Menumbuhkan Sikap Tenggang Rasa antar Siswa dalam Pembelajaran Melalui Metode AI (Apreciative Inquiry)
Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap tenggang rasa antar siswa di sekolah terutama di dalam kelas, menumbuhkan sikap percaya diri, saling melindungi, dan saling percaya, kemudian menumbuhkan sikap berani dan berpikir positif dalam berbagai keadaan, melalui metode Problem Solving AI (Appr...
Saved in:
Main Authors: | , , , |
---|---|
Format: | UMS Journal (OJS) |
Language: | eng |
Published: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
2020
|
Online Access: | https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/10879 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1805340822596485120 |
---|---|
author | Iriyanti, Agustina Nusabelani, Syahdan Arsyayudha Erlina, Devi Agustina, Lina |
author_facet | Iriyanti, Agustina Nusabelani, Syahdan Arsyayudha Erlina, Devi Agustina, Lina |
author_sort | Iriyanti, Agustina |
collection | OJS |
description | Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap tenggang rasa antar siswa di sekolah terutama di dalam kelas, menumbuhkan sikap percaya diri, saling melindungi, dan saling percaya, kemudian menumbuhkan sikap berani dan berpikir positif dalam berbagai keadaan, melalui metode Problem Solving AI (Appreciative Inquiry). Penelitian ini merupakan penelitian kualititatif dekriptif yang akan memberikan gambaran tentang proses pembelajaran di kelas dimana guru akan menyampaikan suatu materi dan siswa diminta untuk membahas materi secara berkelompok, melalui metode berkelompok, akan terlihat siswa yang memiliki sikap tenggang rasa atau tidak, memiliki rasa percaya diri atau pemalu, memiliki sikap peduli ataupun individualis serta siswa apakah membedakan siswa yang satu dengan lainnya menurut kemampuannya. Penelitian ini juga menganalisa siswa dalam proses pembelajaran aktif, apakah mereka antusias atau justru merasa bosan dan terbebani. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Multimedia 1 di SMK Negeri 6 Sukoharjo dengan jumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian akan menunjukkan hambatan - hambatan dalam pembelajaran kurangnya rasa tenggang rasa antar siswa, kurang pahamnya beberapa siswa mengenai materi yang dibahas, kurangnya sikap percaya diri. |
format | UMS Journal (OJS) |
id | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-10879 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | eng |
publishDate | 2020 |
publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
record_format | ojs |
spelling | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-10879 Menumbuhkan Sikap Tenggang Rasa antar Siswa dalam Pembelajaran Melalui Metode AI (Apreciative Inquiry) Iriyanti, Agustina Nusabelani, Syahdan Arsyayudha Erlina, Devi Agustina, Lina Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap tenggang rasa antar siswa di sekolah terutama di dalam kelas, menumbuhkan sikap percaya diri, saling melindungi, dan saling percaya, kemudian menumbuhkan sikap berani dan berpikir positif dalam berbagai keadaan, melalui metode Problem Solving AI (Appreciative Inquiry). Penelitian ini merupakan penelitian kualititatif dekriptif yang akan memberikan gambaran tentang proses pembelajaran di kelas dimana guru akan menyampaikan suatu materi dan siswa diminta untuk membahas materi secara berkelompok, melalui metode berkelompok, akan terlihat siswa yang memiliki sikap tenggang rasa atau tidak, memiliki rasa percaya diri atau pemalu, memiliki sikap peduli ataupun individualis serta siswa apakah membedakan siswa yang satu dengan lainnya menurut kemampuannya. Penelitian ini juga menganalisa siswa dalam proses pembelajaran aktif, apakah mereka antusias atau justru merasa bosan dan terbebani. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Multimedia 1 di SMK Negeri 6 Sukoharjo dengan jumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian akan menunjukkan hambatan - hambatan dalam pembelajaran kurangnya rasa tenggang rasa antar siswa, kurang pahamnya beberapa siswa mengenai materi yang dibahas, kurangnya sikap percaya diri. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 2020-05-10 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/10879 10.23917/blbs.v1i2.10879 asw; Vol. 1, No. 2, Desember 2019 2721-8422 1411-5190 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/10879/5566 Copyright (c) 2020 Buletin Literasi Budaya Sekolah |
spellingShingle | Iriyanti, Agustina Nusabelani, Syahdan Arsyayudha Erlina, Devi Agustina, Lina Menumbuhkan Sikap Tenggang Rasa antar Siswa dalam Pembelajaran Melalui Metode AI (Apreciative Inquiry) |
title | Menumbuhkan Sikap Tenggang Rasa antar Siswa dalam Pembelajaran Melalui Metode AI (Apreciative Inquiry) |
title_full | Menumbuhkan Sikap Tenggang Rasa antar Siswa dalam Pembelajaran Melalui Metode AI (Apreciative Inquiry) |
title_fullStr | Menumbuhkan Sikap Tenggang Rasa antar Siswa dalam Pembelajaran Melalui Metode AI (Apreciative Inquiry) |
title_full_unstemmed | Menumbuhkan Sikap Tenggang Rasa antar Siswa dalam Pembelajaran Melalui Metode AI (Apreciative Inquiry) |
title_short | Menumbuhkan Sikap Tenggang Rasa antar Siswa dalam Pembelajaran Melalui Metode AI (Apreciative Inquiry) |
title_sort | menumbuhkan sikap tenggang rasa antar siswa dalam pembelajaran melalui metode ai apreciative inquiry |
url | https://journals.ums.ac.id/index.php/blbs/article/view/10879 |
work_keys_str_mv | AT iriyantiagustina menumbuhkansikaptenggangrasaantarsiswadalampembelajaranmelaluimetodeaiapreciativeinquiry AT nusabelanisyahdanarsyayudha menumbuhkansikaptenggangrasaantarsiswadalampembelajaranmelaluimetodeaiapreciativeinquiry AT erlinadevi menumbuhkansikaptenggangrasaantarsiswadalampembelajaranmelaluimetodeaiapreciativeinquiry AT agustinalina menumbuhkansikaptenggangrasaantarsiswadalampembelajaranmelaluimetodeaiapreciativeinquiry |