Penanaman Karakter Sadar Lingkungan Melalui Program Adiwiyata di MIM Potronayan 2 Boyolali

Kesadaran menjaga lingkungan sekitar merupakan salah satu karakter yang harus ditanamkan kepada anak sejak dini. Salah satu usaha yang dapat dilakukan dengan melaksanakan Program Adiwiyata di sekolah. Program Adiwiyata merupakan salah satu program yang mengajarkan siswa untuk peduli dan sadar akan p...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Wahyudi, Tri Nur, Prasetyo, Dedy, Prasetyo, Adnan Dwi, Rinawati, Rinawati, Kusumawati, Indah, Hasana, Ummi Uswatun, Ashari, Femilia Anggun, Aisyah, Dhanis Resty, Anggraini, Rika, Gistiani, Twine Levia
Format: UMS Journal (OJS)
Language:eng
Published: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2020
Subjects:
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/10794
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1805340841410035712
author Wahyudi, Tri Nur
Prasetyo, Dedy
Prasetyo, Adnan Dwi
Rinawati, Rinawati
Kusumawati, Indah
Hasana, Ummi Uswatun
Ashari, Femilia Anggun
Aisyah, Dhanis Resty
Anggraini, Rika
Gistiani, Twine Levia
author_facet Wahyudi, Tri Nur
Prasetyo, Dedy
Prasetyo, Adnan Dwi
Rinawati, Rinawati
Kusumawati, Indah
Hasana, Ummi Uswatun
Ashari, Femilia Anggun
Aisyah, Dhanis Resty
Anggraini, Rika
Gistiani, Twine Levia
author_sort Wahyudi, Tri Nur
collection OJS
description Kesadaran menjaga lingkungan sekitar merupakan salah satu karakter yang harus ditanamkan kepada anak sejak dini. Salah satu usaha yang dapat dilakukan dengan melaksanakan Program Adiwiyata di sekolah. Program Adiwiyata merupakan salah satu program yang mengajarkan siswa untuk peduli dan sadar akan pentingnya menjaga lingkungan. Berdasarkan pemaparan di atas, lebih lanjut tertarik untuk melakukan pengabdian masyarakat berupa implementasi program Adiwiyata di sekolah. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk meningkatkan pengetahuan siswa mengenai lingkungan di MIM Potronayan 2. Pengabdian masyarakat ini menggunakan metode pendidikan masyarakat yang difokuskan pada warga sekolah terutama para siswa di MIM Potronayan 2. Hasil pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa implementasi Adiwiyata di MIM Potronayan 2 menunjukkan perubahan yang cukup signifikan. Siswa yang awalnya kurang paham mengenai pentingnya menjaga lingkungan sekitar menjadi lebih tahu dan menyadari betapa pentingnya menjaga lingkungan sekitar mereka. Hal ini dapat dilihat dari antusias para siswa dalam menjaga tanaman yang telah mereka tanam dan juga kesadaran mereka untuk membuang sampah pada tempatnya. Oleh karena itu, program Adiwiyata merupakan salah satu program yang sangat baik untuk dilaksanakan di sekolah sebagai salah satu usaha penanaman karakter cinta lingkungan sejak dini.
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-10794
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language eng
publishDate 2020
publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-10794 Penanaman Karakter Sadar Lingkungan Melalui Program Adiwiyata di MIM Potronayan 2 Boyolali Wahyudi, Tri Nur Prasetyo, Dedy Prasetyo, Adnan Dwi Rinawati, Rinawati Kusumawati, Indah Hasana, Ummi Uswatun Ashari, Femilia Anggun Aisyah, Dhanis Resty Anggraini, Rika Gistiani, Twine Levia implementasi; pengetahuan lingkungan; program Adiwiyata Kesadaran menjaga lingkungan sekitar merupakan salah satu karakter yang harus ditanamkan kepada anak sejak dini. Salah satu usaha yang dapat dilakukan dengan melaksanakan Program Adiwiyata di sekolah. Program Adiwiyata merupakan salah satu program yang mengajarkan siswa untuk peduli dan sadar akan pentingnya menjaga lingkungan. Berdasarkan pemaparan di atas, lebih lanjut tertarik untuk melakukan pengabdian masyarakat berupa implementasi program Adiwiyata di sekolah. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk meningkatkan pengetahuan siswa mengenai lingkungan di MIM Potronayan 2. Pengabdian masyarakat ini menggunakan metode pendidikan masyarakat yang difokuskan pada warga sekolah terutama para siswa di MIM Potronayan 2. Hasil pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa implementasi Adiwiyata di MIM Potronayan 2 menunjukkan perubahan yang cukup signifikan. Siswa yang awalnya kurang paham mengenai pentingnya menjaga lingkungan sekitar menjadi lebih tahu dan menyadari betapa pentingnya menjaga lingkungan sekitar mereka. Hal ini dapat dilihat dari antusias para siswa dalam menjaga tanaman yang telah mereka tanam dan juga kesadaran mereka untuk membuang sampah pada tempatnya. Oleh karena itu, program Adiwiyata merupakan salah satu program yang sangat baik untuk dilaksanakan di sekolah sebagai salah satu usaha penanaman karakter cinta lingkungan sejak dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2020-06-30 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/10794 10.23917/bkkndik.v2i1.10794 Buletin KKN Pendidikan; Vol. 2, No. 1, Juli 2020; 14-18 2716-0327 10.23917/bkkndik.v2i1 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/10794/5693 https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/downloadSuppFile/10794/1992 https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/downloadSuppFile/10794/1993 Copyright (c) 2020 Buletin KKN Pendidikan https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
spellingShingle implementasi; pengetahuan lingkungan; program Adiwiyata
Wahyudi, Tri Nur
Prasetyo, Dedy
Prasetyo, Adnan Dwi
Rinawati, Rinawati
Kusumawati, Indah
Hasana, Ummi Uswatun
Ashari, Femilia Anggun
Aisyah, Dhanis Resty
Anggraini, Rika
Gistiani, Twine Levia
Penanaman Karakter Sadar Lingkungan Melalui Program Adiwiyata di MIM Potronayan 2 Boyolali
title Penanaman Karakter Sadar Lingkungan Melalui Program Adiwiyata di MIM Potronayan 2 Boyolali
title_full Penanaman Karakter Sadar Lingkungan Melalui Program Adiwiyata di MIM Potronayan 2 Boyolali
title_fullStr Penanaman Karakter Sadar Lingkungan Melalui Program Adiwiyata di MIM Potronayan 2 Boyolali
title_full_unstemmed Penanaman Karakter Sadar Lingkungan Melalui Program Adiwiyata di MIM Potronayan 2 Boyolali
title_short Penanaman Karakter Sadar Lingkungan Melalui Program Adiwiyata di MIM Potronayan 2 Boyolali
title_sort penanaman karakter sadar lingkungan melalui program adiwiyata di mim potronayan 2 boyolali
topic implementasi; pengetahuan lingkungan; program Adiwiyata
topic_facet implementasi; pengetahuan lingkungan; program Adiwiyata
url https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/10794
work_keys_str_mv AT wahyuditrinur penanamankaraktersadarlingkunganmelaluiprogramadiwiyatadimimpotronayan2boyolali
AT prasetyodedy penanamankaraktersadarlingkunganmelaluiprogramadiwiyatadimimpotronayan2boyolali
AT prasetyoadnandwi penanamankaraktersadarlingkunganmelaluiprogramadiwiyatadimimpotronayan2boyolali
AT rinawatirinawati penanamankaraktersadarlingkunganmelaluiprogramadiwiyatadimimpotronayan2boyolali
AT kusumawatiindah penanamankaraktersadarlingkunganmelaluiprogramadiwiyatadimimpotronayan2boyolali
AT hasanaummiuswatun penanamankaraktersadarlingkunganmelaluiprogramadiwiyatadimimpotronayan2boyolali
AT asharifemiliaanggun penanamankaraktersadarlingkunganmelaluiprogramadiwiyatadimimpotronayan2boyolali
AT aisyahdhanisresty penanamankaraktersadarlingkunganmelaluiprogramadiwiyatadimimpotronayan2boyolali
AT anggrainirika penanamankaraktersadarlingkunganmelaluiprogramadiwiyatadimimpotronayan2boyolali
AT gistianitwinelevia penanamankaraktersadarlingkunganmelaluiprogramadiwiyatadimimpotronayan2boyolali