Pengembangan Psikomotorik Peserta Didik melalui Kegiatan Outing Class di BA Aisyiyah Bulakrejo 2, Sukoharjo
Pendidikan karakter sangat penting dalam membentuk perilaku peserta didik khususnya anak-anak dan remaja yang sangat dipengaruhi oleh dampak negatif perkembangan zaman. Pendidikan karakter yang paling dasar ditanamankan sejak dini khususnnya di bangku sekolah adalah budaya 5S (Salam, Senyum, Sapa, S...
Saved in:
Main Authors: | , , , , , , , , , |
---|---|
Format: | UMS Journal (OJS) |
Language: | eng |
Published: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
2020
|
Subjects: | |
Online Access: | https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/10775 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1805340841135308800 |
---|---|
author | Widiasari, Choiriyah Almahi, Humaam Prasetyoningrum, Dewi Rohmatika, Nisa Laili Sendy, Evera Niara Satria, Yudhistira Laksamana Permatasari, Jati Ayu Nurma Grandis, Rosalia Tunika Astara, Ara Reda Kurniawan, Muhammad Edi |
author_facet | Widiasari, Choiriyah Almahi, Humaam Prasetyoningrum, Dewi Rohmatika, Nisa Laili Sendy, Evera Niara Satria, Yudhistira Laksamana Permatasari, Jati Ayu Nurma Grandis, Rosalia Tunika Astara, Ara Reda Kurniawan, Muhammad Edi |
author_sort | Widiasari, Choiriyah |
collection | OJS |
description | Pendidikan karakter sangat penting dalam membentuk perilaku peserta didik khususnya anak-anak dan remaja yang sangat dipengaruhi oleh dampak negatif perkembangan zaman. Pendidikan karakter yang paling dasar ditanamankan sejak dini khususnnya di bangku sekolah adalah budaya 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, Santun). Kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan pendidikan karakter siswa di MTs Muhammadiyah 9 Mondokan, Sragen. Dengan adanya program 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, dan Santun) ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan berlangsung dengan efektif dan tepat sasaran, apabila seluruh warga sekolah saling memiliki sikap peduli akan pendidikan karakter. Sehingga Tidak hanya siswa yang wajib berperilaku baik, tetapi guru sebagai salah satu faktor pendukung juga harus mampu menjadi suri tauladan bagi siswanya. Kegiatan 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, dan Santun) paling tidak mencerminkan pengembangan karakter religius, bersahabat atau komunikatif, dan peduli sosial. Kesemuanya ini akan lebih baik jika dilakukan secara rutin dan berkelanjutan. |
format | UMS Journal (OJS) |
id | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-10775 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | eng |
publishDate | 2020 |
publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta |
record_format | ojs |
spelling | oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-10775 Pengembangan Psikomotorik Peserta Didik melalui Kegiatan Outing Class di BA Aisyiyah Bulakrejo 2, Sukoharjo Widiasari, Choiriyah Almahi, Humaam Prasetyoningrum, Dewi Rohmatika, Nisa Laili Sendy, Evera Niara Satria, Yudhistira Laksamana Permatasari, Jati Ayu Nurma Grandis, Rosalia Tunika Astara, Ara Reda Kurniawan, Muhammad Edi pembelajaran diluar kelas; pendidikan anak usia dini; sikomotorik Pendidikan karakter sangat penting dalam membentuk perilaku peserta didik khususnya anak-anak dan remaja yang sangat dipengaruhi oleh dampak negatif perkembangan zaman. Pendidikan karakter yang paling dasar ditanamankan sejak dini khususnnya di bangku sekolah adalah budaya 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, Santun). Kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan pendidikan karakter siswa di MTs Muhammadiyah 9 Mondokan, Sragen. Dengan adanya program 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, dan Santun) ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan berlangsung dengan efektif dan tepat sasaran, apabila seluruh warga sekolah saling memiliki sikap peduli akan pendidikan karakter. Sehingga Tidak hanya siswa yang wajib berperilaku baik, tetapi guru sebagai salah satu faktor pendukung juga harus mampu menjadi suri tauladan bagi siswanya. Kegiatan 5S (Salam, Senyum, Sapa, Sopan, dan Santun) paling tidak mencerminkan pengembangan karakter religius, bersahabat atau komunikatif, dan peduli sosial. Kesemuanya ini akan lebih baik jika dilakukan secara rutin dan berkelanjutan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2020-05-06 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/10775 10.23917/bkkndik.v1i2.10775 Buletin KKN Pendidikan; Vol. 1, No. 2, Desember 2019; 91-96 2716-0327 10.23917/bkkndik.v1i2 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/10775/5544 https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/downloadSuppFile/10775/1775 https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/downloadSuppFile/10775/1787 Copyright (c) 2019 Buletin KKN Pendidikan |
spellingShingle | pembelajaran diluar kelas; pendidikan anak usia dini; sikomotorik Widiasari, Choiriyah Almahi, Humaam Prasetyoningrum, Dewi Rohmatika, Nisa Laili Sendy, Evera Niara Satria, Yudhistira Laksamana Permatasari, Jati Ayu Nurma Grandis, Rosalia Tunika Astara, Ara Reda Kurniawan, Muhammad Edi Pengembangan Psikomotorik Peserta Didik melalui Kegiatan Outing Class di BA Aisyiyah Bulakrejo 2, Sukoharjo |
title | Pengembangan Psikomotorik Peserta Didik melalui Kegiatan Outing Class di BA Aisyiyah Bulakrejo 2, Sukoharjo |
title_full | Pengembangan Psikomotorik Peserta Didik melalui Kegiatan Outing Class di BA Aisyiyah Bulakrejo 2, Sukoharjo |
title_fullStr | Pengembangan Psikomotorik Peserta Didik melalui Kegiatan Outing Class di BA Aisyiyah Bulakrejo 2, Sukoharjo |
title_full_unstemmed | Pengembangan Psikomotorik Peserta Didik melalui Kegiatan Outing Class di BA Aisyiyah Bulakrejo 2, Sukoharjo |
title_short | Pengembangan Psikomotorik Peserta Didik melalui Kegiatan Outing Class di BA Aisyiyah Bulakrejo 2, Sukoharjo |
title_sort | pengembangan psikomotorik peserta didik melalui kegiatan outing class di ba aisyiyah bulakrejo 2 sukoharjo |
topic | pembelajaran diluar kelas; pendidikan anak usia dini; sikomotorik |
topic_facet | pembelajaran diluar kelas; pendidikan anak usia dini; sikomotorik |
url | https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/10775 |
work_keys_str_mv | AT widiasarichoiriyah pengembanganpsikomotorikpesertadidikmelaluikegiatanoutingclassdibaaisyiyahbulakrejo2sukoharjo AT almahihumaam pengembanganpsikomotorikpesertadidikmelaluikegiatanoutingclassdibaaisyiyahbulakrejo2sukoharjo AT prasetyoningrumdewi pengembanganpsikomotorikpesertadidikmelaluikegiatanoutingclassdibaaisyiyahbulakrejo2sukoharjo AT rohmatikanisalaili pengembanganpsikomotorikpesertadidikmelaluikegiatanoutingclassdibaaisyiyahbulakrejo2sukoharjo AT sendyeveraniara pengembanganpsikomotorikpesertadidikmelaluikegiatanoutingclassdibaaisyiyahbulakrejo2sukoharjo AT satriayudhistiralaksamana pengembanganpsikomotorikpesertadidikmelaluikegiatanoutingclassdibaaisyiyahbulakrejo2sukoharjo AT permatasarijatiayunurma pengembanganpsikomotorikpesertadidikmelaluikegiatanoutingclassdibaaisyiyahbulakrejo2sukoharjo AT grandisrosaliatunika pengembanganpsikomotorikpesertadidikmelaluikegiatanoutingclassdibaaisyiyahbulakrejo2sukoharjo AT astaraarareda pengembanganpsikomotorikpesertadidikmelaluikegiatanoutingclassdibaaisyiyahbulakrejo2sukoharjo AT kurniawanmuhammadedi pengembanganpsikomotorikpesertadidikmelaluikegiatanoutingclassdibaaisyiyahbulakrejo2sukoharjo |