Penerapan Permainan Origami untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa di MIM Pepe, Klaten

Kreativitas anak tidak didapatkan sejak peserta didik lahir, namun kreativitas anak dapat dikembangkan melalui sebuah kegiatan atau pelatihan yang terbimbing. Meningkatkan kreativitas pada siswa sebagai suatu upaya untuk mengembangkan keterampilan dan memacu rasa ingin tahu anak. Peran Pendidikan fo...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Wardhani, Puspita Indra, Urrochman, Agusta Aulia, Alimah, Anisa Nur, Fatmawati, Ida, Rifngatin, Ika, Dewi, Nur Baiti Sukma, Wibisono, Rizki Hendrawan, Andriani, Rossy, Pratiwi, Sendy
Format: UMS Journal (OJS)
Language:eng
Published: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2020
Subjects:
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/10773
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1805340836462854144
author Wardhani, Puspita Indra
Urrochman, Agusta Aulia
Alimah, Anisa Nur
Fatmawati, Ida
Rifngatin, Ika
Dewi, Nur Baiti Sukma
Wibisono, Rizki Hendrawan
Andriani, Rossy
Pratiwi, Sendy
author_facet Wardhani, Puspita Indra
Urrochman, Agusta Aulia
Alimah, Anisa Nur
Fatmawati, Ida
Rifngatin, Ika
Dewi, Nur Baiti Sukma
Wibisono, Rizki Hendrawan
Andriani, Rossy
Pratiwi, Sendy
author_sort Wardhani, Puspita Indra
collection OJS
description Kreativitas anak tidak didapatkan sejak peserta didik lahir, namun kreativitas anak dapat dikembangkan melalui sebuah kegiatan atau pelatihan yang terbimbing. Meningkatkan kreativitas pada siswa sebagai suatu upaya untuk mengembangkan keterampilan dan memacu rasa ingin tahu anak. Peran Pendidikan formal di sekolah cukup besar dalam hal ini, dimana sekolah menjadi sarana pengembangan kreativitas anak yang tentunya tidak lepas dari peran pendidik. Oleh karena itu, pendidik berperan penting dalam pengembangan keterampilan siswa MIM PEPE dalam berkreativitas, didukung dan dikelola dengan baik. Hal ini dapat dicapai jika siswa dan guru dapat berkolaborasi secara baik untuk mencapai suatu tujuan yang dirancang bersama. Data menunjukkan bahwa banyak siswa MIM PEPE yang belum semua dapat mengembangkan kreativitas dan skillnya. Faktor utama yang mendorong keberanian siswa untuk meningkatkan kreativitasnya adalah bimbingan guru dan fasilitas yang memadai untuk pengembangan siswa. Rasa percaya diri pada siswa dalam meningkatkan skill personalnya merupakan tanggung jawab siswa itu sendiri dan tentunya didampingi oleh peran guru. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam mengembangkan kreativitasnya. Subjek dalam pengabdian yaitu siswa kelas 1, 2 dan 3. Adapun objek pengabdiannya adalah kemampuan kreativitas peserta didik. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa kreativitas anak dapat berkembang disertai dengan peran guru.
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-10773
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language eng
publishDate 2020
publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-10773 Penerapan Permainan Origami untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa di MIM Pepe, Klaten Wardhani, Puspita Indra Urrochman, Agusta Aulia Alimah, Anisa Nur Fatmawati, Ida Rifngatin, Ika Dewi, Nur Baiti Sukma Wibisono, Rizki Hendrawan Andriani, Rossy Pratiwi, Sendy kemampuan; kreativitas; percaya diri Kreativitas anak tidak didapatkan sejak peserta didik lahir, namun kreativitas anak dapat dikembangkan melalui sebuah kegiatan atau pelatihan yang terbimbing. Meningkatkan kreativitas pada siswa sebagai suatu upaya untuk mengembangkan keterampilan dan memacu rasa ingin tahu anak. Peran Pendidikan formal di sekolah cukup besar dalam hal ini, dimana sekolah menjadi sarana pengembangan kreativitas anak yang tentunya tidak lepas dari peran pendidik. Oleh karena itu, pendidik berperan penting dalam pengembangan keterampilan siswa MIM PEPE dalam berkreativitas, didukung dan dikelola dengan baik. Hal ini dapat dicapai jika siswa dan guru dapat berkolaborasi secara baik untuk mencapai suatu tujuan yang dirancang bersama. Data menunjukkan bahwa banyak siswa MIM PEPE yang belum semua dapat mengembangkan kreativitas dan skillnya. Faktor utama yang mendorong keberanian siswa untuk meningkatkan kreativitasnya adalah bimbingan guru dan fasilitas yang memadai untuk pengembangan siswa. Rasa percaya diri pada siswa dalam meningkatkan skill personalnya merupakan tanggung jawab siswa itu sendiri dan tentunya didampingi oleh peran guru. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam mengembangkan kreativitasnya. Subjek dalam pengabdian yaitu siswa kelas 1, 2 dan 3. Adapun objek pengabdiannya adalah kemampuan kreativitas peserta didik. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa kreativitas anak dapat berkembang disertai dengan peran guru. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2020-05-06 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/10773 10.23917/bkkndik.v1i2.10773 Buletin KKN Pendidikan; Vol. 1, No. 2, Desember 2019; 83-90 2716-0327 10.23917/bkkndik.v1i2 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/10773/5543 https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/downloadSuppFile/10773/1773 https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/downloadSuppFile/10773/1785 Copyright (c) 2019 Buletin KKN Pendidikan
spellingShingle kemampuan; kreativitas; percaya diri
Wardhani, Puspita Indra
Urrochman, Agusta Aulia
Alimah, Anisa Nur
Fatmawati, Ida
Rifngatin, Ika
Dewi, Nur Baiti Sukma
Wibisono, Rizki Hendrawan
Andriani, Rossy
Pratiwi, Sendy
Penerapan Permainan Origami untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa di MIM Pepe, Klaten
title Penerapan Permainan Origami untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa di MIM Pepe, Klaten
title_full Penerapan Permainan Origami untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa di MIM Pepe, Klaten
title_fullStr Penerapan Permainan Origami untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa di MIM Pepe, Klaten
title_full_unstemmed Penerapan Permainan Origami untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa di MIM Pepe, Klaten
title_short Penerapan Permainan Origami untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa di MIM Pepe, Klaten
title_sort penerapan permainan origami untuk meningkatkan kreativitas siswa di mim pepe klaten
topic kemampuan; kreativitas; percaya diri
topic_facet kemampuan; kreativitas; percaya diri
url https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/10773
work_keys_str_mv AT wardhanipuspitaindra penerapanpermainanorigamiuntukmeningkatkankreativitassiswadimimpepeklaten
AT urrochmanagustaaulia penerapanpermainanorigamiuntukmeningkatkankreativitassiswadimimpepeklaten
AT alimahanisanur penerapanpermainanorigamiuntukmeningkatkankreativitassiswadimimpepeklaten
AT fatmawatiida penerapanpermainanorigamiuntukmeningkatkankreativitassiswadimimpepeklaten
AT rifngatinika penerapanpermainanorigamiuntukmeningkatkankreativitassiswadimimpepeklaten
AT dewinurbaitisukma penerapanpermainanorigamiuntukmeningkatkankreativitassiswadimimpepeklaten
AT wibisonorizkihendrawan penerapanpermainanorigamiuntukmeningkatkankreativitassiswadimimpepeklaten
AT andrianirossy penerapanpermainanorigamiuntukmeningkatkankreativitassiswadimimpepeklaten
AT pratiwisendy penerapanpermainanorigamiuntukmeningkatkankreativitassiswadimimpepeklaten