Penguatan Pendidikan Etika dan Karakter Peduli Lingkungan Sosial Budaya di SMP Muhammadiyah 10 Matesih, Karanganyar

Tujuan utama kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk menumbuhkan dan memberikan penguatan  kepedulian guru dan siswa di SMP Muhammadiyah 10 Matesih Karanganyar terhadap lingkungan sosial-budaya sekolah dalam pendidikan etika dan karakter di era komunikasi global sekarang ini. Kegiatan pengab...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Ratih, Koesoemo, Utami, Ratnasari Dyah, Fuadi, Djalal, Mulyasih, Sri, Febriani, Dinar, Asmara, Sampdoria Fajar, Aprilianti, Diana Riza, Rianti, Arum Wahyu, Santiana, Dewi, Rahmawati, Heni, Adlina, Livya Mora, Rosyidi, Bastian, Hidayat, Muhammad Taufik
Format: UMS Journal (OJS)
Language:eng
Published: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2020
Subjects:
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/10770
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1805340840858484736
author Ratih, Koesoemo
Utami, Ratnasari Dyah
Fuadi, Djalal
Mulyasih, Sri
Febriani, Dinar
Asmara, Sampdoria Fajar
Aprilianti, Diana Riza
Rianti, Arum Wahyu
Santiana, Dewi
Rahmawati, Heni
Adlina, Livya Mora
Rosyidi, Bastian
Hidayat, Muhammad Taufik
author_facet Ratih, Koesoemo
Utami, Ratnasari Dyah
Fuadi, Djalal
Mulyasih, Sri
Febriani, Dinar
Asmara, Sampdoria Fajar
Aprilianti, Diana Riza
Rianti, Arum Wahyu
Santiana, Dewi
Rahmawati, Heni
Adlina, Livya Mora
Rosyidi, Bastian
Hidayat, Muhammad Taufik
author_sort Ratih, Koesoemo
collection OJS
description Tujuan utama kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk menumbuhkan dan memberikan penguatan  kepedulian guru dan siswa di SMP Muhammadiyah 10 Matesih Karanganyar terhadap lingkungan sosial-budaya sekolah dalam pendidikan etika dan karakter di era komunikasi global sekarang ini. Kegiatan pengabdian masyarakat ini melibatkan guru dan siswa berjumlah 34 siswa yang ada di SMP Muhammadiyah 10 Matesih yang diawali dengan pengamatan terlibat aktif, wawancara mendalam secara langsung dilanjutkan dengan teknik Partisipatory Rural Appraisal kepada guru dan siswa di SMP Muhammadiyah 10 Matesih. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa dengan adanya pendidikan etika dan karakter peduli lingkungan siswa yang ada di SMP Muhammadiyah 10 Matesih lebih menanggapi akan pentingnya lingkungan yang bersih, serta siswa di SMP Muhammadiyah 10 Matesih telah dapat memanfaatkan botol-botol bekas sebagai pot bunga dan lebih bertanggung jawab atas sampah yang ada di lingkungan sekolah dengan membuang sampah pada tempat sampah yang telah di sediakan oleh tim KKN-Dik maka dengan diadakannya pengabdian masyarakt pendidikan ini dapat mengetahui bahwa dengan diadakannya pendidikan etika dan karekter peduli lingkungan ini dapat menumbuhkan etika dan karakter siswa dalam bertanggung jawab terhadap lingkungan yang bersih, rapi, indah, dan nyaman. Oleh sebab itu, guru dan siswa perlu didorong secara berkala dan berkelanjutan dalam pendidikan etika dan karakter yang berbasis pada potensi lingkungan sosial-budaya sekolah.
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-10770
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language eng
publishDate 2020
publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-10770 Penguatan Pendidikan Etika dan Karakter Peduli Lingkungan Sosial Budaya di SMP Muhammadiyah 10 Matesih, Karanganyar Ratih, Koesoemo Utami, Ratnasari Dyah Fuadi, Djalal Mulyasih, Sri Febriani, Dinar Asmara, Sampdoria Fajar Aprilianti, Diana Riza Rianti, Arum Wahyu Santiana, Dewi Rahmawati, Heni Adlina, Livya Mora Rosyidi, Bastian Hidayat, Muhammad Taufik etika; karakter; komunikasi global; peduli lingkungan Tujuan utama kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk menumbuhkan dan memberikan penguatan  kepedulian guru dan siswa di SMP Muhammadiyah 10 Matesih Karanganyar terhadap lingkungan sosial-budaya sekolah dalam pendidikan etika dan karakter di era komunikasi global sekarang ini. Kegiatan pengabdian masyarakat ini melibatkan guru dan siswa berjumlah 34 siswa yang ada di SMP Muhammadiyah 10 Matesih yang diawali dengan pengamatan terlibat aktif, wawancara mendalam secara langsung dilanjutkan dengan teknik Partisipatory Rural Appraisal kepada guru dan siswa di SMP Muhammadiyah 10 Matesih. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa dengan adanya pendidikan etika dan karakter peduli lingkungan siswa yang ada di SMP Muhammadiyah 10 Matesih lebih menanggapi akan pentingnya lingkungan yang bersih, serta siswa di SMP Muhammadiyah 10 Matesih telah dapat memanfaatkan botol-botol bekas sebagai pot bunga dan lebih bertanggung jawab atas sampah yang ada di lingkungan sekolah dengan membuang sampah pada tempat sampah yang telah di sediakan oleh tim KKN-Dik maka dengan diadakannya pengabdian masyarakt pendidikan ini dapat mengetahui bahwa dengan diadakannya pendidikan etika dan karekter peduli lingkungan ini dapat menumbuhkan etika dan karakter siswa dalam bertanggung jawab terhadap lingkungan yang bersih, rapi, indah, dan nyaman. Oleh sebab itu, guru dan siswa perlu didorong secara berkala dan berkelanjutan dalam pendidikan etika dan karakter yang berbasis pada potensi lingkungan sosial-budaya sekolah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2020-07-12 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/10770 10.23917/bkkndik.v2i1.10770 Buletin KKN Pendidikan; Vol. 2, No. 1, Juli 2020; 44-49 2716-0327 10.23917/bkkndik.v2i1 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/10770/5756 https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/downloadSuppFile/10770/2051 https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/downloadSuppFile/10770/2052 Copyright (c) 2020 Buletin KKN Pendidikan https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
spellingShingle etika; karakter; komunikasi global; peduli lingkungan
Ratih, Koesoemo
Utami, Ratnasari Dyah
Fuadi, Djalal
Mulyasih, Sri
Febriani, Dinar
Asmara, Sampdoria Fajar
Aprilianti, Diana Riza
Rianti, Arum Wahyu
Santiana, Dewi
Rahmawati, Heni
Adlina, Livya Mora
Rosyidi, Bastian
Hidayat, Muhammad Taufik
Penguatan Pendidikan Etika dan Karakter Peduli Lingkungan Sosial Budaya di SMP Muhammadiyah 10 Matesih, Karanganyar
title Penguatan Pendidikan Etika dan Karakter Peduli Lingkungan Sosial Budaya di SMP Muhammadiyah 10 Matesih, Karanganyar
title_full Penguatan Pendidikan Etika dan Karakter Peduli Lingkungan Sosial Budaya di SMP Muhammadiyah 10 Matesih, Karanganyar
title_fullStr Penguatan Pendidikan Etika dan Karakter Peduli Lingkungan Sosial Budaya di SMP Muhammadiyah 10 Matesih, Karanganyar
title_full_unstemmed Penguatan Pendidikan Etika dan Karakter Peduli Lingkungan Sosial Budaya di SMP Muhammadiyah 10 Matesih, Karanganyar
title_short Penguatan Pendidikan Etika dan Karakter Peduli Lingkungan Sosial Budaya di SMP Muhammadiyah 10 Matesih, Karanganyar
title_sort penguatan pendidikan etika dan karakter peduli lingkungan sosial budaya di smp muhammadiyah 10 matesih karanganyar
topic etika; karakter; komunikasi global; peduli lingkungan
topic_facet etika; karakter; komunikasi global; peduli lingkungan
url https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/10770
work_keys_str_mv AT ratihkoesoemo penguatanpendidikanetikadankarakterpedulilingkungansosialbudayadismpmuhammadiyah10matesihkaranganyar
AT utamiratnasaridyah penguatanpendidikanetikadankarakterpedulilingkungansosialbudayadismpmuhammadiyah10matesihkaranganyar
AT fuadidjalal penguatanpendidikanetikadankarakterpedulilingkungansosialbudayadismpmuhammadiyah10matesihkaranganyar
AT mulyasihsri penguatanpendidikanetikadankarakterpedulilingkungansosialbudayadismpmuhammadiyah10matesihkaranganyar
AT febrianidinar penguatanpendidikanetikadankarakterpedulilingkungansosialbudayadismpmuhammadiyah10matesihkaranganyar
AT asmarasampdoriafajar penguatanpendidikanetikadankarakterpedulilingkungansosialbudayadismpmuhammadiyah10matesihkaranganyar
AT apriliantidianariza penguatanpendidikanetikadankarakterpedulilingkungansosialbudayadismpmuhammadiyah10matesihkaranganyar
AT riantiarumwahyu penguatanpendidikanetikadankarakterpedulilingkungansosialbudayadismpmuhammadiyah10matesihkaranganyar
AT santianadewi penguatanpendidikanetikadankarakterpedulilingkungansosialbudayadismpmuhammadiyah10matesihkaranganyar
AT rahmawatiheni penguatanpendidikanetikadankarakterpedulilingkungansosialbudayadismpmuhammadiyah10matesihkaranganyar
AT adlinalivyamora penguatanpendidikanetikadankarakterpedulilingkungansosialbudayadismpmuhammadiyah10matesihkaranganyar
AT rosyidibastian penguatanpendidikanetikadankarakterpedulilingkungansosialbudayadismpmuhammadiyah10matesihkaranganyar
AT hidayatmuhammadtaufik penguatanpendidikanetikadankarakterpedulilingkungansosialbudayadismpmuhammadiyah10matesihkaranganyar