Pengembangan Diri Anak SD Berbasis Seni pada Masa Pandemi di Kupang
ak satu tahun yang lalu Indonesia masih mengadakan pembelajaran daring akibat terjadinya pandemi corona. Selama pembelajaran daring terjadi peserta didik di dusun Grujugan mendapatkan pembelajaran yang berfokus pada pengerjaan soal pada buku tematik saja. Jika melihat dari kegiatan tersebut tentunya...
Saved in:
Main Authors: | , , , , |
---|---|
Format: | UMS Journal (OJS) |
Language: | eng |
Published: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
2021
|
Subjects: | |
Online Access: | https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/14666 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1805340846631944192 |
---|---|
author | Ihwan, Ihwan Lestari, Nurdiyah Wulansari, Fauziah Wulansari, Wulansari Khasanah, Miftakhul |
author_facet | Ihwan, Ihwan Lestari, Nurdiyah Wulansari, Fauziah Wulansari, Wulansari Khasanah, Miftakhul |
author_sort | Ihwan, Ihwan |
collection | OJS |
description | ak satu tahun yang lalu Indonesia masih mengadakan pembelajaran daring akibat terjadinya pandemi corona. Selama pembelajaran daring terjadi peserta didik di dusun Grujugan mendapatkan pembelajaran yang berfokus pada pengerjaan soal pada buku tematik saja. Jika melihat dari kegiatan tersebut tentunya hanya aspek kognitif saja yang terpenuhi sedangkan aspek psikomotorik dan afektif belum terpenuhi. Sehingga hal ini menjadikan peneliti melakukan pengabdian masyarakat di dusun Grujugan. Tujuan pengabdian ini untuk memberikan pengembangan diri berbasis seni agar aspek psikomotorik dan afektif peserta didik selama masa pandemi tetap didapatkan. Mitra pengabdian pada KKN Dikmas ini adalah peserta didik kelas 4 dan 5. Metode pengabdian yang digunakan adalah metode pelatihan. Dimana peneliti memberikan contoh terhadap suatu karya yang harus dibuat lalu peserta didik dapat meniru atau membuat karya dengan tema sendiri. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa dengan mengadakan pengembangan diri berbasis seni yaitu menggambar dan mewarnai, pointilis, menggunting dan menempel, membuat celengan, mozaik, kreasi cap menggunakan bahan alam, tie dye, dan clay peserta didik dapat memenuhi aspek psikomotorik pada tingkatan naturalisasi yaitu membuat suatu produk dan aspek afektif yang terpenuhi ialah tingkatan menghargai yaitu ikut serta dalam pembuatan karya seni. |
format | UMS Journal (OJS) |
id | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-14666 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | eng |
publishDate | 2021 |
publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta |
record_format | ojs |
spelling | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-14666 Pengembangan Diri Anak SD Berbasis Seni pada Masa Pandemi di Kupang Ihwan, Ihwan Lestari, Nurdiyah Wulansari, Fauziah Wulansari, Wulansari Khasanah, Miftakhul seni kriya; seni rupa; pengembangan diri ak satu tahun yang lalu Indonesia masih mengadakan pembelajaran daring akibat terjadinya pandemi corona. Selama pembelajaran daring terjadi peserta didik di dusun Grujugan mendapatkan pembelajaran yang berfokus pada pengerjaan soal pada buku tematik saja. Jika melihat dari kegiatan tersebut tentunya hanya aspek kognitif saja yang terpenuhi sedangkan aspek psikomotorik dan afektif belum terpenuhi. Sehingga hal ini menjadikan peneliti melakukan pengabdian masyarakat di dusun Grujugan. Tujuan pengabdian ini untuk memberikan pengembangan diri berbasis seni agar aspek psikomotorik dan afektif peserta didik selama masa pandemi tetap didapatkan. Mitra pengabdian pada KKN Dikmas ini adalah peserta didik kelas 4 dan 5. Metode pengabdian yang digunakan adalah metode pelatihan. Dimana peneliti memberikan contoh terhadap suatu karya yang harus dibuat lalu peserta didik dapat meniru atau membuat karya dengan tema sendiri. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa dengan mengadakan pengembangan diri berbasis seni yaitu menggambar dan mewarnai, pointilis, menggunting dan menempel, membuat celengan, mozaik, kreasi cap menggunakan bahan alam, tie dye, dan clay peserta didik dapat memenuhi aspek psikomotorik pada tingkatan naturalisasi yaitu membuat suatu produk dan aspek afektif yang terpenuhi ialah tingkatan menghargai yaitu ikut serta dalam pembuatan karya seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2021-07-02 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/14666 10.23917/bkkndik.v3i1.14666 Buletin KKN Pendidikan; Vol. 3, No. 1, Juli 2021; 33-44 2716-0327 10.23917/bkkndik.v3i1 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/14666/6698 https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/downloadSuppFile/14666/3291 https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/downloadSuppFile/14666/3292 https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/downloadSuppFile/14666/3293 Copyright (c) 2021 Fauziah Wulansari https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
spellingShingle | seni kriya; seni rupa; pengembangan diri Ihwan, Ihwan Lestari, Nurdiyah Wulansari, Fauziah Wulansari, Wulansari Khasanah, Miftakhul Pengembangan Diri Anak SD Berbasis Seni pada Masa Pandemi di Kupang |
title | Pengembangan Diri Anak SD Berbasis Seni pada Masa Pandemi di Kupang |
title_full | Pengembangan Diri Anak SD Berbasis Seni pada Masa Pandemi di Kupang |
title_fullStr | Pengembangan Diri Anak SD Berbasis Seni pada Masa Pandemi di Kupang |
title_full_unstemmed | Pengembangan Diri Anak SD Berbasis Seni pada Masa Pandemi di Kupang |
title_short | Pengembangan Diri Anak SD Berbasis Seni pada Masa Pandemi di Kupang |
title_sort | pengembangan diri anak sd berbasis seni pada masa pandemi di kupang |
topic | seni kriya; seni rupa; pengembangan diri |
topic_facet | seni kriya; seni rupa; pengembangan diri |
url | https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/14666 |
work_keys_str_mv | AT ihwanihwan pengembangandirianaksdberbasissenipadamasapandemidikupang AT lestarinurdiyah pengembangandirianaksdberbasissenipadamasapandemidikupang AT wulansarifauziah pengembangandirianaksdberbasissenipadamasapandemidikupang AT wulansariwulansari pengembangandirianaksdberbasissenipadamasapandemidikupang AT khasanahmiftakhul pengembangandirianaksdberbasissenipadamasapandemidikupang |