PENERAPAN STRATEGI PROBLEM SOLVING PEMBELAJARAN AL-HADITŚ DI SMP DARUL ARQOM MUHAMMADIYAH KARANGANYAR TAHUN 2009/2010

Strategi adalah komponen pembelajaran yang dapat menciptakan aktivitas pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Sebagus dan selengkap apapun sebuah kurikulum pendidikan, tidak akan berarti apa-apa jika tidak memiliki metode atau cara yang tepat dalam kegiatan transfer ilmu kepada peserta did...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUSILO , HERMAN
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9998/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994988646334464
author SUSILO , HERMAN
author_facet SUSILO , HERMAN
author_sort SUSILO , HERMAN
collection ePrints
description Strategi adalah komponen pembelajaran yang dapat menciptakan aktivitas pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Sebagus dan selengkap apapun sebuah kurikulum pendidikan, tidak akan berarti apa-apa jika tidak memiliki metode atau cara yang tepat dalam kegiatan transfer ilmu kepada peserta didik. Ketidak tepatan dalam penerapan Strategi secara praktis akan menghambat proses belajar mengajar yang akan berakibat pada terbuangnya waktu secara sia-sia. Sekolah Menengah Pertama (SMP) Darul Arqom Muhammadiyah Karanganyar merupakan salah satu sekolah menengah pertama yang memiliki keunggulan perpaduan antara ilmu umum dan agama Islam yang diajarkan secara integral. Melalui program asrama para siswa mudah terkontrol perkembangannya. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan berbagai macam Strategi untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Penulis merumuskan permasalahan dengan mengangkat tema tentang penggunaan Strategi Problem Solving dalam pembelajaran Al-Haditś di SMP Darul Arqom Muhammadiyah Karanganyar tahun 2009/2010. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran yang digunakan dalam menyampaikan materi Al-Haditś di SMP Darul Arqom Muhammadiyah Karanganyar tahun 2009/2010, serta mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan strategi. Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan pandangan teoritik bagi pengembang strategi pembelajaran Al-Haditś serta sumber informasi yang berarti dalam penghimpunan data yang berkaitan dengan strategi pembelajaran Al-Haditś, sumbangan praktis untuk dijadikan bahan pertimbangan guna peningkatan mutu pendidikan dengan perbaikan strategi pembelajaran di SMP Darul Arqom Muhammadiyah Karanganyar dan sekolah lainnya yang sama-sama mempunyai kepentingan dalam strategi pembelajaran Al-Haditś. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat kualitatif, objek penelitian ini adalah guru Al-Haditś dan siswa kelas VII. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Adapun penelitian ini dianalisis dengan kualitatif deskriptif (penelitian yang menghasilkan kata-kata tulisan atau lisan). Penelitian ini menyimpulkan bahwa, metode pembelajaran Al-Hadist di SMP Darul Arqom Muhammadiyah Karanganyar Tahun Ajaran 2009/2010 secara teoritis sudah efektif, akan tetapi dalam tataran praktis belum bisa optimal dan masih ditemui banyak kendala dikarenakan sekolah ini memiliki fasilitas yang kurang lengkap.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9998
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9998 https://eprints.ums.ac.id/9998/ PENERAPAN STRATEGI PROBLEM SOLVING PEMBELAJARAN AL-HADITŚ DI SMP DARUL ARQOM MUHAMMADIYAH KARANGANYAR TAHUN 2009/2010 SUSILO , HERMAN BP Bahaism. Theosophy, etc Strategi adalah komponen pembelajaran yang dapat menciptakan aktivitas pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Sebagus dan selengkap apapun sebuah kurikulum pendidikan, tidak akan berarti apa-apa jika tidak memiliki metode atau cara yang tepat dalam kegiatan transfer ilmu kepada peserta didik. Ketidak tepatan dalam penerapan Strategi secara praktis akan menghambat proses belajar mengajar yang akan berakibat pada terbuangnya waktu secara sia-sia. Sekolah Menengah Pertama (SMP) Darul Arqom Muhammadiyah Karanganyar merupakan salah satu sekolah menengah pertama yang memiliki keunggulan perpaduan antara ilmu umum dan agama Islam yang diajarkan secara integral. Melalui program asrama para siswa mudah terkontrol perkembangannya. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan berbagai macam Strategi untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Penulis merumuskan permasalahan dengan mengangkat tema tentang penggunaan Strategi Problem Solving dalam pembelajaran Al-Haditś di SMP Darul Arqom Muhammadiyah Karanganyar tahun 2009/2010. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran yang digunakan dalam menyampaikan materi Al-Haditś di SMP Darul Arqom Muhammadiyah Karanganyar tahun 2009/2010, serta mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan strategi. Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan pandangan teoritik bagi pengembang strategi pembelajaran Al-Haditś serta sumber informasi yang berarti dalam penghimpunan data yang berkaitan dengan strategi pembelajaran Al-Haditś, sumbangan praktis untuk dijadikan bahan pertimbangan guna peningkatan mutu pendidikan dengan perbaikan strategi pembelajaran di SMP Darul Arqom Muhammadiyah Karanganyar dan sekolah lainnya yang sama-sama mempunyai kepentingan dalam strategi pembelajaran Al-Haditś. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat kualitatif, objek penelitian ini adalah guru Al-Haditś dan siswa kelas VII. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Adapun penelitian ini dianalisis dengan kualitatif deskriptif (penelitian yang menghasilkan kata-kata tulisan atau lisan). Penelitian ini menyimpulkan bahwa, metode pembelajaran Al-Hadist di SMP Darul Arqom Muhammadiyah Karanganyar Tahun Ajaran 2009/2010 secara teoritis sudah efektif, akan tetapi dalam tataran praktis belum bisa optimal dan masih ditemui banyak kendala dikarenakan sekolah ini memiliki fasilitas yang kurang lengkap. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9998/1/G000070082.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9998/3/G000070082.pdf SUSILO , HERMAN (2010) PENERAPAN STRATEGI PROBLEM SOLVING PEMBELAJARAN AL-HADITŚ DI SMP DARUL ARQOM MUHAMMADIYAH KARANGANYAR TAHUN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . G000070082
spellingShingle BP Bahaism. Theosophy, etc
SUSILO , HERMAN
PENERAPAN STRATEGI PROBLEM SOLVING PEMBELAJARAN AL-HADITŚ DI SMP DARUL ARQOM MUHAMMADIYAH KARANGANYAR TAHUN 2009/2010
title PENERAPAN STRATEGI PROBLEM SOLVING PEMBELAJARAN AL-HADITŚ DI SMP DARUL ARQOM MUHAMMADIYAH KARANGANYAR TAHUN 2009/2010
title_full PENERAPAN STRATEGI PROBLEM SOLVING PEMBELAJARAN AL-HADITŚ DI SMP DARUL ARQOM MUHAMMADIYAH KARANGANYAR TAHUN 2009/2010
title_fullStr PENERAPAN STRATEGI PROBLEM SOLVING PEMBELAJARAN AL-HADITŚ DI SMP DARUL ARQOM MUHAMMADIYAH KARANGANYAR TAHUN 2009/2010
title_full_unstemmed PENERAPAN STRATEGI PROBLEM SOLVING PEMBELAJARAN AL-HADITŚ DI SMP DARUL ARQOM MUHAMMADIYAH KARANGANYAR TAHUN 2009/2010
title_short PENERAPAN STRATEGI PROBLEM SOLVING PEMBELAJARAN AL-HADITŚ DI SMP DARUL ARQOM MUHAMMADIYAH KARANGANYAR TAHUN 2009/2010
title_sort penerapan strategi problem solving pembelajaran al hadits di smp darul arqom muhammadiyah karanganyar tahun 2009 2010
topic BP Bahaism. Theosophy, etc
url https://eprints.ums.ac.id/9998/
work_keys_str_mv AT susiloherman penerapanstrategiproblemsolvingpembelajaranalhaditsdismpdarularqommuhammadiyahkaranganyartahun20092010