IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun 2010)

Manajemen Berbasis Sekolah adalah manajemen yang memberikan otonomi kepada sekolah untuk mengolah semua sumber daya yang dimiliki secara partisipatif dengan melibatkan langsung semua warga sekolah untuk meningkatkan mutu sekolah berdasarkan kebijakan pendidikan nasional. SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKAR...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KURNIAWAN , ADE
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9999/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994988913721344
author KURNIAWAN , ADE
author_facet KURNIAWAN , ADE
author_sort KURNIAWAN , ADE
collection ePrints
description Manajemen Berbasis Sekolah adalah manajemen yang memberikan otonomi kepada sekolah untuk mengolah semua sumber daya yang dimiliki secara partisipatif dengan melibatkan langsung semua warga sekolah untuk meningkatkan mutu sekolah berdasarkan kebijakan pendidikan nasional. SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKARTA adalah salah satu lembaga pendidikan setingkat sekolah menengah pertama yang saat ini berusaha menjadi pioner diantara sekolah-sekolah lain di Surakarta. Diantara usaha yang di laksanakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah mengubah performa pembelajaranya dari standar menjadi full day scholl, hal ini didasari dari partisipasi masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas alumnusnya. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis tertarik untuk meneliti lembaga ini dengan tujuan untuk mengetahui seberapa urgentnya manajemen berbasis sekolah di sekolah ini serta adakah faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan manajerialnya. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan, adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan diskriptif kualitatif, dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Dalam menganalisis data penulis menggunakan analisis SWOT yaitu kekuatan (Strengths), kelemahan (Weakness), kesempatan (Opportunities), dan yang menjadi ancaman (Treathment). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya manajemen berbasis sekolah di SMP Muhammadiyah Surakarta 10 sangat penting untuk meningkatkan mutu pendidikan, dengan kata lain jika manajemennya baik maka kualitas pendidikan itu akan baik pula. Hal ini dibuktikan dengan adanya manajemen kepemimpinan yang transparan dan demokratis, tenaga kependidikan yang lebih profesional, sarana prasarana yang sudah memadai, kurikulum yang menerapkan sistem latihan life skill dapat berjalan lancar dan efektif sehingga siswa lebih siap untuk terjun dimasyarakat. Meskipun demikian dalam pelaksanaan manajerialnya terdapat beberapa kekurangan yang harus diperbaiki diantaranya adalah dalam manajemen Keuangan dan Humas, hal ini terkait dengan sumbangan SPP dan dana pengembangan yang terlalu tinggi, akibatnya masyarakat menengah yang juga ingin menikmati kelebihan-kelebihan lembaga tersebut menjadi sangat keberatan. Penyelesaian mengenai masalah ini adalah dengan memberikan perbedaan interval dalam pemberian sumbangan SPP dan dana pengembangan kepada orang tua/wali siswa, dalam hal ini hendaknya antara bagian Humas dan Keuangan mengadakan rapat secara kekeluargaan dan mengedepankan nilai-nilai sosial islami dengan menghasilkan mufakat yang adil dan memihak pada masyarakat menengah, untuk selanjutnya disosialisasikan secara transparan kepada semua elemen sekolah.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9999
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9999 https://eprints.ums.ac.id/9999/ IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun 2010) KURNIAWAN , ADE BP Bahaism. Theosophy, etc Manajemen Berbasis Sekolah adalah manajemen yang memberikan otonomi kepada sekolah untuk mengolah semua sumber daya yang dimiliki secara partisipatif dengan melibatkan langsung semua warga sekolah untuk meningkatkan mutu sekolah berdasarkan kebijakan pendidikan nasional. SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKARTA adalah salah satu lembaga pendidikan setingkat sekolah menengah pertama yang saat ini berusaha menjadi pioner diantara sekolah-sekolah lain di Surakarta. Diantara usaha yang di laksanakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah mengubah performa pembelajaranya dari standar menjadi full day scholl, hal ini didasari dari partisipasi masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas alumnusnya. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis tertarik untuk meneliti lembaga ini dengan tujuan untuk mengetahui seberapa urgentnya manajemen berbasis sekolah di sekolah ini serta adakah faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan manajerialnya. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan, adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan diskriptif kualitatif, dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Dalam menganalisis data penulis menggunakan analisis SWOT yaitu kekuatan (Strengths), kelemahan (Weakness), kesempatan (Opportunities), dan yang menjadi ancaman (Treathment). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya manajemen berbasis sekolah di SMP Muhammadiyah Surakarta 10 sangat penting untuk meningkatkan mutu pendidikan, dengan kata lain jika manajemennya baik maka kualitas pendidikan itu akan baik pula. Hal ini dibuktikan dengan adanya manajemen kepemimpinan yang transparan dan demokratis, tenaga kependidikan yang lebih profesional, sarana prasarana yang sudah memadai, kurikulum yang menerapkan sistem latihan life skill dapat berjalan lancar dan efektif sehingga siswa lebih siap untuk terjun dimasyarakat. Meskipun demikian dalam pelaksanaan manajerialnya terdapat beberapa kekurangan yang harus diperbaiki diantaranya adalah dalam manajemen Keuangan dan Humas, hal ini terkait dengan sumbangan SPP dan dana pengembangan yang terlalu tinggi, akibatnya masyarakat menengah yang juga ingin menikmati kelebihan-kelebihan lembaga tersebut menjadi sangat keberatan. Penyelesaian mengenai masalah ini adalah dengan memberikan perbedaan interval dalam pemberian sumbangan SPP dan dana pengembangan kepada orang tua/wali siswa, dalam hal ini hendaknya antara bagian Humas dan Keuangan mengadakan rapat secara kekeluargaan dan mengedepankan nilai-nilai sosial islami dengan menghasilkan mufakat yang adil dan memihak pada masyarakat menengah, untuk selanjutnya disosialisasikan secara transparan kepada semua elemen sekolah. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9999/1/G000070091.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9999/2/G000070091.pdf KURNIAWAN , ADE (2010) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun 2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . G000070091
spellingShingle BP Bahaism. Theosophy, etc
KURNIAWAN , ADE
IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun 2010)
title IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun 2010)
title_full IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun 2010)
title_fullStr IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun 2010)
title_full_unstemmed IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun 2010)
title_short IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun 2010)
title_sort implementasi manajemen berbasis sekolah studi kasus di smp muhammadiyah 10 surakarta tahun 2010
topic BP Bahaism. Theosophy, etc
url https://eprints.ums.ac.id/9999/
work_keys_str_mv AT kurniawanade implementasimanajemenberbasissekolahstudikasusdismpmuhammadiyah10surakartatahun2010