PENGARUH EKSTRAKULIKULER CODING PADA SISWA SEKOLAH DASAR GUNA MENINGKATKAN COMPUTATIONAL THINGKING DI SEKOLAH AL-AZHAR SYIFA BUDI SOLO
Sebagian besar dari kita tidak tahu mengenai apa yang membuat smartphone, laptop, social media, dan video game kita dapat berjalan. Pengetahuan pemrograman dasar atau coding dapat mengubah cara kita berinteraksi dengan teknologi yang kita gunakan setiap hari, dan dapat membuka mata kita pada kemungk...
Saved in:
Main Authors: | , , , , |
---|---|
Format: | UMS Journal (OJS) |
Language: | eng |
Published: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
2020
|
Online Access: | https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/11616 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1805340831728533504 |
---|---|
author | Ramadhan, Dafa Rizki Purna Rosyada, Aulia Qisthi Marliza, Widya Kasatri, Dinda Eya Putri Yuliana, Irma |
author_facet | Ramadhan, Dafa Rizki Purna Rosyada, Aulia Qisthi Marliza, Widya Kasatri, Dinda Eya Putri Yuliana, Irma |
author_sort | Ramadhan, Dafa Rizki Purna |
collection | OJS |
description | Sebagian besar dari kita tidak tahu mengenai apa yang membuat smartphone, laptop, social media, dan video game kita dapat berjalan. Pengetahuan pemrograman dasar atau coding dapat mengubah cara kita berinteraksi dengan teknologi yang kita gunakan setiap hari, dan dapat membuka mata kita pada kemungkinan pengkodingan yang tak terbatas. Setelah melakukan observasi di Sekolah Dasar Al-Azhar Syifa Budi Solo, sekolah memberikan pembelajaran Coding kepada para siswa yang merupakan tanggapan dari kemajuan teknologi informasi di masa kini, melihat dari para siswa yang telah mengenal gadget, games, bahkan apps, sekolah merasa perlu adanya penyaluran ketertarikan para siswa terhadap kemajuan teknologi dengan memberikan pembelajaran Coding for Kids. Dengan adanya program pembelajaran Coding ini anak akan memiliki kemampuan computational thinking, Complex Problem Solving, Limitless Imagination dan Creativity. Dengan kemampuan computational ini anak dapat mengkomunikasikan pikiran dengan cara logika dan terstruktur, seperti instruksi yang diberikan ke komputer, sehingga nantinya dapat digunakan untuk memecahkan masalah dengan bantuan teknologi yang didasari oleh computer. |
format | UMS Journal (OJS) |
id | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-11616 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | eng |
publishDate | 2020 |
publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
record_format | ojs |
spelling | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-11616 PENGARUH EKSTRAKULIKULER CODING PADA SISWA SEKOLAH DASAR GUNA MENINGKATKAN COMPUTATIONAL THINGKING DI SEKOLAH AL-AZHAR SYIFA BUDI SOLO Ramadhan, Dafa Rizki Purna Rosyada, Aulia Qisthi Marliza, Widya Kasatri, Dinda Eya Putri Yuliana, Irma Sebagian besar dari kita tidak tahu mengenai apa yang membuat smartphone, laptop, social media, dan video game kita dapat berjalan. Pengetahuan pemrograman dasar atau coding dapat mengubah cara kita berinteraksi dengan teknologi yang kita gunakan setiap hari, dan dapat membuka mata kita pada kemungkinan pengkodingan yang tak terbatas. Setelah melakukan observasi di Sekolah Dasar Al-Azhar Syifa Budi Solo, sekolah memberikan pembelajaran Coding kepada para siswa yang merupakan tanggapan dari kemajuan teknologi informasi di masa kini, melihat dari para siswa yang telah mengenal gadget, games, bahkan apps, sekolah merasa perlu adanya penyaluran ketertarikan para siswa terhadap kemajuan teknologi dengan memberikan pembelajaran Coding for Kids. Dengan adanya program pembelajaran Coding ini anak akan memiliki kemampuan computational thinking, Complex Problem Solving, Limitless Imagination dan Creativity. Dengan kemampuan computational ini anak dapat mengkomunikasikan pikiran dengan cara logika dan terstruktur, seperti instruksi yang diberikan ke komputer, sehingga nantinya dapat digunakan untuk memecahkan masalah dengan bantuan teknologi yang didasari oleh computer. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2020-07-27 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/11616 10.23917/blbs.v2i1.11616 asw; Vol. 2, No. 1, Juli 2020 2721-8422 1411-5190 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/11616/5846 Copyright (c) 2020 Buletin Literasi Budaya Sekolah https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 |
spellingShingle | Ramadhan, Dafa Rizki Purna Rosyada, Aulia Qisthi Marliza, Widya Kasatri, Dinda Eya Putri Yuliana, Irma PENGARUH EKSTRAKULIKULER CODING PADA SISWA SEKOLAH DASAR GUNA MENINGKATKAN COMPUTATIONAL THINGKING DI SEKOLAH AL-AZHAR SYIFA BUDI SOLO |
title | PENGARUH EKSTRAKULIKULER CODING PADA SISWA SEKOLAH DASAR GUNA MENINGKATKAN COMPUTATIONAL THINGKING DI SEKOLAH AL-AZHAR SYIFA BUDI SOLO |
title_full | PENGARUH EKSTRAKULIKULER CODING PADA SISWA SEKOLAH DASAR GUNA MENINGKATKAN COMPUTATIONAL THINGKING DI SEKOLAH AL-AZHAR SYIFA BUDI SOLO |
title_fullStr | PENGARUH EKSTRAKULIKULER CODING PADA SISWA SEKOLAH DASAR GUNA MENINGKATKAN COMPUTATIONAL THINGKING DI SEKOLAH AL-AZHAR SYIFA BUDI SOLO |
title_full_unstemmed | PENGARUH EKSTRAKULIKULER CODING PADA SISWA SEKOLAH DASAR GUNA MENINGKATKAN COMPUTATIONAL THINGKING DI SEKOLAH AL-AZHAR SYIFA BUDI SOLO |
title_short | PENGARUH EKSTRAKULIKULER CODING PADA SISWA SEKOLAH DASAR GUNA MENINGKATKAN COMPUTATIONAL THINGKING DI SEKOLAH AL-AZHAR SYIFA BUDI SOLO |
title_sort | pengaruh ekstrakulikuler coding pada siswa sekolah dasar guna meningkatkan computational thingking di sekolah al azhar syifa budi solo |
url | https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/11616 |
work_keys_str_mv | AT ramadhandafarizkipurna pengaruhekstrakulikulercodingpadasiswasekolahdasargunameningkatkancomputationalthingkingdisekolahalazharsyifabudisolo AT rosyadaauliaqisthi pengaruhekstrakulikulercodingpadasiswasekolahdasargunameningkatkancomputationalthingkingdisekolahalazharsyifabudisolo AT marlizawidya pengaruhekstrakulikulercodingpadasiswasekolahdasargunameningkatkancomputationalthingkingdisekolahalazharsyifabudisolo AT kasatridindaeyaputri pengaruhekstrakulikulercodingpadasiswasekolahdasargunameningkatkancomputationalthingkingdisekolahalazharsyifabudisolo AT yulianairma pengaruhekstrakulikulercodingpadasiswasekolahdasargunameningkatkancomputationalthingkingdisekolahalazharsyifabudisolo |