IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP AL-IRSYAD SURAKARTA
Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui proses implementasi pendidikan karakter dalam membentuk sikap dan perilaku sosial peserta didik melalui pembelajaran bahasa indonesia di SMP AL-IRSYAD Surakarta, mengetahui sikap dan perilaku sosial peserta didik saat pembelajaran sejarah di SMP AL-IRSYAD Sura...
Saved in:
Main Authors: | , , , |
---|---|
Format: | UMS Journal (OJS) |
Language: | eng |
Published: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
2020
|
Online Access: | https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/11610 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1805340826162692096 |
---|---|
author | Revita, Feri Dewa, Metha Anjani, Listy Fatoni, Muhad |
author_facet | Revita, Feri Dewa, Metha Anjani, Listy Fatoni, Muhad |
author_sort | Revita, Feri |
collection | OJS |
description | Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui proses implementasi pendidikan karakter dalam membentuk sikap dan perilaku sosial peserta didik melalui pembelajaran bahasa indonesia di SMP AL-IRSYAD Surakarta, mengetahui sikap dan perilaku sosial peserta didik saat pembelajaran sejarah di SMP AL-IRSYAD Surakarta, dan mengetahui kendala apa saja yang di alami guru bahasa Indonesia dalam implementasi pendidikan karakter dalam membentuk sikap dan perilaku sosial peserta didik di SMP AL-IRSYAD Surakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif fe- nomenologis. Sasaran penelitian ini adalah guru bahasa indonesia dan siswa kelas VII di SMP AL-IRSYAD Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, dokumentasi dan wawancara. Uji validitas data dengan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah proses implementasi pendidikan karakter dalam membentuk sikap dan perilaku sosial siswa di lakukan di luar kelas berkaitan dengan peraturan sekolah yang menjadi kebiasaan dan di dalam kelas di sesuaikan dengan materi yang berhubungan dengan nilai-nilai karakter yang nantinya dapat membentuk sikap dan perilaku sosial siswa. Sikap dan perilaku sosial siswa SMP AL-IRSYAD Surakarta dapat dikatakan sudah baik. Kendala yang di alami guru bahasa indonesia adalah peraturan pemerintah yang berubah-ubah serta karakteristik siswa yang berbeda-beda. |
format | UMS Journal (OJS) |
id | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-11610 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | eng |
publishDate | 2020 |
publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
record_format | ojs |
spelling | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-11610 IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP AL-IRSYAD SURAKARTA Revita, Feri Dewa, Metha Anjani, Listy Fatoni, Muhad Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui proses implementasi pendidikan karakter dalam membentuk sikap dan perilaku sosial peserta didik melalui pembelajaran bahasa indonesia di SMP AL-IRSYAD Surakarta, mengetahui sikap dan perilaku sosial peserta didik saat pembelajaran sejarah di SMP AL-IRSYAD Surakarta, dan mengetahui kendala apa saja yang di alami guru bahasa Indonesia dalam implementasi pendidikan karakter dalam membentuk sikap dan perilaku sosial peserta didik di SMP AL-IRSYAD Surakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif fe- nomenologis. Sasaran penelitian ini adalah guru bahasa indonesia dan siswa kelas VII di SMP AL-IRSYAD Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, dokumentasi dan wawancara. Uji validitas data dengan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah proses implementasi pendidikan karakter dalam membentuk sikap dan perilaku sosial siswa di lakukan di luar kelas berkaitan dengan peraturan sekolah yang menjadi kebiasaan dan di dalam kelas di sesuaikan dengan materi yang berhubungan dengan nilai-nilai karakter yang nantinya dapat membentuk sikap dan perilaku sosial siswa. Sikap dan perilaku sosial siswa SMP AL-IRSYAD Surakarta dapat dikatakan sudah baik. Kendala yang di alami guru bahasa indonesia adalah peraturan pemerintah yang berubah-ubah serta karakteristik siswa yang berbeda-beda. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2020-07-27 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/11610 10.23917/blbs.v2i1.11610 asw; Vol. 2, No. 1, Juli 2020 2721-8422 1411-5190 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/11610/5841 Copyright (c) 2020 Buletin Literasi Budaya Sekolah |
spellingShingle | Revita, Feri Dewa, Metha Anjani, Listy Fatoni, Muhad IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP AL-IRSYAD SURAKARTA |
title | IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP AL-IRSYAD SURAKARTA |
title_full | IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP AL-IRSYAD SURAKARTA |
title_fullStr | IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP AL-IRSYAD SURAKARTA |
title_full_unstemmed | IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP AL-IRSYAD SURAKARTA |
title_short | IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP AL-IRSYAD SURAKARTA |
title_sort | implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa indonesia di smp al irsyad surakarta |
url | https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/11610 |
work_keys_str_mv | AT revitaferi implementasipendidikankarakterdalampembelajaranbahasaindonesiadismpalirsyadsurakarta AT dewametha implementasipendidikankarakterdalampembelajaranbahasaindonesiadismpalirsyadsurakarta AT anjanilisty implementasipendidikankarakterdalampembelajaranbahasaindonesiadismpalirsyadsurakarta AT fatonimuhad implementasipendidikankarakterdalampembelajaranbahasaindonesiadismpalirsyadsurakarta |