Peningkatan Antusiasme dan Pemahaman Siswa dalam PBM melalui Metode Talking Stick di MIM Jatisari Kedungdowo, Boyolali

Proses belajar-mengajar merupakan suatu cara guru dan murid berinteraksi dengan menciptakan suasana kelas yang kondusif dan menarik minat belajar siswa. Untuk itu, guru sangat penting memilih metode pembelajaran supaya siswa semangat dan termotivasi untuk belajar di sekolah. Metode talking stick yan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Sabardila, Atiqa, Fachri, Arif Rahman, Santoso, Eric, Aini, Ninik Nur, Safitri, Mila, Putri, Dita Meinindya, Damayanti, Novita Aisah, Hermawati, Linda, Pratiwi, Adisti Nur, Safira, Ria
Format: UMS Journal (OJS)
Language:eng
Published: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2020
Subjects:
Online Access:https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/10765
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1805340840584806400
author Sabardila, Atiqa
Fachri, Arif Rahman
Santoso, Eric
Aini, Ninik Nur
Safitri, Mila
Putri, Dita Meinindya
Damayanti, Novita Aisah
Hermawati, Linda
Pratiwi, Adisti Nur
Safira, Ria
author_facet Sabardila, Atiqa
Fachri, Arif Rahman
Santoso, Eric
Aini, Ninik Nur
Safitri, Mila
Putri, Dita Meinindya
Damayanti, Novita Aisah
Hermawati, Linda
Pratiwi, Adisti Nur
Safira, Ria
author_sort Sabardila, Atiqa
collection OJS
description Proses belajar-mengajar merupakan suatu cara guru dan murid berinteraksi dengan menciptakan suasana kelas yang kondusif dan menarik minat belajar siswa. Untuk itu, guru sangat penting memilih metode pembelajaran supaya siswa semangat dan termotivasi untuk belajar di sekolah. Metode talking stick yang telah diterapkan di MIM Jatisari, Kedongdowo, Boyolali merupakan metode yang tepat dalam meningkatkan antusiasme dan pemahaman belajar siswa. Aplikasi metode ini telah menjadikan siswa dengan mudah memahami apa yang mereka pelajari, membuat siswa aktif di dalam kelas, mendapat kesempatan yang sama karena mendapat giliran memegang tongkat yang mengharuskan mereka menjawab pertanyaan guru, dan berpengalaman mengekspresikan pendapatnya di kelas. Metode ini berbeda dengan metode yang biasa digunakan oleh guru di MIM Jatisari tersebut. Metode ini lebih santai dan sesuai untuk siswa yang sulit memahami materi, serta dapat merangsang keingintahuan siswa dalam mendalami pengetahuan. Hal tersebut diharapkan mampu mengembalikan fokus siswa dalam belajar dan membuat siswa dapat memahami materi dengan mudah.
format UMS Journal (OJS)
id oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-10765
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language eng
publishDate 2020
publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
record_format ojs
spelling oai:ojs2.journals.ums.ac.id:article-10765 Peningkatan Antusiasme dan Pemahaman Siswa dalam PBM melalui Metode Talking Stick di MIM Jatisari Kedungdowo, Boyolali Sabardila, Atiqa Fachri, Arif Rahman Santoso, Eric Aini, Ninik Nur Safitri, Mila Putri, Dita Meinindya Damayanti, Novita Aisah Hermawati, Linda Pratiwi, Adisti Nur Safira, Ria proses belajar-mengajar; talking stick; pembelajaran interaktif Proses belajar-mengajar merupakan suatu cara guru dan murid berinteraksi dengan menciptakan suasana kelas yang kondusif dan menarik minat belajar siswa. Untuk itu, guru sangat penting memilih metode pembelajaran supaya siswa semangat dan termotivasi untuk belajar di sekolah. Metode talking stick yang telah diterapkan di MIM Jatisari, Kedongdowo, Boyolali merupakan metode yang tepat dalam meningkatkan antusiasme dan pemahaman belajar siswa. Aplikasi metode ini telah menjadikan siswa dengan mudah memahami apa yang mereka pelajari, membuat siswa aktif di dalam kelas, mendapat kesempatan yang sama karena mendapat giliran memegang tongkat yang mengharuskan mereka menjawab pertanyaan guru, dan berpengalaman mengekspresikan pendapatnya di kelas. Metode ini berbeda dengan metode yang biasa digunakan oleh guru di MIM Jatisari tersebut. Metode ini lebih santai dan sesuai untuk siswa yang sulit memahami materi, serta dapat merangsang keingintahuan siswa dalam mendalami pengetahuan. Hal tersebut diharapkan mampu mengembalikan fokus siswa dalam belajar dan membuat siswa dapat memahami materi dengan mudah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta 2020-05-06 info:eu-repo/semantics/article info:eu-repo/semantics/publishedVersion application/pdf https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/10765 10.23917/bkkndik.v1i2.10765 Buletin KKN Pendidikan; Vol. 1, No. 2, Desember 2019; 56-62 2716-0327 10.23917/bkkndik.v1i2 eng https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/10765/5536 https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/downloadSuppFile/10765/1771 https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/downloadSuppFile/10765/1780 Copyright (c) 2019 Buletin KKN Pendidikan
spellingShingle proses belajar-mengajar; talking stick; pembelajaran interaktif
Sabardila, Atiqa
Fachri, Arif Rahman
Santoso, Eric
Aini, Ninik Nur
Safitri, Mila
Putri, Dita Meinindya
Damayanti, Novita Aisah
Hermawati, Linda
Pratiwi, Adisti Nur
Safira, Ria
Peningkatan Antusiasme dan Pemahaman Siswa dalam PBM melalui Metode Talking Stick di MIM Jatisari Kedungdowo, Boyolali
title Peningkatan Antusiasme dan Pemahaman Siswa dalam PBM melalui Metode Talking Stick di MIM Jatisari Kedungdowo, Boyolali
title_full Peningkatan Antusiasme dan Pemahaman Siswa dalam PBM melalui Metode Talking Stick di MIM Jatisari Kedungdowo, Boyolali
title_fullStr Peningkatan Antusiasme dan Pemahaman Siswa dalam PBM melalui Metode Talking Stick di MIM Jatisari Kedungdowo, Boyolali
title_full_unstemmed Peningkatan Antusiasme dan Pemahaman Siswa dalam PBM melalui Metode Talking Stick di MIM Jatisari Kedungdowo, Boyolali
title_short Peningkatan Antusiasme dan Pemahaman Siswa dalam PBM melalui Metode Talking Stick di MIM Jatisari Kedungdowo, Boyolali
title_sort peningkatan antusiasme dan pemahaman siswa dalam pbm melalui metode talking stick di mim jatisari kedungdowo boyolali
topic proses belajar-mengajar; talking stick; pembelajaran interaktif
topic_facet proses belajar-mengajar; talking stick; pembelajaran interaktif
url https://journals.ums.ac.id/index.php/buletinkkndik/article/view/10765
work_keys_str_mv AT sabardilaatiqa peningkatanantusiasmedanpemahamansiswadalampbmmelaluimetodetalkingstickdimimjatisarikedungdowoboyolali
AT fachriarifrahman peningkatanantusiasmedanpemahamansiswadalampbmmelaluimetodetalkingstickdimimjatisarikedungdowoboyolali
AT santosoeric peningkatanantusiasmedanpemahamansiswadalampbmmelaluimetodetalkingstickdimimjatisarikedungdowoboyolali
AT ainininiknur peningkatanantusiasmedanpemahamansiswadalampbmmelaluimetodetalkingstickdimimjatisarikedungdowoboyolali
AT safitrimila peningkatanantusiasmedanpemahamansiswadalampbmmelaluimetodetalkingstickdimimjatisarikedungdowoboyolali
AT putriditameinindya peningkatanantusiasmedanpemahamansiswadalampbmmelaluimetodetalkingstickdimimjatisarikedungdowoboyolali
AT damayantinovitaaisah peningkatanantusiasmedanpemahamansiswadalampbmmelaluimetodetalkingstickdimimjatisarikedungdowoboyolali
AT hermawatilinda peningkatanantusiasmedanpemahamansiswadalampbmmelaluimetodetalkingstickdimimjatisarikedungdowoboyolali
AT pratiwiadistinur peningkatanantusiasmedanpemahamansiswadalampbmmelaluimetodetalkingstickdimimjatisarikedungdowoboyolali
AT safiraria peningkatanantusiasmedanpemahamansiswadalampbmmelaluimetodetalkingstickdimimjatisarikedungdowoboyolali