IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP AL-IRSYAD SURAKARTA

Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui proses implementasi pendidikan karakter dalam membentuk sikap dan perilaku sosial peserta didik melalui pembelajaran bahasa indonesia di SMP AL-IRSYAD Surakarta, mengetahui sikap dan perilaku sosial peserta didik saat pembelajaran sejarah di SMP AL-IRSYAD Sura...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Revita, Feri, Dewa, Metha, Anjani, Listy, Fatoni, Muhad
Format: UMS Journal (OJS)
Language:eng
Published: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2020
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/11610
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui proses implementasi pendidikan karakter dalam membentuk sikap dan perilaku sosial peserta didik melalui pembelajaran bahasa indonesia di SMP AL-IRSYAD Surakarta, mengetahui sikap dan perilaku sosial peserta didik saat pembelajaran sejarah di SMP AL-IRSYAD Surakarta, dan mengetahui kendala apa saja yang di alami guru bahasa Indonesia dalam implementasi pendidikan karakter dalam membentuk sikap dan perilaku sosial peserta didik di SMP AL-IRSYAD Surakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif fe- nomenologis. Sasaran penelitian ini adalah guru bahasa indonesia dan siswa kelas VII di SMP AL-IRSYAD Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, dokumentasi dan wawancara. Uji validitas data dengan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah proses implementasi pendidikan karakter dalam membentuk sikap dan perilaku sosial siswa di lakukan di luar kelas berkaitan dengan peraturan sekolah yang menjadi kebiasaan dan di dalam kelas di sesuaikan dengan materi yang berhubungan dengan nilai-nilai karakter yang nantinya dapat membentuk sikap dan perilaku sosial siswa. Sikap dan perilaku sosial siswa SMP AL-IRSYAD Surakarta dapat dikatakan sudah baik. Kendala yang di alami guru bahasa indonesia adalah peraturan pemerintah yang berubah-ubah serta karakteristik siswa yang berbeda-beda.