IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP AL-IRSYAD SURAKARTA

Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui proses implementasi pendidikan karakter dalam membentuk sikap dan perilaku sosial peserta didik melalui pembelajaran bahasa indonesia di SMP AL-IRSYAD Surakarta, mengetahui sikap dan perilaku sosial peserta didik saat pembelajaran sejarah di SMP AL-IRSYAD Sura...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Revita, Feri, Dewa, Metha, Anjani, Listy, Fatoni, Muhad
Format: UMS Journal (OJS)
Language:eng
Published: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2020
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/11610
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1805340826162692096
author Revita, Feri
Dewa, Metha
Anjani, Listy
Fatoni, Muhad
author_facet Revita, Feri
Dewa, Metha
Anjani, Listy
Fatoni, Muhad
author_sort Revita, Feri
collection OJS
description Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui proses implementasi pendidikan karakter dalam membentuk sikap dan perilaku sosial peserta didik melalui pembelajaran bahasa indonesia di SMP AL-IRSYAD Surakarta, mengetahui sikap dan perilaku sosial peserta didik saat pembelajaran sejarah di SMP AL-IRSYAD Surakarta, dan mengetahui kendala apa saja yang di alami guru bahasa Indonesia dalam implementasi pendidikan karakter dalam membentuk sikap dan perilaku sosial peserta didik di SMP AL-IRSYAD Surakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif fe- nomenologis. Sasaran penelitian ini adalah guru bahasa indonesia dan siswa kelas VII di SMP AL-IRSYAD Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, dokumentasi dan wawancara. Uji validitas data dengan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah proses implementasi pendidikan karakter dalam membentuk sikap dan perilaku sosial siswa di lakukan di luar kelas berkaitan dengan peraturan sekolah yang menjadi kebiasaan dan di dalam kelas di sesuaikan dengan materi yang berhubungan dengan nilai-nilai karakter yang nantinya dapat membentuk sikap dan perilaku sosial siswa. Sikap dan perilaku sosial siswa SMP AL-IRSYAD Surakarta dapat dikatakan sudah baik. Kendala yang di alami guru bahasa indonesia adalah peraturan pemerintah yang berubah-ubah serta karakteristik siswa yang berbeda-beda.
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-11610
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language eng
publishDate 2020
publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-11610 IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP AL-IRSYAD SURAKARTA Revita, Feri Dewa, Metha Anjani, Listy Fatoni, Muhad Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui proses implementasi pendidikan karakter dalam membentuk sikap dan perilaku sosial peserta didik melalui pembelajaran bahasa indonesia di SMP AL-IRSYAD Surakarta, mengetahui sikap dan perilaku sosial peserta didik saat pembelajaran sejarah di SMP AL-IRSYAD Surakarta, dan mengetahui kendala apa saja yang di alami guru bahasa Indonesia dalam implementasi pendidikan karakter dalam membentuk sikap dan perilaku sosial peserta didik di SMP AL-IRSYAD Surakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif fe- nomenologis. Sasaran penelitian ini adalah guru bahasa indonesia dan siswa kelas VII di SMP AL-IRSYAD Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, dokumentasi dan wawancara. Uji validitas data dengan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah proses implementasi pendidikan karakter dalam membentuk sikap dan perilaku sosial siswa di lakukan di luar kelas berkaitan dengan peraturan sekolah yang menjadi kebiasaan dan di dalam kelas di sesuaikan dengan materi yang berhubungan dengan nilai-nilai karakter yang nantinya dapat membentuk sikap dan perilaku sosial siswa. Sikap dan perilaku sosial siswa SMP AL-IRSYAD Surakarta dapat dikatakan sudah baik. Kendala yang di alami guru bahasa indonesia adalah peraturan pemerintah yang berubah-ubah serta karakteristik siswa yang berbeda-beda. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2020-07-27 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/11610 10.23917/blbs.v2i1.11610 asw; Vol. 2, No. 1, Juli 2020 2721-8422 1411-5190 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/11610/5841 Copyright (c) 2020 Buletin Literasi Budaya Sekolah
spellingShingle Revita, Feri
Dewa, Metha
Anjani, Listy
Fatoni, Muhad
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP AL-IRSYAD SURAKARTA
title IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP AL-IRSYAD SURAKARTA
title_full IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP AL-IRSYAD SURAKARTA
title_fullStr IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP AL-IRSYAD SURAKARTA
title_full_unstemmed IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP AL-IRSYAD SURAKARTA
title_short IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP AL-IRSYAD SURAKARTA
title_sort implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa indonesia di smp al irsyad surakarta
url https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/11610
work_keys_str_mv AT revitaferi implementasipendidikankarakterdalampembelajaranbahasaindonesiadismpalirsyadsurakarta
AT dewametha implementasipendidikankarakterdalampembelajaranbahasaindonesiadismpalirsyadsurakarta
AT anjanilisty implementasipendidikankarakterdalampembelajaranbahasaindonesiadismpalirsyadsurakarta
AT fatonimuhad implementasipendidikankarakterdalampembelajaranbahasaindonesiadismpalirsyadsurakarta