ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya motivasi belajar siswa yang berdampak ke hasil belajar. Penelitian ini dilakukan pada 2 sekolah yaitu SMA Muhammdiyah 3 Arjasa dan SMK Negeri 1 Sragen. Pembelajaran yang dilakukan oleh SMK Negeri 1 Sragen Dan SMA Muhammadiyah 3 Arjasa hanya berjalan satu...
Furkejuvvon:
Váldodahkkit: | , , |
---|---|
Materiálatiipa: | UMS Journal (OJS) |
Giella: | eng |
Almmustuhtton: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
2021
|
Fáttát: | |
Liŋkkat: | https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/16491 |
Fáddágilkorat: |
Lasit fáddágilkoriid
Eai fáddágilkorat, Lasit vuosttaš fáddágilkora!
|
_version_ | 1805340828359458816 |
---|---|
author | Ardiana, Sofi Rahayu, Mutiara Silvy Asmawan, Moh. Chairil |
author_facet | Ardiana, Sofi Rahayu, Mutiara Silvy Asmawan, Moh. Chairil |
author_sort | Ardiana, Sofi |
collection | OJS |
description | Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya motivasi belajar siswa yang berdampak ke hasil belajar. Penelitian ini dilakukan pada 2 sekolah yaitu SMA Muhammdiyah 3 Arjasa dan SMK Negeri 1 Sragen. Pembelajaran yang dilakukan oleh SMK Negeri 1 Sragen Dan SMA Muhammadiyah 3 Arjasa hanya berjalan satu arah, sehingga siswa hanya memhami materi yang diberikan. Untuk itu dibutuhkan model pembelajran yang dapat mengaktifkan siswa, salah satunya menggunkan model pembelajaran PBL. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan serta menganalisis penerapan PBL dalam pembelajaran ekonomi dan akuntansi pada kelas XI dan respons siswa kelas XI terhadap penerapan model problem based learning dalam pembelajaran daring. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu kualitatif dengan rancangan deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu dalam penerapan model pembelajaran problem based learning pada SMA Muhammadiyah 3 Arjasa dan SMK Negeri 1 Sragen menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran PBL pada siswa tergolong baik dan berhasil dilihat dari kriteria desain, langkah-langkah pembelajaran dan nilai yang dihasilkan oleh siswa. Serta respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model problem based learning ini dikatakan positif. |
format | UMS Journal (OJS) |
id | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-16491 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | eng |
publishDate | 2021 |
publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
record_format | ojs |
spelling | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-16491 ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA Ardiana, Sofi Rahayu, Mutiara Silvy Asmawan, Moh. Chairil Problem-Based Learning;Hasil Belajar; Ekonomi Akuntansi Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya motivasi belajar siswa yang berdampak ke hasil belajar. Penelitian ini dilakukan pada 2 sekolah yaitu SMA Muhammdiyah 3 Arjasa dan SMK Negeri 1 Sragen. Pembelajaran yang dilakukan oleh SMK Negeri 1 Sragen Dan SMA Muhammadiyah 3 Arjasa hanya berjalan satu arah, sehingga siswa hanya memhami materi yang diberikan. Untuk itu dibutuhkan model pembelajran yang dapat mengaktifkan siswa, salah satunya menggunkan model pembelajaran PBL. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan serta menganalisis penerapan PBL dalam pembelajaran ekonomi dan akuntansi pada kelas XI dan respons siswa kelas XI terhadap penerapan model problem based learning dalam pembelajaran daring. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu kualitatif dengan rancangan deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu dalam penerapan model pembelajaran problem based learning pada SMA Muhammadiyah 3 Arjasa dan SMK Negeri 1 Sragen menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran PBL pada siswa tergolong baik dan berhasil dilihat dari kriteria desain, langkah-langkah pembelajaran dan nilai yang dihasilkan oleh siswa. Serta respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model problem based learning ini dikatakan positif. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2021-12-31 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/16491 10.23917/blbs.v3i2.16491 asw; Vol 3, No. 2, Desember 2021; 147-154 2721-8422 1411-5190 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/16491/7245 Copyright (c) 2021 Buletin Literasi Budaya Sekolah https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
spellingShingle | Problem-Based Learning;Hasil Belajar; Ekonomi Akuntansi Ardiana, Sofi Rahayu, Mutiara Silvy Asmawan, Moh. Chairil ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA |
title | ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA |
title_full | ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA |
title_fullStr | ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA |
title_full_unstemmed | ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA |
title_short | ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA |
title_sort | analisis penerapan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa |
topic | Problem-Based Learning;Hasil Belajar; Ekonomi Akuntansi |
topic_facet | Problem-Based Learning;Hasil Belajar; Ekonomi Akuntansi |
url | https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/16491 |
work_keys_str_mv | AT ardianasofi analisispenerapanmodelpembelajaranproblembasedlearningdalammeningkatkanhasilbelajarsiswa AT rahayumutiarasilvy analisispenerapanmodelpembelajaranproblembasedlearningdalammeningkatkanhasilbelajarsiswa AT asmawanmohchairil analisispenerapanmodelpembelajaranproblembasedlearningdalammeningkatkanhasilbelajarsiswa |