RUANG SISWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI DI SMP NEGERI 3 PANGKALPINANG

Di masa pandemi Covid-19 ini diperlukan media pembelajaran yang menjembatani proses pembelajaran daring, tak terkecuali untuk mata pelajaran matematika yang dinilai sebagai mata pelajaran yang kurang diminati peserta didik. SMP Negeri 3 Pangkalpinang memanfaatkan Ruang Siswa sebagai media pembelajar...

Descripción completa

Guardado en:
Detalles Bibliográficos
Autores principales: Widyani, Fitri Anggi, Wulandari, Fitri, Sari, Christina Kartika, Setyaningsih, Rini
Formato: UMS Journal (OJS)
Lenguaje:eng
Publicado: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2021
Materias:
Acceso en línea:https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/14821
Etiquetas: Agregar Etiqueta
Sin Etiquetas, Sea el primero en etiquetar este registro!
Descripción
Sumario:Di masa pandemi Covid-19 ini diperlukan media pembelajaran yang menjembatani proses pembelajaran daring, tak terkecuali untuk mata pelajaran matematika yang dinilai sebagai mata pelajaran yang kurang diminati peserta didik. SMP Negeri 3 Pangkalpinang memanfaatkan Ruang Siswa sebagai media pembelajaran untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan pengelolaan Ruang Siswa sebagai media pembelajaran  di SMP Negeri 3 Pangkalpinang, 2) menganalisis respon peserta didik dalam penggunaan Ruang Siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara, dan dokumentasi. Sampel penelitian adalah 42 peserta didik kelas IX di SMP Negeri 3 Pangkalpinang. Selain itu, wawancara dan dokumentasi juga dilakukan untuk menggali data mendalam terkait pengelolaan Ruang Siswa. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, peserta didik merespon positif penggunaan Ruang Siswa dalam pembelajaran daring di SMP Negeri 3 Pangkalpinang, tapi perlu dioptimalkan lagi dalam pembelajaran matematika.ort to their students in order to increase learning independence.