Menumbuhkan Sikap Tenggang Rasa antar Siswa dalam Pembelajaran Melalui Metode AI (Apreciative Inquiry)

Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap tenggang rasa antar siswa di sekolah terutama di dalam kelas, menumbuhkan sikap percaya diri, saling melindungi, dan saling percaya, kemudian menumbuhkan sikap berani dan berpikir positif dalam berbagai keadaan, melalui metode Problem Solving AI (Appr...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Iriyanti, Agustina, Nusabelani, Syahdan Arsyayudha, Erlina, Devi, Agustina, Lina
Format: UMS Journal (OJS)
Language:eng
Published: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2020
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/10879
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1805340822596485120
author Iriyanti, Agustina
Nusabelani, Syahdan Arsyayudha
Erlina, Devi
Agustina, Lina
author_facet Iriyanti, Agustina
Nusabelani, Syahdan Arsyayudha
Erlina, Devi
Agustina, Lina
author_sort Iriyanti, Agustina
collection OJS
description Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap tenggang rasa antar siswa di sekolah terutama di dalam kelas, menumbuhkan sikap percaya diri, saling melindungi, dan saling percaya, kemudian menumbuhkan sikap berani dan berpikir positif dalam berbagai keadaan, melalui metode Problem Solving AI (Appreciative Inquiry). Penelitian ini merupakan penelitian kualititatif dekriptif yang akan memberikan gambaran tentang proses pembelajaran di kelas dimana guru akan menyampaikan suatu materi dan siswa diminta untuk membahas materi secara berkelompok, melalui metode berkelompok, akan terlihat siswa yang memiliki sikap tenggang rasa atau tidak, memiliki rasa percaya diri atau pemalu, memiliki sikap peduli ataupun individualis serta siswa apakah membedakan siswa yang satu dengan lainnya menurut kemampuannya. Penelitian ini juga menganalisa siswa dalam proses pembelajaran aktif, apakah mereka antusias atau justru merasa bosan dan terbebani. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Multimedia 1 di SMK Negeri 6 Sukoharjo dengan jumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian akan menunjukkan hambatan - hambatan dalam pembelajaran kurangnya rasa tenggang rasa antar siswa, kurang pahamnya beberapa siswa mengenai materi yang dibahas, kurangnya sikap percaya diri.
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-10879
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language eng
publishDate 2020
publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-10879 Menumbuhkan Sikap Tenggang Rasa antar Siswa dalam Pembelajaran Melalui Metode AI (Apreciative Inquiry) Iriyanti, Agustina Nusabelani, Syahdan Arsyayudha Erlina, Devi Agustina, Lina Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap tenggang rasa antar siswa di sekolah terutama di dalam kelas, menumbuhkan sikap percaya diri, saling melindungi, dan saling percaya, kemudian menumbuhkan sikap berani dan berpikir positif dalam berbagai keadaan, melalui metode Problem Solving AI (Appreciative Inquiry). Penelitian ini merupakan penelitian kualititatif dekriptif yang akan memberikan gambaran tentang proses pembelajaran di kelas dimana guru akan menyampaikan suatu materi dan siswa diminta untuk membahas materi secara berkelompok, melalui metode berkelompok, akan terlihat siswa yang memiliki sikap tenggang rasa atau tidak, memiliki rasa percaya diri atau pemalu, memiliki sikap peduli ataupun individualis serta siswa apakah membedakan siswa yang satu dengan lainnya menurut kemampuannya. Penelitian ini juga menganalisa siswa dalam proses pembelajaran aktif, apakah mereka antusias atau justru merasa bosan dan terbebani. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Multimedia 1 di SMK Negeri 6 Sukoharjo dengan jumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian akan menunjukkan hambatan - hambatan dalam pembelajaran kurangnya rasa tenggang rasa antar siswa, kurang pahamnya beberapa siswa mengenai materi yang dibahas, kurangnya sikap percaya diri. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2020-05-10 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/10879 10.23917/blbs.v1i2.10879 asw; Vol. 1, No. 2, Desember 2019 2721-8422 1411-5190 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/10879/5566 Copyright (c) 2020 Buletin Literasi Budaya Sekolah
spellingShingle Iriyanti, Agustina
Nusabelani, Syahdan Arsyayudha
Erlina, Devi
Agustina, Lina
Menumbuhkan Sikap Tenggang Rasa antar Siswa dalam Pembelajaran Melalui Metode AI (Apreciative Inquiry)
title Menumbuhkan Sikap Tenggang Rasa antar Siswa dalam Pembelajaran Melalui Metode AI (Apreciative Inquiry)
title_full Menumbuhkan Sikap Tenggang Rasa antar Siswa dalam Pembelajaran Melalui Metode AI (Apreciative Inquiry)
title_fullStr Menumbuhkan Sikap Tenggang Rasa antar Siswa dalam Pembelajaran Melalui Metode AI (Apreciative Inquiry)
title_full_unstemmed Menumbuhkan Sikap Tenggang Rasa antar Siswa dalam Pembelajaran Melalui Metode AI (Apreciative Inquiry)
title_short Menumbuhkan Sikap Tenggang Rasa antar Siswa dalam Pembelajaran Melalui Metode AI (Apreciative Inquiry)
title_sort menumbuhkan sikap tenggang rasa antar siswa dalam pembelajaran melalui metode ai apreciative inquiry
url https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/10879
work_keys_str_mv AT iriyantiagustina menumbuhkansikaptenggangrasaantarsiswadalampembelajaranmelaluimetodeaiapreciativeinquiry
AT nusabelanisyahdanarsyayudha menumbuhkansikaptenggangrasaantarsiswadalampembelajaranmelaluimetodeaiapreciativeinquiry
AT erlinadevi menumbuhkansikaptenggangrasaantarsiswadalampembelajaranmelaluimetodeaiapreciativeinquiry
AT agustinalina menumbuhkansikaptenggangrasaantarsiswadalampembelajaranmelaluimetodeaiapreciativeinquiry