TELAAH KURIKULUM DI PROGRAM KHUSUS KEAGAMAAN MAN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting di dalam keseluruhan kehidupan manusia. Salah satu aspek yang berpengaruh terhadap keberhasilan pendidikan nasional adalah aspek kurikulum. Kurikulum merupakan salah satu komponen yang memiliki peran strategis dalam sistem pendidikan. Kurikulum merupa...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/9992/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804994957366263808 |
---|---|
author | JAUHAROH , WAFIYATUL |
author_facet | JAUHAROH , WAFIYATUL |
author_sort | JAUHAROH , WAFIYATUL |
collection | ePrints |
description | Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting di dalam keseluruhan kehidupan manusia. Salah satu aspek yang berpengaruh terhadap keberhasilan pendidikan nasional adalah aspek kurikulum. Kurikulum merupakan salah satu komponen yang memiliki peran strategis dalam sistem pendidikan. Kurikulum merupakan suatu sistem program pembelajaran untuk mencapai tujuan institusional pada lembaga pendidikan. Sehingga kurikulum memegang peranan penting dalam mewujudkan sekolah yang bermutu dan berkualitas.
Rumusan masalah ini adalah Apakah implementasi kurikulum program khusus keagamaan MAN 1 Surakarta sudah sesuai dengan tujuan kurikulum di sekolah tersebut, Bagaimana implementasi kurikulum di Program Khusus Keagamaan MAN 1 Surakarta dan Seberapa besar keberhasilan tujuan Program Khusus Keagamaan MAN 1 Surakarta dilihat dari kurikulum. Penelitian ini bertujuan yaitu (1) Mengetahui kesesuaian implementasi kurikulum dengan tujuan kurikulum di Program Khusus Keagamaan MAN 1 Surakarta, (2) Mengetahui implementasi kurikulum di Program Khusus Keagamaan MAN 1 Surakarta, (3) Mengetahui keberhasilan tujuan Program Khusus Keagamaan MAN 1 Surakarta dilihat dari kurikulum. Manfaat penelitian ini, Sebagai upaya untuk memperkaya khazanah keilmuan di bidang pendidikan, khususnya yang berkaitan dengan implementasi kurikulum di Program Khusus Keagamaan MAN 1 Surakarta, Mengajak pelaku-pelaku pendidikan untuk membangun wacana kurikulum baru dalam dunia pendidikan, kemudian merumuskannya sesuai kebutuhan siswa dan dunia pendidikan pada umumnya dan Dapat memberi sumbangsih bagi dunia pendidikan nasional dan meningkatkan SDM seutuhnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research). Untuk memperoleh data penelitian ini digunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun penelitian ini dianalisis dengan deskriptif kualitatif (berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang diperlukan yang dapat diamati yang dilakukan dalam kehidupan yang nyata dan sebenarnya).
Kesimpulan penelitian ini adalah program khusus keagamaan yang berada di MAN 1 Surakarta adalah program unggulan madrasah ini. Karena program ini mempunyai kurikulum yang berbeda dengan madrasah pada umumnya yaitu 70% ilmu agama dan 30% pelajaran umum. Pada program ini para siswa diwajibkan tinggal di dalam asrama dengan didampingi para pembina asrama. Dalam kehidupan sehari-hari para siswa diwajibkan menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris. Program ini bertujuan agar tercipta generasi yang berakhaqul karimah, Islami dan berprestasi. Dilihat dari lulusannya, program ini bisa dikatakan baik. Tapi masih harus terus selalu ditingkatkan dalam semua aspek agar menjadi lebih baik.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:9992 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:9992 https://eprints.ums.ac.id/9992/ TELAAH KURIKULUM DI PROGRAM KHUSUS KEAGAMAAN MAN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010 JAUHAROH , WAFIYATUL BP Bahaism. Theosophy, etc Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting di dalam keseluruhan kehidupan manusia. Salah satu aspek yang berpengaruh terhadap keberhasilan pendidikan nasional adalah aspek kurikulum. Kurikulum merupakan salah satu komponen yang memiliki peran strategis dalam sistem pendidikan. Kurikulum merupakan suatu sistem program pembelajaran untuk mencapai tujuan institusional pada lembaga pendidikan. Sehingga kurikulum memegang peranan penting dalam mewujudkan sekolah yang bermutu dan berkualitas. Rumusan masalah ini adalah Apakah implementasi kurikulum program khusus keagamaan MAN 1 Surakarta sudah sesuai dengan tujuan kurikulum di sekolah tersebut, Bagaimana implementasi kurikulum di Program Khusus Keagamaan MAN 1 Surakarta dan Seberapa besar keberhasilan tujuan Program Khusus Keagamaan MAN 1 Surakarta dilihat dari kurikulum. Penelitian ini bertujuan yaitu (1) Mengetahui kesesuaian implementasi kurikulum dengan tujuan kurikulum di Program Khusus Keagamaan MAN 1 Surakarta, (2) Mengetahui implementasi kurikulum di Program Khusus Keagamaan MAN 1 Surakarta, (3) Mengetahui keberhasilan tujuan Program Khusus Keagamaan MAN 1 Surakarta dilihat dari kurikulum. Manfaat penelitian ini, Sebagai upaya untuk memperkaya khazanah keilmuan di bidang pendidikan, khususnya yang berkaitan dengan implementasi kurikulum di Program Khusus Keagamaan MAN 1 Surakarta, Mengajak pelaku-pelaku pendidikan untuk membangun wacana kurikulum baru dalam dunia pendidikan, kemudian merumuskannya sesuai kebutuhan siswa dan dunia pendidikan pada umumnya dan Dapat memberi sumbangsih bagi dunia pendidikan nasional dan meningkatkan SDM seutuhnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research). Untuk memperoleh data penelitian ini digunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun penelitian ini dianalisis dengan deskriptif kualitatif (berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang diperlukan yang dapat diamati yang dilakukan dalam kehidupan yang nyata dan sebenarnya). Kesimpulan penelitian ini adalah program khusus keagamaan yang berada di MAN 1 Surakarta adalah program unggulan madrasah ini. Karena program ini mempunyai kurikulum yang berbeda dengan madrasah pada umumnya yaitu 70% ilmu agama dan 30% pelajaran umum. Pada program ini para siswa diwajibkan tinggal di dalam asrama dengan didampingi para pembina asrama. Dalam kehidupan sehari-hari para siswa diwajibkan menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris. Program ini bertujuan agar tercipta generasi yang berakhaqul karimah, Islami dan berprestasi. Dilihat dari lulusannya, program ini bisa dikatakan baik. Tapi masih harus terus selalu ditingkatkan dalam semua aspek agar menjadi lebih baik. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9992/1/G000060047.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9992/2/G000060047.pdf JAUHAROH , WAFIYATUL (2010) TELAAH KURIKULUM DI PROGRAM KHUSUS KEAGAMAAN MAN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . G000060047 |
spellingShingle | BP Bahaism. Theosophy, etc JAUHAROH , WAFIYATUL TELAAH KURIKULUM DI PROGRAM KHUSUS KEAGAMAAN MAN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010 |
title | TELAAH KURIKULUM DI PROGRAM KHUSUS KEAGAMAAN MAN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010 |
title_full | TELAAH KURIKULUM DI PROGRAM KHUSUS KEAGAMAAN MAN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010 |
title_fullStr | TELAAH KURIKULUM DI PROGRAM KHUSUS KEAGAMAAN MAN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010 |
title_full_unstemmed | TELAAH KURIKULUM DI PROGRAM KHUSUS KEAGAMAAN MAN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010 |
title_short | TELAAH KURIKULUM DI PROGRAM KHUSUS KEAGAMAAN MAN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010 |
title_sort | telaah kurikulum di program khusus keagamaan man 1 surakarta tahun pelajaran 2009 2010 |
topic | BP Bahaism. Theosophy, etc |
url | https://eprints.ums.ac.id/9992/ |
work_keys_str_mv | AT jauharohwafiyatul telaahkurikulumdiprogramkhususkeagamaanman1surakartatahunpelajaran20092010 |