KONSEP KONSIENTISASI PAULO FREIRE DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM

Penelitian ini akan membahas tentang konsep pendidikan Paulo Freire yang sering disebut dengan konsientisasi. Penelitian ini mencakup konsep kosientisasi Paulo Freire, ide-ide Paulo Freire dalam pendidikan dan relevansinya terhadap pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustak...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Prastowo, Agung Ilham
Format: UMS Journal (OJS)
Language:eng
Published: Universitas Muhammadiyah Surakarta 2020
Subjects:
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/suhuf/article/view/11032
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1805337404554346496
author Prastowo, Agung Ilham
author_facet Prastowo, Agung Ilham
author_sort Prastowo, Agung Ilham
collection OJS
description Penelitian ini akan membahas tentang konsep pendidikan Paulo Freire yang sering disebut dengan konsientisasi. Penelitian ini mencakup konsep kosientisasi Paulo Freire, ide-ide Paulo Freire dalam pendidikan dan relevansinya terhadap pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka (library research. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan Paulo Freire sangat berkaitan erat dengan pendidikan Islam, pertama kesesuaian tujuan dalam pendidikan yaitu membangun kesadaran dalam mengembangkan potensi diri manusia. Kedua, kesesuaian dalam konsep pendidik yaitu sebagai pembimbing, pengajar, fasilitator yang menciptakan proses belajar yang interaktif. Ketiga, kesuaian dalam konsep siswa yaitu siswa mempunyai kebebasan dalam mengembangkan dirinya.
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-11032
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language eng
publishDate 2020
publisher Universitas Muhammadiyah Surakarta
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-11032 KONSEP KONSIENTISASI PAULO FREIRE DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM Prastowo, Agung Ilham Pendidikan Agama Islam Paulo Freire, Konsientisasi, Pendidikan Islam Penelitian ini akan membahas tentang konsep pendidikan Paulo Freire yang sering disebut dengan konsientisasi. Penelitian ini mencakup konsep kosientisasi Paulo Freire, ide-ide Paulo Freire dalam pendidikan dan relevansinya terhadap pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka (library research. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan Paulo Freire sangat berkaitan erat dengan pendidikan Islam, pertama kesesuaian tujuan dalam pendidikan yaitu membangun kesadaran dalam mengembangkan potensi diri manusia. Kedua, kesesuaian dalam konsep pendidik yaitu sebagai pembimbing, pengajar, fasilitator yang menciptakan proses belajar yang interaktif. Ketiga, kesuaian dalam konsep siswa yaitu siswa mempunyai kebebasan dalam mengembangkan dirinya. Universitas Muhammadiyah Surakarta Universitas Muhammadiyah Surakarta 2020-04-01 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/suhuf/article/view/11032 10.23917/suhuf.v32i1.11032 SUHUF; Vol 32, No 1 (2020): MEI; 1-13 2527-2934 0852-386X eng https://journals.ums.ac.id/index.php/suhuf/article/view/11032/5602 Copyright (c) 2020 Suhuf https://creativecommons.org/licenses/by/4.0
spellingShingle Pendidikan Agama Islam
Paulo Freire, Konsientisasi, Pendidikan Islam
Prastowo, Agung Ilham
KONSEP KONSIENTISASI PAULO FREIRE DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM
title KONSEP KONSIENTISASI PAULO FREIRE DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM
title_full KONSEP KONSIENTISASI PAULO FREIRE DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM
title_fullStr KONSEP KONSIENTISASI PAULO FREIRE DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM
title_full_unstemmed KONSEP KONSIENTISASI PAULO FREIRE DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM
title_short KONSEP KONSIENTISASI PAULO FREIRE DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM
title_sort konsep konsientisasi paulo freire dan relevansinya terhadap pendidikan islam
topic Pendidikan Agama Islam
Paulo Freire, Konsientisasi, Pendidikan Islam
topic_facet Pendidikan Agama Islam
Paulo Freire, Konsientisasi, Pendidikan Islam
url https://journals.ums.ac.id/index.php/suhuf/article/view/11032
work_keys_str_mv AT prastowoagungilham konsepkonsientisasipaulofreiredanrelevansinyaterhadappendidikanislam