Pengembangan Psikomotorik Peserta Didik melalui Kegiatan Outing Class di BA Aisyiyah Bulakrejo 2, Sukoharjo

Pendidikan karakter sangat penting dalam membentuk perilaku peserta didik khususnya anak-anak dan remaja yang sangat dipengaruhi oleh dampak negatif perkembangan zaman. Pendidikan karakter yang paling dasar ditanamankan sejak dini khususnnya di bangku sekolah adalah budaya 5S (Salam, Senyum, Sapa, S...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Widiasari, Choiriyah, Almahi, Humaam, Prasetyoningrum, Dewi, Rohmatika, Nisa Laili, Sendy, Evera Niara, Satria, Yudhistira Laksamana, Permatasari, Jati Ayu Nurma, Grandis, Rosalia Tunika, Astara, Ara Reda, Kurniawan, Muhammad Edi
Format: UMS Journal (OJS)
Language:eng
Published: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2020
Subjects:
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/10775
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1805340841135308800
author Widiasari, Choiriyah
Almahi, Humaam
Prasetyoningrum, Dewi
Rohmatika, Nisa Laili
Sendy, Evera Niara
Satria, Yudhistira Laksamana
Permatasari, Jati Ayu Nurma
Grandis, Rosalia Tunika
Astara, Ara Reda
Kurniawan, Muhammad Edi
author_facet Widiasari, Choiriyah
Almahi, Humaam
Prasetyoningrum, Dewi
Rohmatika, Nisa Laili
Sendy, Evera Niara
Satria, Yudhistira Laksamana
Permatasari, Jati Ayu Nurma
Grandis, Rosalia Tunika
Astara, Ara Reda
Kurniawan, Muhammad Edi
author_sort Widiasari, Choiriyah
collection OJS
description Pendidikan karakter sangat penting dalam membentuk perilaku peserta didik khususnya anak-anak dan remaja yang sangat dipengaruhi oleh dampak negatif perkembangan zaman. Pendidikan karakter yang paling dasar ditanamankan sejak dini khususnnya di bangku sekolah adalah budaya 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, Santun). Kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan pendidikan karakter siswa di MTs Muhammadiyah 9 Mondokan, Sragen. Dengan adanya program 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, dan Santun) ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan berlangsung dengan efektif dan tepat sasaran, apabila seluruh warga sekolah saling memiliki sikap peduli akan pendidikan karakter. Sehingga Tidak hanya siswa yang wajib berperilaku baik, tetapi guru sebagai salah satu faktor pendukung  juga harus mampu menjadi suri tauladan bagi siswanya. Kegiatan 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, dan Santun) paling tidak mencerminkan pengembangan karakter religius, bersahabat atau komunikatif, dan peduli sosial. Kesemuanya ini akan lebih baik jika dilakukan secara rutin dan berkelanjutan.
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-10775
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language eng
publishDate 2020
publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-10775 Pengembangan Psikomotorik Peserta Didik melalui Kegiatan Outing Class di BA Aisyiyah Bulakrejo 2, Sukoharjo Widiasari, Choiriyah Almahi, Humaam Prasetyoningrum, Dewi Rohmatika, Nisa Laili Sendy, Evera Niara Satria, Yudhistira Laksamana Permatasari, Jati Ayu Nurma Grandis, Rosalia Tunika Astara, Ara Reda Kurniawan, Muhammad Edi pembelajaran diluar kelas; pendidikan anak usia dini; sikomotorik Pendidikan karakter sangat penting dalam membentuk perilaku peserta didik khususnya anak-anak dan remaja yang sangat dipengaruhi oleh dampak negatif perkembangan zaman. Pendidikan karakter yang paling dasar ditanamankan sejak dini khususnnya di bangku sekolah adalah budaya 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, Santun). Kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan pendidikan karakter siswa di MTs Muhammadiyah 9 Mondokan, Sragen. Dengan adanya program 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, dan Santun) ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan berlangsung dengan efektif dan tepat sasaran, apabila seluruh warga sekolah saling memiliki sikap peduli akan pendidikan karakter. Sehingga Tidak hanya siswa yang wajib berperilaku baik, tetapi guru sebagai salah satu faktor pendukung  juga harus mampu menjadi suri tauladan bagi siswanya. Kegiatan 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, dan Santun) paling tidak mencerminkan pengembangan karakter religius, bersahabat atau komunikatif, dan peduli sosial. Kesemuanya ini akan lebih baik jika dilakukan secara rutin dan berkelanjutan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2020-05-06 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/10775 10.23917/bkkndik.v1i2.10775 Buletin KKN Pendidikan; Vol. 1, No. 2, Desember 2019; 91-96 2716-0327 10.23917/bkkndik.v1i2 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/10775/5544 https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/downloadSuppFile/10775/1775 https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/downloadSuppFile/10775/1787 Copyright (c) 2019 Buletin KKN Pendidikan
spellingShingle pembelajaran diluar kelas; pendidikan anak usia dini; sikomotorik
Widiasari, Choiriyah
Almahi, Humaam
Prasetyoningrum, Dewi
Rohmatika, Nisa Laili
Sendy, Evera Niara
Satria, Yudhistira Laksamana
Permatasari, Jati Ayu Nurma
Grandis, Rosalia Tunika
Astara, Ara Reda
Kurniawan, Muhammad Edi
Pengembangan Psikomotorik Peserta Didik melalui Kegiatan Outing Class di BA Aisyiyah Bulakrejo 2, Sukoharjo
title Pengembangan Psikomotorik Peserta Didik melalui Kegiatan Outing Class di BA Aisyiyah Bulakrejo 2, Sukoharjo
title_full Pengembangan Psikomotorik Peserta Didik melalui Kegiatan Outing Class di BA Aisyiyah Bulakrejo 2, Sukoharjo
title_fullStr Pengembangan Psikomotorik Peserta Didik melalui Kegiatan Outing Class di BA Aisyiyah Bulakrejo 2, Sukoharjo
title_full_unstemmed Pengembangan Psikomotorik Peserta Didik melalui Kegiatan Outing Class di BA Aisyiyah Bulakrejo 2, Sukoharjo
title_short Pengembangan Psikomotorik Peserta Didik melalui Kegiatan Outing Class di BA Aisyiyah Bulakrejo 2, Sukoharjo
title_sort pengembangan psikomotorik peserta didik melalui kegiatan outing class di ba aisyiyah bulakrejo 2 sukoharjo
topic pembelajaran diluar kelas; pendidikan anak usia dini; sikomotorik
topic_facet pembelajaran diluar kelas; pendidikan anak usia dini; sikomotorik
url https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/10775
work_keys_str_mv AT widiasarichoiriyah pengembanganpsikomotorikpesertadidikmelaluikegiatanoutingclassdibaaisyiyahbulakrejo2sukoharjo
AT almahihumaam pengembanganpsikomotorikpesertadidikmelaluikegiatanoutingclassdibaaisyiyahbulakrejo2sukoharjo
AT prasetyoningrumdewi pengembanganpsikomotorikpesertadidikmelaluikegiatanoutingclassdibaaisyiyahbulakrejo2sukoharjo
AT rohmatikanisalaili pengembanganpsikomotorikpesertadidikmelaluikegiatanoutingclassdibaaisyiyahbulakrejo2sukoharjo
AT sendyeveraniara pengembanganpsikomotorikpesertadidikmelaluikegiatanoutingclassdibaaisyiyahbulakrejo2sukoharjo
AT satriayudhistiralaksamana pengembanganpsikomotorikpesertadidikmelaluikegiatanoutingclassdibaaisyiyahbulakrejo2sukoharjo
AT permatasarijatiayunurma pengembanganpsikomotorikpesertadidikmelaluikegiatanoutingclassdibaaisyiyahbulakrejo2sukoharjo
AT grandisrosaliatunika pengembanganpsikomotorikpesertadidikmelaluikegiatanoutingclassdibaaisyiyahbulakrejo2sukoharjo
AT astaraarareda pengembanganpsikomotorikpesertadidikmelaluikegiatanoutingclassdibaaisyiyahbulakrejo2sukoharjo
AT kurniawanmuhammadedi pengembanganpsikomotorikpesertadidikmelaluikegiatanoutingclassdibaaisyiyahbulakrejo2sukoharjo