Pelatihan Seni sebagai Upaya Optimalisasi Potensi Hemisfer Kanan pada Anak Usia Sekolah

Era globalisasi semakin merambah ke berbagai penjuru dunia, terlebih lagi dalam dunia pendidikan. Paradigma yang muncul memiliki arah yang lebih condong terhadap otonomi pendidikan. Pendidikan yang didapatkan melalui pendidikan formal dan nonformal. Adanya pandemi covid-19 yang menyerang hampir di b...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Purwanti, Shandy Novilya, Nurcahyo, Aditya, Ratih, Koesoemo, Supriyadi, Hendra
Format: UMS Journal (OJS)
Language:eng
Published: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2021
Subjects:
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/14644
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1805340842227924992
author Purwanti, Shandy Novilya
Nurcahyo, Aditya
Ratih, Koesoemo
Supriyadi, Hendra
author_facet Purwanti, Shandy Novilya
Nurcahyo, Aditya
Ratih, Koesoemo
Supriyadi, Hendra
author_sort Purwanti, Shandy Novilya
collection OJS
description Era globalisasi semakin merambah ke berbagai penjuru dunia, terlebih lagi dalam dunia pendidikan. Paradigma yang muncul memiliki arah yang lebih condong terhadap otonomi pendidikan. Pendidikan yang didapatkan melalui pendidikan formal dan nonformal. Adanya pandemi covid-19 yang menyerang hampir di berbagai penjuru dunia, membuat peserta didik harus melaksanakan pendidikan formal di rumah masing-masing. Pandemi covid-19 ini memiliki dampak yang cukup banyak, salah satunya yaitu dampak akan perkembangan hemisfer kanan (otak kanan) peserta didik. Peserta didik yang sering dituntut untuk mengejar akademisnya, membuat tenaga pendidik, pemerintah, maupun orang tua peserta didik lupa akan perkembangan hemisfer kanan peserta didik. Sebagai usaha dalam mengatasi permasalahan tersebut, maka pelaksanaan kegiatan KKN-Dik yang bertempat di wilayah RT 03 RW 04 Kelurahan Kraton, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal membuat program kerja pelatihan seni guna mengoptimalkan potensi hemisfer kanan pada peserta didik. Kegiatan dengan menggunakan metode pengabdian kepada masyarakat dan menggunakan teknik wawancara serta observasi ini memiliki hasil bahwa pelatihan seni yang ditujukan kepada peserta didik mampu mengoptimalkan potensi hemisfer kanan peserta didik. Dikatakan berhasil karena peserta didik dapat berkomunikasi dengan baik, mampu bersosialisasi, memiliki kreativitas dan imajinasi yang luas, serta mampu mengingat dan berekspresi dengan baik. Oleh karena itu, kegiatan pelatihan seni dalam KKN-Dik ini sangat penting dilakukan dan dapat diteruskan oleh warga maupun orang tua peserta didik supaya hemisfer kanan peserta didik tetap optimal.
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-14644
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language eng
publishDate 2021
publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-14644 Pelatihan Seni sebagai Upaya Optimalisasi Potensi Hemisfer Kanan pada Anak Usia Sekolah Purwanti, Shandy Novilya Nurcahyo, Aditya Ratih, Koesoemo Supriyadi, Hendra hemisfer kanan; pelatihan seni; potensi Era globalisasi semakin merambah ke berbagai penjuru dunia, terlebih lagi dalam dunia pendidikan. Paradigma yang muncul memiliki arah yang lebih condong terhadap otonomi pendidikan. Pendidikan yang didapatkan melalui pendidikan formal dan nonformal. Adanya pandemi covid-19 yang menyerang hampir di berbagai penjuru dunia, membuat peserta didik harus melaksanakan pendidikan formal di rumah masing-masing. Pandemi covid-19 ini memiliki dampak yang cukup banyak, salah satunya yaitu dampak akan perkembangan hemisfer kanan (otak kanan) peserta didik. Peserta didik yang sering dituntut untuk mengejar akademisnya, membuat tenaga pendidik, pemerintah, maupun orang tua peserta didik lupa akan perkembangan hemisfer kanan peserta didik. Sebagai usaha dalam mengatasi permasalahan tersebut, maka pelaksanaan kegiatan KKN-Dik yang bertempat di wilayah RT 03 RW 04 Kelurahan Kraton, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal membuat program kerja pelatihan seni guna mengoptimalkan potensi hemisfer kanan pada peserta didik. Kegiatan dengan menggunakan metode pengabdian kepada masyarakat dan menggunakan teknik wawancara serta observasi ini memiliki hasil bahwa pelatihan seni yang ditujukan kepada peserta didik mampu mengoptimalkan potensi hemisfer kanan peserta didik. Dikatakan berhasil karena peserta didik dapat berkomunikasi dengan baik, mampu bersosialisasi, memiliki kreativitas dan imajinasi yang luas, serta mampu mengingat dan berekspresi dengan baik. Oleh karena itu, kegiatan pelatihan seni dalam KKN-Dik ini sangat penting dilakukan dan dapat diteruskan oleh warga maupun orang tua peserta didik supaya hemisfer kanan peserta didik tetap optimal. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2021-07-02 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/14644 10.23917/bkkndik.v3i1.14644 Buletin KKN Pendidikan; Vol. 3, No. 1, Juli 2021; 23-32 2716-0327 10.23917/bkkndik.v3i1 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/14644/6697 https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/downloadSuppFile/14644/3282 https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/downloadSuppFile/14644/3283 https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/downloadSuppFile/14644/3284 Copyright (c) 2021 Shandy Novilya Purwanti, Hendra Supriyadi, Aditya Nurcahyo, Koesoemo Ratih https://creativecommons.org/licenses/by/4.0
spellingShingle hemisfer kanan; pelatihan seni; potensi
Purwanti, Shandy Novilya
Nurcahyo, Aditya
Ratih, Koesoemo
Supriyadi, Hendra
Pelatihan Seni sebagai Upaya Optimalisasi Potensi Hemisfer Kanan pada Anak Usia Sekolah
title Pelatihan Seni sebagai Upaya Optimalisasi Potensi Hemisfer Kanan pada Anak Usia Sekolah
title_full Pelatihan Seni sebagai Upaya Optimalisasi Potensi Hemisfer Kanan pada Anak Usia Sekolah
title_fullStr Pelatihan Seni sebagai Upaya Optimalisasi Potensi Hemisfer Kanan pada Anak Usia Sekolah
title_full_unstemmed Pelatihan Seni sebagai Upaya Optimalisasi Potensi Hemisfer Kanan pada Anak Usia Sekolah
title_short Pelatihan Seni sebagai Upaya Optimalisasi Potensi Hemisfer Kanan pada Anak Usia Sekolah
title_sort pelatihan seni sebagai upaya optimalisasi potensi hemisfer kanan pada anak usia sekolah
topic hemisfer kanan; pelatihan seni; potensi
topic_facet hemisfer kanan; pelatihan seni; potensi
url https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/14644
work_keys_str_mv AT purwantishandynovilya pelatihansenisebagaiupayaoptimalisasipotensihemisferkananpadaanakusiasekolah
AT nurcahyoaditya pelatihansenisebagaiupayaoptimalisasipotensihemisferkananpadaanakusiasekolah
AT ratihkoesoemo pelatihansenisebagaiupayaoptimalisasipotensihemisferkananpadaanakusiasekolah
AT supriyadihendra pelatihansenisebagaiupayaoptimalisasipotensihemisferkananpadaanakusiasekolah