RUANG SISWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI DI SMP NEGERI 3 PANGKALPINANG
Di masa pandemi Covid-19 ini diperlukan media pembelajaran yang menjembatani proses pembelajaran daring, tak terkecuali untuk mata pelajaran matematika yang dinilai sebagai mata pelajaran yang kurang diminati peserta didik. SMP Negeri 3 Pangkalpinang memanfaatkan Ruang Siswa sebagai media pembelajar...
Saved in:
Main Authors: | , , , |
---|---|
Format: | UMS Journal (OJS) |
Language: | eng |
Published: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
2021
|
Subjects: | |
Online Access: | https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/14821 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1805340823978508288 |
---|---|
author | Widyani, Fitri Anggi Wulandari, Fitri Sari, Christina Kartika Setyaningsih, Rini |
author_facet | Widyani, Fitri Anggi Wulandari, Fitri Sari, Christina Kartika Setyaningsih, Rini |
author_sort | Widyani, Fitri Anggi |
collection | OJS |
description | Di masa pandemi Covid-19 ini diperlukan media pembelajaran yang menjembatani proses pembelajaran daring, tak terkecuali untuk mata pelajaran matematika yang dinilai sebagai mata pelajaran yang kurang diminati peserta didik. SMP Negeri 3 Pangkalpinang memanfaatkan Ruang Siswa sebagai media pembelajaran untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan pengelolaan Ruang Siswa sebagai media pembelajaran di SMP Negeri 3 Pangkalpinang, 2) menganalisis respon peserta didik dalam penggunaan Ruang Siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara, dan dokumentasi. Sampel penelitian adalah 42 peserta didik kelas IX di SMP Negeri 3 Pangkalpinang. Selain itu, wawancara dan dokumentasi juga dilakukan untuk menggali data mendalam terkait pengelolaan Ruang Siswa. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, peserta didik merespon positif penggunaan Ruang Siswa dalam pembelajaran daring di SMP Negeri 3 Pangkalpinang, tapi perlu dioptimalkan lagi dalam pembelajaran matematika.ort to their students in order to increase learning independence. |
format | UMS Journal (OJS) |
id | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-14821 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | eng |
publishDate | 2021 |
publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
record_format | ojs |
spelling | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-14821 RUANG SISWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI DI SMP NEGERI 3 PANGKALPINANG Widyani, Fitri Anggi Wulandari, Fitri Sari, Christina Kartika Setyaningsih, Rini dance;cultural;homogenization Di masa pandemi Covid-19 ini diperlukan media pembelajaran yang menjembatani proses pembelajaran daring, tak terkecuali untuk mata pelajaran matematika yang dinilai sebagai mata pelajaran yang kurang diminati peserta didik. SMP Negeri 3 Pangkalpinang memanfaatkan Ruang Siswa sebagai media pembelajaran untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan pengelolaan Ruang Siswa sebagai media pembelajaran di SMP Negeri 3 Pangkalpinang, 2) menganalisis respon peserta didik dalam penggunaan Ruang Siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara, dan dokumentasi. Sampel penelitian adalah 42 peserta didik kelas IX di SMP Negeri 3 Pangkalpinang. Selain itu, wawancara dan dokumentasi juga dilakukan untuk menggali data mendalam terkait pengelolaan Ruang Siswa. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, peserta didik merespon positif penggunaan Ruang Siswa dalam pembelajaran daring di SMP Negeri 3 Pangkalpinang, tapi perlu dioptimalkan lagi dalam pembelajaran matematika.ort to their students in order to increase learning independence. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2021-12-31 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/14821 10.23917/blbs.v3i2.14821 asw; Vol 3, No. 2, Desember 2021; 96-108 2721-8422 1411-5190 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/14821/7187 Copyright (c) 2021 Buletin Literasi Budaya Sekolah https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
spellingShingle | dance;cultural;homogenization Widyani, Fitri Anggi Wulandari, Fitri Sari, Christina Kartika Setyaningsih, Rini RUANG SISWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI DI SMP NEGERI 3 PANGKALPINANG |
title | RUANG SISWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI DI SMP NEGERI 3 PANGKALPINANG |
title_full | RUANG SISWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI DI SMP NEGERI 3 PANGKALPINANG |
title_fullStr | RUANG SISWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI DI SMP NEGERI 3 PANGKALPINANG |
title_full_unstemmed | RUANG SISWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI DI SMP NEGERI 3 PANGKALPINANG |
title_short | RUANG SISWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI DI SMP NEGERI 3 PANGKALPINANG |
title_sort | ruang siswa sebagai media pembelajaran matematika pada masa pandemi di smp negeri 3 pangkalpinang |
topic | dance;cultural;homogenization |
topic_facet | dance;cultural;homogenization |
url | https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/14821 |
work_keys_str_mv | AT widyanifitrianggi ruangsiswasebagaimediapembelajaranmatematikapadamasapandemidismpnegeri3pangkalpinang AT wulandarifitri ruangsiswasebagaimediapembelajaranmatematikapadamasapandemidismpnegeri3pangkalpinang AT sarichristinakartika ruangsiswasebagaimediapembelajaranmatematikapadamasapandemidismpnegeri3pangkalpinang AT setyaningsihrini ruangsiswasebagaimediapembelajaranmatematikapadamasapandemidismpnegeri3pangkalpinang |