Pengembangan Diri Anak SD Berbasis Seni pada Masa Pandemi di Kupang

ak satu tahun yang lalu Indonesia masih mengadakan pembelajaran daring akibat terjadinya pandemi corona. Selama pembelajaran daring terjadi peserta didik di dusun Grujugan mendapatkan pembelajaran yang berfokus pada pengerjaan soal pada buku tematik saja. Jika melihat dari kegiatan tersebut tentunya...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Ihwan, Ihwan, Lestari, Nurdiyah, Wulansari, Fauziah, Wulansari, Wulansari, Khasanah, Miftakhul
Format: UMS Journal (OJS)
Language:eng
Published: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2021
Subjects:
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/14666
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1805340846631944192
author Ihwan, Ihwan
Lestari, Nurdiyah
Wulansari, Fauziah
Wulansari, Wulansari
Khasanah, Miftakhul
author_facet Ihwan, Ihwan
Lestari, Nurdiyah
Wulansari, Fauziah
Wulansari, Wulansari
Khasanah, Miftakhul
author_sort Ihwan, Ihwan
collection OJS
description ak satu tahun yang lalu Indonesia masih mengadakan pembelajaran daring akibat terjadinya pandemi corona. Selama pembelajaran daring terjadi peserta didik di dusun Grujugan mendapatkan pembelajaran yang berfokus pada pengerjaan soal pada buku tematik saja. Jika melihat dari kegiatan tersebut tentunya hanya aspek kognitif saja yang terpenuhi sedangkan aspek psikomotorik dan afektif belum terpenuhi. Sehingga hal ini menjadikan peneliti melakukan pengabdian masyarakat di dusun Grujugan. Tujuan pengabdian ini untuk memberikan pengembangan diri berbasis seni agar aspek psikomotorik dan afektif peserta didik selama masa pandemi tetap didapatkan. Mitra pengabdian pada KKN Dikmas ini adalah peserta didik kelas 4 dan 5. Metode pengabdian yang digunakan adalah metode pelatihan. Dimana peneliti memberikan contoh terhadap suatu karya yang harus dibuat lalu peserta didik dapat meniru atau membuat karya dengan tema sendiri. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa dengan mengadakan pengembangan diri berbasis seni yaitu menggambar dan mewarnai, pointilis, menggunting dan menempel, membuat celengan, mozaik, kreasi cap menggunakan bahan alam, tie dye, dan clay peserta didik dapat memenuhi aspek psikomotorik pada tingkatan naturalisasi yaitu membuat suatu produk dan aspek afektif yang terpenuhi ialah tingkatan menghargai yaitu ikut serta dalam pembuatan karya seni.
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-14666
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language eng
publishDate 2021
publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-14666 Pengembangan Diri Anak SD Berbasis Seni pada Masa Pandemi di Kupang Ihwan, Ihwan Lestari, Nurdiyah Wulansari, Fauziah Wulansari, Wulansari Khasanah, Miftakhul seni kriya; seni rupa; pengembangan diri ak satu tahun yang lalu Indonesia masih mengadakan pembelajaran daring akibat terjadinya pandemi corona. Selama pembelajaran daring terjadi peserta didik di dusun Grujugan mendapatkan pembelajaran yang berfokus pada pengerjaan soal pada buku tematik saja. Jika melihat dari kegiatan tersebut tentunya hanya aspek kognitif saja yang terpenuhi sedangkan aspek psikomotorik dan afektif belum terpenuhi. Sehingga hal ini menjadikan peneliti melakukan pengabdian masyarakat di dusun Grujugan. Tujuan pengabdian ini untuk memberikan pengembangan diri berbasis seni agar aspek psikomotorik dan afektif peserta didik selama masa pandemi tetap didapatkan. Mitra pengabdian pada KKN Dikmas ini adalah peserta didik kelas 4 dan 5. Metode pengabdian yang digunakan adalah metode pelatihan. Dimana peneliti memberikan contoh terhadap suatu karya yang harus dibuat lalu peserta didik dapat meniru atau membuat karya dengan tema sendiri. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa dengan mengadakan pengembangan diri berbasis seni yaitu menggambar dan mewarnai, pointilis, menggunting dan menempel, membuat celengan, mozaik, kreasi cap menggunakan bahan alam, tie dye, dan clay peserta didik dapat memenuhi aspek psikomotorik pada tingkatan naturalisasi yaitu membuat suatu produk dan aspek afektif yang terpenuhi ialah tingkatan menghargai yaitu ikut serta dalam pembuatan karya seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2021-07-02 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/14666 10.23917/bkkndik.v3i1.14666 Buletin KKN Pendidikan; Vol. 3, No. 1, Juli 2021; 33-44 2716-0327 10.23917/bkkndik.v3i1 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/14666/6698 https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/downloadSuppFile/14666/3291 https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/downloadSuppFile/14666/3292 https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/downloadSuppFile/14666/3293 Copyright (c) 2021 Fauziah Wulansari https://creativecommons.org/licenses/by/4.0
spellingShingle seni kriya; seni rupa; pengembangan diri
Ihwan, Ihwan
Lestari, Nurdiyah
Wulansari, Fauziah
Wulansari, Wulansari
Khasanah, Miftakhul
Pengembangan Diri Anak SD Berbasis Seni pada Masa Pandemi di Kupang
title Pengembangan Diri Anak SD Berbasis Seni pada Masa Pandemi di Kupang
title_full Pengembangan Diri Anak SD Berbasis Seni pada Masa Pandemi di Kupang
title_fullStr Pengembangan Diri Anak SD Berbasis Seni pada Masa Pandemi di Kupang
title_full_unstemmed Pengembangan Diri Anak SD Berbasis Seni pada Masa Pandemi di Kupang
title_short Pengembangan Diri Anak SD Berbasis Seni pada Masa Pandemi di Kupang
title_sort pengembangan diri anak sd berbasis seni pada masa pandemi di kupang
topic seni kriya; seni rupa; pengembangan diri
topic_facet seni kriya; seni rupa; pengembangan diri
url https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/14666
work_keys_str_mv AT ihwanihwan pengembangandirianaksdberbasissenipadamasapandemidikupang
AT lestarinurdiyah pengembangandirianaksdberbasissenipadamasapandemidikupang
AT wulansarifauziah pengembangandirianaksdberbasissenipadamasapandemidikupang
AT wulansariwulansari pengembangandirianaksdberbasissenipadamasapandemidikupang
AT khasanahmiftakhul pengembangandirianaksdberbasissenipadamasapandemidikupang