ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya motivasi belajar siswa yang berdampak ke hasil belajar. Penelitian ini dilakukan pada 2 sekolah yaitu SMA Muhammdiyah 3 Arjasa dan SMK Negeri 1 Sragen. Pembelajaran yang dilakukan oleh SMK Negeri 1 Sragen Dan SMA Muhammadiyah 3 Arjasa hanya berjalan satu...

ver descrição completa

Na minha lista:
Detalhes bibliográficos
Principais autores: Ardiana, Sofi, Rahayu, Mutiara Silvy, Asmawan, Moh. Chairil
Formato: UMS Journal (OJS)
Idioma:eng
Publicado em: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2021
Assuntos:
Acesso em linha:https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/16491
Tags: Adicionar Tag
Sem tags, seja o primeiro a adicionar uma tag!
Descrição
Resumo:Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya motivasi belajar siswa yang berdampak ke hasil belajar. Penelitian ini dilakukan pada 2 sekolah yaitu SMA Muhammdiyah 3 Arjasa dan SMK Negeri 1 Sragen. Pembelajaran yang dilakukan oleh SMK Negeri 1 Sragen Dan SMA Muhammadiyah 3 Arjasa hanya berjalan satu arah, sehingga siswa hanya memhami materi yang diberikan. Untuk itu dibutuhkan model pembelajran yang dapat mengaktifkan siswa, salah satunya menggunkan model pembelajaran PBL. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan serta menganalisis penerapan PBL dalam pembelajaran ekonomi dan akuntansi pada kelas XI dan respons siswa kelas XI terhadap penerapan model problem based learning dalam pembelajaran daring. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu kualitatif dengan rancangan deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu dalam penerapan model pembelajaran problem based learning pada SMA Muhammadiyah 3 Arjasa dan SMK Negeri 1 Sragen menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran PBL pada siswa tergolong baik dan berhasil dilihat dari kriteria desain, langkah-langkah pembelajaran dan nilai yang dihasilkan oleh siswa. Serta respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model problem based learning ini dikatakan positif.