MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (Studi Kasus Penerapan MBS di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2009/2010)
Rumusan Masalah Bagaimana Penerapan ciri-ciri Manajemen Berbasis Sekolah di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo tahun ajaran 2009/2010, (2) Apa kendala yang dihadapi dan solusinya dalam penerapan Manajemen Berbasis Sekolah di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo tahun ajaran 2009/2010. Tujuan Penelitian ini adala...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/9994/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Rumusan Masalah Bagaimana Penerapan ciri-ciri Manajemen Berbasis Sekolah di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo tahun ajaran 2009/2010, (2) Apa kendala yang dihadapi dan solusinya dalam penerapan Manajemen Berbasis Sekolah di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo tahun ajaran 2009/2010.
Tujuan Penelitian ini adalah Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Mendiskripsikan ciri-ciri Manajemen Berbasis Sekolah di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo tahun ajaran 2009/2010, (2) Mendiskripsikan kendala yang dihadapi dan solusinya dalam penerapan Manajemen Berbasis Sekolah di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo tahun ajaran 2009/2010.
Penelitian ini bersifat kualitatif, Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, karena kegiatan ini dilakukan di lingkungan sekolah, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan diskriptif. Metode penentuan subyek adalah dengan cuplikan purpose sampling. Metode pengumpulan data adalah dengan observasi, interview,dan metode dokumentasi.
Berdasar hasil penelitian dapat disimpulkan : (1) Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo telah berjalan dengan baik, namun belum maksimum. Hal tersebut terlihat dari telah berjalan baiknya komponen MBS yang meliputi : perencanaan/ evaluasi program, manajemen Kurikulum, manajemen Keuangan, manajemen ketenagaan, manajemen Kesiswaan, manajemen sarana dan prasarana maupun hubungan sekolah dengan masyarakat. Akan tetapi masih ada kendala dalam pelaksanaanya. Sekolah juga telah memiliki kewenangan ataupun kemandirian dalam hal pengembangan kurikulum, penyedian fasilitas sekolah serta pengelolaan keuangan.
Komite, Kepala Sekolah, Guru, Siswa dan Orang Tua di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo sangat berperan yaitu mereka selalu dilibatkan mulai dari penyusunan program yang dilaksanakan di sekolah sampai dengan evaluasi sehingga semuanya berjalan sesuai posisinya masing-masing dengan baik. SMK juga memberdayakan tenaga kependidikan dengan mengikut sertakan dalam diklat. Bentuk keberlanjutan dengan perencanaan jangka pendek maupun jangka panjang. Juga keberlanjutan dari siswa perekrutan tamatan, dan menyalurkannya, pihak sekolah berusaha menjalin kerjasama dengan industri baik skala Nasional dan internasional (2) Beberapa kendala yang dihadapi dalam penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dari guru yang masih minim dalam menggunakan IT yang di sediakan sekolah, kurang dalam kompetensi mengajar mengakibatkan kepala sekoalah melakukan supervisi kepada guru tersebut.
Diterimanya sebagai Pegawai Negeri sebagian tenaga pengajar di SMK menjadi kendala dalam proses belajar mengajar. Terpisahnya lokasi kelas dengan ruang praktek menjadi kendala dalam pelayan kepada siswa dalam proses belajar mengajar. Kurangnya penggalian dana yang belum diberdayakan oleh SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo.
|
---|