakan positif. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2021-12-31 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/16491 10.23917/blbs.v3i2.16491 asw; Vol 3, No. 2, Desember 2021; 147-154 2721-8422 1411-5190 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/16491/7245 Copyright (c) 2021 Buletin Literasi Budaya Sekolah https://creativecommons.org/licenses/by/4.0
spellingShingle Problem-Based Learning;Hasil Belajar; Ekonomi Akuntansi
Ardiana, Sofi
Rahayu, Mutiara Silvy
Asmawan, Moh. Chairil
ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
title ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
title_full ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
title_fullStr ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
title_full_unstemmed ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
title_short ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
title_sort analisis penerapan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa
topic Problem-Based Learning;Hasil Belajar; Ekonomi Akuntansi
topic_facet Problem-Based Learning;Hasil Belajar; Ekonomi Akuntansi
url https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/16491
work_keys_str_mv AT ardianasofi analisispenerapanmodelpembelajaranproblembasedlearningdalammeningkatkanhasilbelajarsiswa
AT rahayumutiarasilvy analisispenerapanmodelpembelajaranproblembasedlearningdalammeningkatkanhasilbelajarsiswa
AT asmawanmohchairil analisispenerapanmodelpembelajaranproblembasedlearningdalammeningkatkanhasilbelajarsiswa