Prototipe Sistem Parkir Gantung Berputar Ke Atas berbasis Programmable Logic Control Dilengkapi Human Machine Interface

Meningkatnya ekonomi masyarakat semakin menambah jumlah mobil pribadi yang digunakan sebagai alat transportasi. Kekurangan lahan parkir mobil merupakan salah satu masalah parkir di instansi pemerintahan dan swasta. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah prototipe sistem parkir gantung berputa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Supardi, Agus, Husien, Muhammad Sadam
Format: UMS Journal (OJS)
Language:eng
Published: Universitas Muhammadiyah Surakarta 2020
Subjects:
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/emitor/article/view/10986
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Meningkatnya ekonomi masyarakat semakin menambah jumlah mobil pribadi yang digunakan sebagai alat transportasi. Kekurangan lahan parkir mobil merupakan salah satu masalah parkir di instansi pemerintahan dan swasta. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah prototipe sistem parkir gantung berputar ke atas. Sistem parkir ini berbasis PLC (Programable Logic Control) sebagai kendali utama dengan penambahan HMI (Human Machine Interface) sebagai tampilan penghubung antara manusia dan mesin. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah ladder diagram yang dibuat dengan menggunakan perangkat lunak CX-Programmer dan NB-Designer. Prototipe sistem parkir yang dirancang mempunyai memiliki 6 slot tempat parkir, terdapat 1 pintu masuk dan memiliki lampu indikator untuk mengetahui tempat parkir dalam keadaan kosong atau penuh. Prototipe ini dibuat dengan menggunakan kerangka besi holo berdiameter 1,5 x 3 cm dengan konveyor rantai untuk mengangkut miniature mobil yang diparkir. Ladder diagram berisi perintah untuk memasukkan dan mengeluarkan mobil, serta menghitung jumlah mobil yang terparkir. Pada bagian antarmuka disematkan HMI untuk mempermudah pengoperasian. Pengujian prototipe dilakukan dengan cara memasukkan mobil secara urut sampai tempat parkir penuh kemudian dilanjutkan dengan simulasi masuk / keluar secara acak. Hasil pengujian menunjukkan prototipe sistem parkir telah bekerja sesuai dengan yang direncanakan.