PENERAPAN STRATEGI PROBLEM SOLVING PEMBELAJARAN AL-HADITŚ DI SMP DARUL ARQOM MUHAMMADIYAH KARANGANYAR TAHUN 2009/2010
Strategi adalah komponen pembelajaran yang dapat menciptakan aktivitas pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Sebagus dan selengkap apapun sebuah kurikulum pendidikan, tidak akan berarti apa-apa jika tidak memiliki metode atau cara yang tepat dalam kegiatan transfer ilmu kepada peserta did...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/9998/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Strategi adalah komponen pembelajaran yang dapat menciptakan aktivitas pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Sebagus dan selengkap apapun sebuah kurikulum pendidikan, tidak akan berarti apa-apa jika tidak memiliki metode atau cara yang tepat dalam kegiatan transfer ilmu kepada peserta didik. Ketidak tepatan dalam penerapan Strategi secara praktis akan menghambat proses belajar mengajar yang akan berakibat pada terbuangnya waktu secara sia-sia.
Sekolah Menengah Pertama (SMP) Darul Arqom Muhammadiyah Karanganyar merupakan salah satu sekolah menengah pertama yang memiliki keunggulan perpaduan antara ilmu umum dan agama Islam yang diajarkan secara integral. Melalui program asrama para siswa mudah terkontrol perkembangannya. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan berbagai macam Strategi untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.
Penulis merumuskan permasalahan dengan mengangkat tema tentang penggunaan Strategi Problem Solving dalam pembelajaran Al-Haditś di SMP Darul Arqom Muhammadiyah Karanganyar tahun 2009/2010. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran yang digunakan dalam menyampaikan materi Al-Haditś di SMP Darul Arqom Muhammadiyah Karanganyar tahun 2009/2010, serta mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan strategi. Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan pandangan teoritik bagi pengembang strategi pembelajaran
Al-Haditś serta sumber informasi yang berarti dalam penghimpunan data yang berkaitan dengan strategi pembelajaran Al-Haditś, sumbangan praktis untuk dijadikan bahan pertimbangan guna peningkatan mutu pendidikan dengan perbaikan strategi pembelajaran di SMP Darul Arqom Muhammadiyah Karanganyar dan sekolah lainnya yang sama-sama mempunyai kepentingan dalam strategi pembelajaran Al-Haditś.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat kualitatif, objek penelitian ini adalah guru Al-Haditś dan siswa kelas VII. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Adapun penelitian ini dianalisis dengan kualitatif deskriptif (penelitian yang menghasilkan kata-kata tulisan atau lisan).
Penelitian ini menyimpulkan bahwa, metode pembelajaran Al-Hadist di SMP Darul Arqom Muhammadiyah Karanganyar Tahun Ajaran 2009/2010 secara teoritis sudah efektif, akan tetapi dalam tataran praktis belum bisa optimal dan masih ditemui banyak kendala dikarenakan sekolah ini memiliki fasilitas yang kurang lengkap.
|
---|