Penguatan Materi Dikotil dan Monokotil melalui Pembuatan Herbarium Kering di SD Negeri 3 Jambakan Klaten

Pandemi Covid-19 membatasi pembelajaran tatap muka di sekolah, sehingga siswa harus melakukan kegiatan belajar secara virtual. Pembela-jaran virtual yang dilaksanakan secara terbatas berpotensi menurunkan minat belajar yang dapat berdampak pada menurunnya hasil belajar siswa. Berdasarkan fenomena te...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Suryawati, Andari Tri, Nuraini, Siti, Anif, Sofyan, Sidiq, Yasir, Handayani, Trikinasih, Septinawati, Septinawati
Format: UMS Journal (OJS)
Language:eng
Published: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2021
Subjects:
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/15715
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1805340842773184512
author Suryawati, Andari Tri
Nuraini, Siti
Anif, Sofyan
Sidiq, Yasir
Handayani, Trikinasih
Septinawati, Septinawati
author_facet Suryawati, Andari Tri
Nuraini, Siti
Anif, Sofyan
Sidiq, Yasir
Handayani, Trikinasih
Septinawati, Septinawati
author_sort Suryawati, Andari Tri
collection OJS
description Pandemi Covid-19 membatasi pembelajaran tatap muka di sekolah, sehingga siswa harus melakukan kegiatan belajar secara virtual. Pembela-jaran virtual yang dilaksanakan secara terbatas berpotensi menurunkan minat belajar yang dapat berdampak pada menurunnya hasil belajar siswa. Berdasarkan fenomena tersebut, mahasiswa KKN FKIP UMS berusaha memberi terobosan model penugasan yang menyenangkan dan meningkatkan minat siswa untuk belajar dengan pelatihan herbarium. Tujuan kegiatan ini untuk mengetahui pengaruh pelatihan pembuatan herbarium kering terhadap hasil belajar siswa pada materi tanaman monokotil dan dikotil di SD Negeri 3 Jambakan. Pelatihan herbarium diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya materi tanaman dikotil dan monokotil. Penelitian dil-aksanakan sebagai rangkaian kegiatan pelatihan kepada siswa dilengkapi dengan evaluasi hasil belajar melalui pre-test dan post-test. Hasil pre-test dan post-test dianalisis dengan uji paired sample T-test. Hasil analisis menunjukkan pelatihan herbarium berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi tanaman monokotil dan dikotil di SD Negeri 3 Jambakan. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar pada materi monokotil dan dikotil. Kegiatan pelatihan herbarium diharapkan mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA serta menumbuhkan sikap afektif seperti rasa ingin tahu, cinta lingkungan, dan kreatifitas siswa.
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-15715
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language eng
publishDate 2021
publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-15715 Penguatan Materi Dikotil dan Monokotil melalui Pembuatan Herbarium Kering di SD Negeri 3 Jambakan Klaten Suryawati, Andari Tri Nuraini, Siti Anif, Sofyan Sidiq, Yasir Handayani, Trikinasih Septinawati, Septinawati dikotil; herbarium; monokotil; pembelajaran virtual; softskill Pandemi Covid-19 membatasi pembelajaran tatap muka di sekolah, sehingga siswa harus melakukan kegiatan belajar secara virtual. Pembela-jaran virtual yang dilaksanakan secara terbatas berpotensi menurunkan minat belajar yang dapat berdampak pada menurunnya hasil belajar siswa. Berdasarkan fenomena tersebut, mahasiswa KKN FKIP UMS berusaha memberi terobosan model penugasan yang menyenangkan dan meningkatkan minat siswa untuk belajar dengan pelatihan herbarium. Tujuan kegiatan ini untuk mengetahui pengaruh pelatihan pembuatan herbarium kering terhadap hasil belajar siswa pada materi tanaman monokotil dan dikotil di SD Negeri 3 Jambakan. Pelatihan herbarium diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya materi tanaman dikotil dan monokotil. Penelitian dil-aksanakan sebagai rangkaian kegiatan pelatihan kepada siswa dilengkapi dengan evaluasi hasil belajar melalui pre-test dan post-test. Hasil pre-test dan post-test dianalisis dengan uji paired sample T-test. Hasil analisis menunjukkan pelatihan herbarium berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi tanaman monokotil dan dikotil di SD Negeri 3 Jambakan. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar pada materi monokotil dan dikotil. Kegiatan pelatihan herbarium diharapkan mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA serta menumbuhkan sikap afektif seperti rasa ingin tahu, cinta lingkungan, dan kreatifitas siswa. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2021-12-07 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/15715 10.23917/bkkndik.v3i2.15715 Buletin KKN Pendidikan; Vol. 3, No. 2, Desember 2021; 194-201 2716-0327 10.23917/bkkndik.v3i2 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/15715/7096 https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/downloadSuppFile/15715/3794 https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/downloadSuppFile/15715/3810 https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/downloadSuppFile/15715/3870 Copyright (c) 2021 Andari Tri Suryawati https://creativecommons.org/licenses/by/4.0
spellingShingle dikotil; herbarium; monokotil; pembelajaran virtual; softskill
Suryawati, Andari Tri
Nuraini, Siti
Anif, Sofyan
Sidiq, Yasir
Handayani, Trikinasih
Septinawati, Septinawati
Penguatan Materi Dikotil dan Monokotil melalui Pembuatan Herbarium Kering di SD Negeri 3 Jambakan Klaten
title Penguatan Materi Dikotil dan Monokotil melalui Pembuatan Herbarium Kering di SD Negeri 3 Jambakan Klaten
title_full Penguatan Materi Dikotil dan Monokotil melalui Pembuatan Herbarium Kering di SD Negeri 3 Jambakan Klaten
title_fullStr Penguatan Materi Dikotil dan Monokotil melalui Pembuatan Herbarium Kering di SD Negeri 3 Jambakan Klaten
title_full_unstemmed Penguatan Materi Dikotil dan Monokotil melalui Pembuatan Herbarium Kering di SD Negeri 3 Jambakan Klaten
title_short Penguatan Materi Dikotil dan Monokotil melalui Pembuatan Herbarium Kering di SD Negeri 3 Jambakan Klaten
title_sort penguatan materi dikotil dan monokotil melalui pembuatan herbarium kering di sd negeri 3 jambakan klaten
topic dikotil; herbarium; monokotil; pembelajaran virtual; softskill
topic_facet dikotil; herbarium; monokotil; pembelajaran virtual; softskill
url https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/15715
work_keys_str_mv AT suryawatiandaritri penguatanmateridikotildanmonokotilmelaluipembuatanherbariumkeringdisdnegeri3jambakanklaten
AT nurainisiti penguatanmateridikotildanmonokotilmelaluipembuatanherbariumkeringdisdnegeri3jambakanklaten
AT anifsofyan penguatanmateridikotildanmonokotilmelaluipembuatanherbariumkeringdisdnegeri3jambakanklaten
AT sidiqyasir penguatanmateridikotildanmonokotilmelaluipembuatanherbariumkeringdisdnegeri3jambakanklaten
AT handayanitrikinasih penguatanmateridikotildanmonokotilmelaluipembuatanherbariumkeringdisdnegeri3jambakanklaten
AT septinawatiseptinawati penguatanmateridikotildanmonokotilmelaluipembuatanherbariumkeringdisdnegeri3jambakanklaten