Penguatan Materi Dikotil dan Monokotil melalui Pembuatan Herbarium Kering di SD Negeri 3 Jambakan Klaten
Pandemi Covid-19 membatasi pembelajaran tatap muka di sekolah, sehingga siswa harus melakukan kegiatan belajar secara virtual. Pembela-jaran virtual yang dilaksanakan secara terbatas berpotensi menurunkan minat belajar yang dapat berdampak pada menurunnya hasil belajar siswa. Berdasarkan fenomena te...
Saved in:
Main Authors: | , , , , , |
---|---|
Format: | UMS Journal (OJS) |
Language: | eng |
Published: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
2021
|
Subjects: | |
Online Access: | https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/15715 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1805340842773184512 |
---|---|
author | Suryawati, Andari Tri Nuraini, Siti Anif, Sofyan Sidiq, Yasir Handayani, Trikinasih Septinawati, Septinawati |
author_facet | Suryawati, Andari Tri Nuraini, Siti Anif, Sofyan Sidiq, Yasir Handayani, Trikinasih Septinawati, Septinawati |
author_sort | Suryawati, Andari Tri |
collection | OJS |
description | Pandemi Covid-19 membatasi pembelajaran tatap muka di sekolah, sehingga siswa harus melakukan kegiatan belajar secara virtual. Pembela-jaran virtual yang dilaksanakan secara terbatas berpotensi menurunkan minat belajar yang dapat berdampak pada menurunnya hasil belajar siswa. Berdasarkan fenomena tersebut, mahasiswa KKN FKIP UMS berusaha memberi terobosan model penugasan yang menyenangkan dan meningkatkan minat siswa untuk belajar dengan pelatihan herbarium. Tujuan kegiatan ini untuk mengetahui pengaruh pelatihan pembuatan herbarium kering terhadap hasil belajar siswa pada materi tanaman monokotil dan dikotil di SD Negeri 3 Jambakan. Pelatihan herbarium diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya materi tanaman dikotil dan monokotil. Penelitian dil-aksanakan sebagai rangkaian kegiatan pelatihan kepada siswa dilengkapi dengan evaluasi hasil belajar melalui pre-test dan post-test. Hasil pre-test dan post-test dianalisis dengan uji paired sample T-test. Hasil analisis menunjukkan pelatihan herbarium berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi tanaman monokotil dan dikotil di SD Negeri 3 Jambakan. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar pada materi monokotil dan dikotil. Kegiatan pelatihan herbarium diharapkan mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA serta menumbuhkan sikap afektif seperti rasa ingin tahu, cinta lingkungan, dan kreatifitas siswa. |
format | UMS Journal (OJS) |
id | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-15715 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | eng |
publishDate | 2021 |
publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta |
record_format | ojs |
spelling | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-15715 Penguatan Materi Dikotil dan Monokotil melalui Pembuatan Herbarium Kering di SD Negeri 3 Jambakan Klaten Suryawati, Andari Tri Nuraini, Siti Anif, Sofyan Sidiq, Yasir Handayani, Trikinasih Septinawati, Septinawati dikotil; herbarium; monokotil; pembelajaran virtual; softskill Pandemi Covid-19 membatasi pembelajaran tatap muka di sekolah, sehingga siswa harus melakukan kegiatan belajar secara virtual. Pembela-jaran virtual yang dilaksanakan secara terbatas berpotensi menurunkan minat belajar yang dapat berdampak pada menurunnya hasil belajar siswa. Berdasarkan fenomena tersebut, mahasiswa KKN FKIP UMS berusaha memberi terobosan model penugasan yang menyenangkan dan meningkatkan minat siswa untuk belajar dengan pelatihan herbarium. Tujuan kegiatan ini untuk mengetahui pengaruh pelatihan pembuatan herbarium kering terhadap hasil belajar siswa pada materi tanaman monokotil dan dikotil di SD Negeri 3 Jambakan. Pelatihan herbarium diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya materi tanaman dikotil dan monokotil. Penelitian dil-aksanakan sebagai rangkaian kegiatan pelatihan kepada siswa dilengkapi dengan evaluasi hasil belajar melalui pre-test dan post-test. Hasil pre-test dan post-test dianalisis dengan uji paired sample T-test. Hasil analisis menunjukkan pelatihan herbarium berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi tanaman monokotil dan dikotil di SD Negeri 3 Jambakan. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar pada materi monokotil dan dikotil. Kegiatan pelatihan herbarium diharapkan mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA serta menumbuhkan sikap afektif seperti rasa ingin tahu, cinta lingkungan, dan kreatifitas siswa. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2021-12-07 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/15715 10.23917/bkkndik.v3i2.15715 Buletin KKN Pendidikan; Vol. 3, No. 2, Desember 2021; 194-201 2716-0327 10.23917/bkkndik.v3i2 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/15715/7096 https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/downloadSuppFile/15715/3794 https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/downloadSuppFile/15715/3810 https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/downloadSuppFile/15715/3870 Copyright (c) 2021 Andari Tri Suryawati https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
spellingShingle | dikotil; herbarium; monokotil; pembelajaran virtual; softskill Suryawati, Andari Tri Nuraini, Siti Anif, Sofyan Sidiq, Yasir Handayani, Trikinasih Septinawati, Septinawati Penguatan Materi Dikotil dan Monokotil melalui Pembuatan Herbarium Kering di SD Negeri 3 Jambakan Klaten |
title | Penguatan Materi Dikotil dan Monokotil melalui Pembuatan Herbarium Kering di SD Negeri 3 Jambakan Klaten |
title_full | Penguatan Materi Dikotil dan Monokotil melalui Pembuatan Herbarium Kering di SD Negeri 3 Jambakan Klaten |
title_fullStr | Penguatan Materi Dikotil dan Monokotil melalui Pembuatan Herbarium Kering di SD Negeri 3 Jambakan Klaten |
title_full_unstemmed | Penguatan Materi Dikotil dan Monokotil melalui Pembuatan Herbarium Kering di SD Negeri 3 Jambakan Klaten |
title_short | Penguatan Materi Dikotil dan Monokotil melalui Pembuatan Herbarium Kering di SD Negeri 3 Jambakan Klaten |
title_sort | penguatan materi dikotil dan monokotil melalui pembuatan herbarium kering di sd negeri 3 jambakan klaten |
topic | dikotil; herbarium; monokotil; pembelajaran virtual; softskill |
topic_facet | dikotil; herbarium; monokotil; pembelajaran virtual; softskill |
url | https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/15715 |
work_keys_str_mv | AT suryawatiandaritri penguatanmateridikotildanmonokotilmelaluipembuatanherbariumkeringdisdnegeri3jambakanklaten AT nurainisiti penguatanmateridikotildanmonokotilmelaluipembuatanherbariumkeringdisdnegeri3jambakanklaten AT anifsofyan penguatanmateridikotildanmonokotilmelaluipembuatanherbariumkeringdisdnegeri3jambakanklaten AT sidiqyasir penguatanmateridikotildanmonokotilmelaluipembuatanherbariumkeringdisdnegeri3jambakanklaten AT handayanitrikinasih penguatanmateridikotildanmonokotilmelaluipembuatanherbariumkeringdisdnegeri3jambakanklaten AT septinawatiseptinawati penguatanmateridikotildanmonokotilmelaluipembuatanherbariumkeringdisdnegeri3jambakanklaten |