RUANG SISWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI DI SMP NEGERI 3 PANGKALPINANG

Di masa pandemi Covid-19 ini diperlukan media pembelajaran yang menjembatani proses pembelajaran daring, tak terkecuali untuk mata pelajaran matematika yang dinilai sebagai mata pelajaran yang kurang diminati peserta didik. SMP Negeri 3 Pangkalpinang memanfaatkan Ruang Siswa sebagai media pembelajar...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Widyani, Fitri Anggi, Wulandari, Fitri, Sari, Christina Kartika, Setyaningsih, Rini
Format: UMS Journal (OJS)
Language:eng
Published: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2021
Subjects:
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/14821
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1805340823978508288
author Widyani, Fitri Anggi
Wulandari, Fitri
Sari, Christina Kartika
Setyaningsih, Rini
author_facet Widyani, Fitri Anggi
Wulandari, Fitri
Sari, Christina Kartika
Setyaningsih, Rini
author_sort Widyani, Fitri Anggi
collection OJS
description Di masa pandemi Covid-19 ini diperlukan media pembelajaran yang menjembatani proses pembelajaran daring, tak terkecuali untuk mata pelajaran matematika yang dinilai sebagai mata pelajaran yang kurang diminati peserta didik. SMP Negeri 3 Pangkalpinang memanfaatkan Ruang Siswa sebagai media pembelajaran untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan pengelolaan Ruang Siswa sebagai media pembelajaran  di SMP Negeri 3 Pangkalpinang, 2) menganalisis respon peserta didik dalam penggunaan Ruang Siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara, dan dokumentasi. Sampel penelitian adalah 42 peserta didik kelas IX di SMP Negeri 3 Pangkalpinang. Selain itu, wawancara dan dokumentasi juga dilakukan untuk menggali data mendalam terkait pengelolaan Ruang Siswa. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, peserta didik merespon positif penggunaan Ruang Siswa dalam pembelajaran daring di SMP Negeri 3 Pangkalpinang, tapi perlu dioptimalkan lagi dalam pembelajaran matematika.ort to their students in order to increase learning independence.
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-14821
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language eng
publishDate 2021
publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-14821 RUANG SISWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI DI SMP NEGERI 3 PANGKALPINANG Widyani, Fitri Anggi Wulandari, Fitri Sari, Christina Kartika Setyaningsih, Rini dance;cultural;homogenization Di masa pandemi Covid-19 ini diperlukan media pembelajaran yang menjembatani proses pembelajaran daring, tak terkecuali untuk mata pelajaran matematika yang dinilai sebagai mata pelajaran yang kurang diminati peserta didik. SMP Negeri 3 Pangkalpinang memanfaatkan Ruang Siswa sebagai media pembelajaran untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan pengelolaan Ruang Siswa sebagai media pembelajaran  di SMP Negeri 3 Pangkalpinang, 2) menganalisis respon peserta didik dalam penggunaan Ruang Siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara, dan dokumentasi. Sampel penelitian adalah 42 peserta didik kelas IX di SMP Negeri 3 Pangkalpinang. Selain itu, wawancara dan dokumentasi juga dilakukan untuk menggali data mendalam terkait pengelolaan Ruang Siswa. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, peserta didik merespon positif penggunaan Ruang Siswa dalam pembelajaran daring di SMP Negeri 3 Pangkalpinang, tapi perlu dioptimalkan lagi dalam pembelajaran matematika.ort to their students in order to increase learning independence. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2021-12-31 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/14821 10.23917/blbs.v3i2.14821 asw; Vol 3, No. 2, Desember 2021; 96-108 2721-8422 1411-5190 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/14821/7187 Copyright (c) 2021 Buletin Literasi Budaya Sekolah https://creativecommons.org/licenses/by/4.0
spellingShingle dance;cultural;homogenization
Widyani, Fitri Anggi
Wulandari, Fitri
Sari, Christina Kartika
Setyaningsih, Rini
RUANG SISWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI DI SMP NEGERI 3 PANGKALPINANG
title RUANG SISWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI DI SMP NEGERI 3 PANGKALPINANG
title_full RUANG SISWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI DI SMP NEGERI 3 PANGKALPINANG
title_fullStr RUANG SISWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI DI SMP NEGERI 3 PANGKALPINANG
title_full_unstemmed RUANG SISWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI DI SMP NEGERI 3 PANGKALPINANG
title_short RUANG SISWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI DI SMP NEGERI 3 PANGKALPINANG
title_sort ruang siswa sebagai media pembelajaran matematika pada masa pandemi di smp negeri 3 pangkalpinang
topic dance;cultural;homogenization
topic_facet dance;cultural;homogenization
url https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/14821
work_keys_str_mv AT widyanifitrianggi ruangsiswasebagaimediapembelajaranmatematikapadamasapandemidismpnegeri3pangkalpinang
AT wulandarifitri ruangsiswasebagaimediapembelajaranmatematikapadamasapandemidismpnegeri3pangkalpinang
AT sarichristinakartika ruangsiswasebagaimediapembelajaranmatematikapadamasapandemidismpnegeri3pangkalpinang
AT setyaningsihrini ruangsiswasebagaimediapembelajaranmatematikapadamasapandemidismpnegeri3pangkalpinang