TELAAH KURIKULUM DI PROGRAM KHUSUS KEAGAMAAN MAN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting di dalam keseluruhan kehidupan manusia. Salah satu aspek yang berpengaruh terhadap keberhasilan pendidikan nasional adalah aspek kurikulum. Kurikulum merupakan salah satu komponen yang memiliki peran strategis dalam sistem pendidikan. Kurikulum merupa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: JAUHAROH , WAFIYATUL
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9992/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994957366263808
author JAUHAROH , WAFIYATUL
author_facet JAUHAROH , WAFIYATUL
author_sort JAUHAROH , WAFIYATUL
collection ePrints
description Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting di dalam keseluruhan kehidupan manusia. Salah satu aspek yang berpengaruh terhadap keberhasilan pendidikan nasional adalah aspek kurikulum. Kurikulum merupakan salah satu komponen yang memiliki peran strategis dalam sistem pendidikan. Kurikulum merupakan suatu sistem program pembelajaran untuk mencapai tujuan institusional pada lembaga pendidikan. Sehingga kurikulum memegang peranan penting dalam mewujudkan sekolah yang bermutu dan berkualitas. Rumusan masalah ini adalah Apakah implementasi kurikulum program khusus keagamaan MAN 1 Surakarta sudah sesuai dengan tujuan kurikulum di sekolah tersebut, Bagaimana implementasi kurikulum di Program Khusus Keagamaan MAN 1 Surakarta dan Seberapa besar keberhasilan tujuan Program Khusus Keagamaan MAN 1 Surakarta dilihat dari kurikulum. Penelitian ini bertujuan yaitu (1) Mengetahui kesesuaian implementasi kurikulum dengan tujuan kurikulum di Program Khusus Keagamaan MAN 1 Surakarta, (2) Mengetahui implementasi kurikulum di Program Khusus Keagamaan MAN 1 Surakarta, (3) Mengetahui keberhasilan tujuan Program Khusus Keagamaan MAN 1 Surakarta dilihat dari kurikulum. Manfaat penelitian ini, Sebagai upaya untuk memperkaya khazanah keilmuan di bidang pendidikan, khususnya yang berkaitan dengan implementasi kurikulum di Program Khusus Keagamaan MAN 1 Surakarta, Mengajak pelaku-pelaku pendidikan untuk membangun wacana kurikulum baru dalam dunia pendidikan, kemudian merumuskannya sesuai kebutuhan siswa dan dunia pendidikan pada umumnya dan Dapat memberi sumbangsih bagi dunia pendidikan nasional dan meningkatkan SDM seutuhnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research). Untuk memperoleh data penelitian ini digunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun penelitian ini dianalisis dengan deskriptif kualitatif (berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang diperlukan yang dapat diamati yang dilakukan dalam kehidupan yang nyata dan sebenarnya). Kesimpulan penelitian ini adalah program khusus keagamaan yang berada di MAN 1 Surakarta adalah program unggulan madrasah ini. Karena program ini mempunyai kurikulum yang berbeda dengan madrasah pada umumnya yaitu 70% ilmu agama dan 30% pelajaran umum. Pada program ini para siswa diwajibkan tinggal di dalam asrama dengan didampingi para pembina asrama. Dalam kehidupan sehari-hari para siswa diwajibkan menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris. Program ini bertujuan agar tercipta generasi yang berakhaqul karimah, Islami dan berprestasi. Dilihat dari lulusannya, program ini bisa dikatakan baik. Tapi masih harus terus selalu ditingkatkan dalam semua aspek agar menjadi lebih baik.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9992
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9992 https://eprints.ums.ac.id/9992/ TELAAH KURIKULUM DI PROGRAM KHUSUS KEAGAMAAN MAN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010 JAUHAROH , WAFIYATUL BP Bahaism. Theosophy, etc Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting di dalam keseluruhan kehidupan manusia. Salah satu aspek yang berpengaruh terhadap keberhasilan pendidikan nasional adalah aspek kurikulum. Kurikulum merupakan salah satu komponen yang memiliki peran strategis dalam sistem pendidikan. Kurikulum merupakan suatu sistem program pembelajaran untuk mencapai tujuan institusional pada lembaga pendidikan. Sehingga kurikulum memegang peranan penting dalam mewujudkan sekolah yang bermutu dan berkualitas. Rumusan masalah ini adalah Apakah implementasi kurikulum program khusus keagamaan MAN 1 Surakarta sudah sesuai dengan tujuan kurikulum di sekolah tersebut, Bagaimana implementasi kurikulum di Program Khusus Keagamaan MAN 1 Surakarta dan Seberapa besar keberhasilan tujuan Program Khusus Keagamaan MAN 1 Surakarta dilihat dari kurikulum. Penelitian ini bertujuan yaitu (1) Mengetahui kesesuaian implementasi kurikulum dengan tujuan kurikulum di Program Khusus Keagamaan MAN 1 Surakarta, (2) Mengetahui implementasi kurikulum di Program Khusus Keagamaan MAN 1 Surakarta, (3) Mengetahui keberhasilan tujuan Program Khusus Keagamaan MAN 1 Surakarta dilihat dari kurikulum. Manfaat penelitian ini, Sebagai upaya untuk memperkaya khazanah keilmuan di bidang pendidikan, khususnya yang berkaitan dengan implementasi kurikulum di Program Khusus Keagamaan MAN 1 Surakarta, Mengajak pelaku-pelaku pendidikan untuk membangun wacana kurikulum baru dalam dunia pendidikan, kemudian merumuskannya sesuai kebutuhan siswa dan dunia pendidikan pada umumnya dan Dapat memberi sumbangsih bagi dunia pendidikan nasional dan meningkatkan SDM seutuhnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research). Untuk memperoleh data penelitian ini digunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun penelitian ini dianalisis dengan deskriptif kualitatif (berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang diperlukan yang dapat diamati yang dilakukan dalam kehidupan yang nyata dan sebenarnya). Kesimpulan penelitian ini adalah program khusus keagamaan yang berada di MAN 1 Surakarta adalah program unggulan madrasah ini. Karena program ini mempunyai kurikulum yang berbeda dengan madrasah pada umumnya yaitu 70% ilmu agama dan 30% pelajaran umum. Pada program ini para siswa diwajibkan tinggal di dalam asrama dengan didampingi para pembina asrama. Dalam kehidupan sehari-hari para siswa diwajibkan menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris. Program ini bertujuan agar tercipta generasi yang berakhaqul karimah, Islami dan berprestasi. Dilihat dari lulusannya, program ini bisa dikatakan baik. Tapi masih harus terus selalu ditingkatkan dalam semua aspek agar menjadi lebih baik. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9992/1/G000060047.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9992/2/G000060047.pdf JAUHAROH , WAFIYATUL (2010) TELAAH KURIKULUM DI PROGRAM KHUSUS KEAGAMAAN MAN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . G000060047
spellingShingle BP Bahaism. Theosophy, etc
JAUHAROH , WAFIYATUL
TELAAH KURIKULUM DI PROGRAM KHUSUS KEAGAMAAN MAN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title TELAAH KURIKULUM DI PROGRAM KHUSUS KEAGAMAAN MAN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full TELAAH KURIKULUM DI PROGRAM KHUSUS KEAGAMAAN MAN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_fullStr TELAAH KURIKULUM DI PROGRAM KHUSUS KEAGAMAAN MAN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed TELAAH KURIKULUM DI PROGRAM KHUSUS KEAGAMAAN MAN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_short TELAAH KURIKULUM DI PROGRAM KHUSUS KEAGAMAAN MAN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_sort telaah kurikulum di program khusus keagamaan man 1 surakarta tahun pelajaran 2009 2010
topic BP Bahaism. Theosophy, etc
url https://eprints.ums.ac.id/9992/
work_keys_str_mv AT jauharohwafiyatul telaahkurikulumdiprogramkhususkeagamaanman1surakartatahunpelajaran20092010