PENGARUH EKSTRAKULIKULER CODING PADA SISWA SEKOLAH DASAR GUNA MENINGKATKAN COMPUTATIONAL THINGKING DI SEKOLAH AL-AZHAR SYIFA BUDI SOLO

Sebagian besar dari kita tidak tahu mengenai apa yang membuat smartphone, laptop, social media, dan video game kita dapat berjalan. Pengetahuan pemrograman dasar atau coding dapat mengubah cara kita berinteraksi dengan teknologi yang kita gunakan setiap hari, dan dapat membuka mata kita pada kemungk...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Ramadhan, Dafa Rizki Purna, Rosyada, Aulia Qisthi, Marliza, Widya, Kasatri, Dinda Eya Putri, Yuliana, Irma
Format: UMS Journal (OJS)
Language:eng
Published: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2020
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/11616
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1805340831728533504
author Ramadhan, Dafa Rizki Purna
Rosyada, Aulia Qisthi
Marliza, Widya
Kasatri, Dinda Eya Putri
Yuliana, Irma
author_facet Ramadhan, Dafa Rizki Purna
Rosyada, Aulia Qisthi
Marliza, Widya
Kasatri, Dinda Eya Putri
Yuliana, Irma
author_sort Ramadhan, Dafa Rizki Purna
collection OJS
description Sebagian besar dari kita tidak tahu mengenai apa yang membuat smartphone, laptop, social media, dan video game kita dapat berjalan. Pengetahuan pemrograman dasar atau coding dapat mengubah cara kita berinteraksi dengan teknologi yang kita gunakan setiap hari, dan dapat membuka mata kita pada kemungkinan pengkodingan yang tak terbatas. Setelah melakukan observasi di Sekolah Dasar Al-Azhar Syifa Budi Solo, sekolah memberikan pembelajaran Coding kepada para siswa yang merupakan tanggapan dari kemajuan teknologi informasi di masa kini, melihat dari para siswa yang telah mengenal gadget, games, bahkan apps, sekolah merasa perlu adanya penyaluran ketertarikan para siswa terhadap kemajuan teknologi dengan memberikan pembelajaran Coding for Kids. Dengan adanya program pembelajaran Coding ini anak akan memiliki kemampuan computational thinking, Complex Problem Solving, Limitless Imagination dan Creativity. Dengan kemampuan computational ini anak dapat mengkomunikasikan pikiran dengan cara logika dan terstruktur, seperti instruksi yang diberikan ke komputer, sehingga nantinya dapat digunakan untuk memecahkan masalah dengan bantuan teknologi yang didasari oleh computer.
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-11616
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language eng
publishDate 2020
publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-11616 PENGARUH EKSTRAKULIKULER CODING PADA SISWA SEKOLAH DASAR GUNA MENINGKATKAN COMPUTATIONAL THINGKING DI SEKOLAH AL-AZHAR SYIFA BUDI SOLO Ramadhan, Dafa Rizki Purna Rosyada, Aulia Qisthi Marliza, Widya Kasatri, Dinda Eya Putri Yuliana, Irma Sebagian besar dari kita tidak tahu mengenai apa yang membuat smartphone, laptop, social media, dan video game kita dapat berjalan. Pengetahuan pemrograman dasar atau coding dapat mengubah cara kita berinteraksi dengan teknologi yang kita gunakan setiap hari, dan dapat membuka mata kita pada kemungkinan pengkodingan yang tak terbatas. Setelah melakukan observasi di Sekolah Dasar Al-Azhar Syifa Budi Solo, sekolah memberikan pembelajaran Coding kepada para siswa yang merupakan tanggapan dari kemajuan teknologi informasi di masa kini, melihat dari para siswa yang telah mengenal gadget, games, bahkan apps, sekolah merasa perlu adanya penyaluran ketertarikan para siswa terhadap kemajuan teknologi dengan memberikan pembelajaran Coding for Kids. Dengan adanya program pembelajaran Coding ini anak akan memiliki kemampuan computational thinking, Complex Problem Solving, Limitless Imagination dan Creativity. Dengan kemampuan computational ini anak dapat mengkomunikasikan pikiran dengan cara logika dan terstruktur, seperti instruksi yang diberikan ke komputer, sehingga nantinya dapat digunakan untuk memecahkan masalah dengan bantuan teknologi yang didasari oleh computer. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2020-07-27 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/11616 10.23917/blbs.v2i1.11616 asw; Vol. 2, No. 1, Juli 2020 2721-8422 1411-5190 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/11616/5846 Copyright (c) 2020 Buletin Literasi Budaya Sekolah https://creativecommons.org/licenses/by/4.0
spellingShingle Ramadhan, Dafa Rizki Purna
Rosyada, Aulia Qisthi
Marliza, Widya
Kasatri, Dinda Eya Putri
Yuliana, Irma
PENGARUH EKSTRAKULIKULER CODING PADA SISWA SEKOLAH DASAR GUNA MENINGKATKAN COMPUTATIONAL THINGKING DI SEKOLAH AL-AZHAR SYIFA BUDI SOLO
title PENGARUH EKSTRAKULIKULER CODING PADA SISWA SEKOLAH DASAR GUNA MENINGKATKAN COMPUTATIONAL THINGKING DI SEKOLAH AL-AZHAR SYIFA BUDI SOLO
title_full PENGARUH EKSTRAKULIKULER CODING PADA SISWA SEKOLAH DASAR GUNA MENINGKATKAN COMPUTATIONAL THINGKING DI SEKOLAH AL-AZHAR SYIFA BUDI SOLO
title_fullStr PENGARUH EKSTRAKULIKULER CODING PADA SISWA SEKOLAH DASAR GUNA MENINGKATKAN COMPUTATIONAL THINGKING DI SEKOLAH AL-AZHAR SYIFA BUDI SOLO
title_full_unstemmed PENGARUH EKSTRAKULIKULER CODING PADA SISWA SEKOLAH DASAR GUNA MENINGKATKAN COMPUTATIONAL THINGKING DI SEKOLAH AL-AZHAR SYIFA BUDI SOLO
title_short PENGARUH EKSTRAKULIKULER CODING PADA SISWA SEKOLAH DASAR GUNA MENINGKATKAN COMPUTATIONAL THINGKING DI SEKOLAH AL-AZHAR SYIFA BUDI SOLO
title_sort pengaruh ekstrakulikuler coding pada siswa sekolah dasar guna meningkatkan computational thingking di sekolah al azhar syifa budi solo
url https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/11616
work_keys_str_mv AT ramadhandafarizkipurna pengaruhekstrakulikulercodingpadasiswasekolahdasargunameningkatkancomputationalthingkingdisekolahalazharsyifabudisolo
AT rosyadaauliaqisthi pengaruhekstrakulikulercodingpadasiswasekolahdasargunameningkatkancomputationalthingkingdisekolahalazharsyifabudisolo
AT marlizawidya pengaruhekstrakulikulercodingpadasiswasekolahdasargunameningkatkancomputationalthingkingdisekolahalazharsyifabudisolo
AT kasatridindaeyaputri pengaruhekstrakulikulercodingpadasiswasekolahdasargunameningkatkancomputationalthingkingdisekolahalazharsyifabudisolo
AT yulianairma pengaruhekstrakulikulercodingpadasiswasekolahdasargunameningkatkancomputationalthingkingdisekolahalazharsyifabudisolo