MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana cara perencanaan manajemen kurikulum, serta bagaimana cara pengkoordinasian manajemen kurikulum, dan dan bagaiamana cara pengawasan manajemen kurikulum pendidikan agama Islam di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta?. Adapun tujuan dalam penel...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HARLENA, EVA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9991/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994957097828352
author HARLENA, EVA
author_facet HARLENA, EVA
author_sort HARLENA, EVA
collection ePrints
description Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana cara perencanaan manajemen kurikulum, serta bagaimana cara pengkoordinasian manajemen kurikulum, dan dan bagaiamana cara pengawasan manajemen kurikulum pendidikan agama Islam di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara perencanaan manajemen kurikulum pendidikan agama Islam di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, bagaimana cara mengkoordinasi manajemen kurikulum pendidikan agama islam di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, serta untuk menemukan bagaimana pengawasan manajemen kurikulum pendidikan agama Islam di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah jenis lapangan (Field Research), dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan analisis deskriftif. Subyek dalam penelitian ini yaitu, kepala sekolah, seluruh guru pendidikan agama Islam dan siswa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. pengumpulan data dilakukan melalui interview kepada kepala sekolah, koordinator kurikulum, dan guru-guru pendidikan agama Islam (PAI). Adapun observasi di lakukan untuk mengamati, mendengarkan, dan mencatat langsung terhadap perencanaan manajemen kurikulum pendidikan agama Islam, pengkoordinasian, dan penagawasan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Sedangkan analisis datanya menggunakan kualitatif deskriptif dengan pola berpikir induktif. Dari hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa perencanaan manajemen kurikulum PAI telah direncanakan dengan baik yaitu dengan penyusunan silabus, RPP dan program tahunan. Sedangkan pengkoordinasian di bagimenjadi dua yaitu koordinasi personil, dan koordinasi pembagian materi. Kemudian, cara pengawasan manajemen kurikulum PAI dilakasanakan pada saat proses dan penilaian akhir. Dapat dilihat dengan pengadaan tes formatif sebagai nilai harian dan tes sumatif pada akhir program pengajaran, di adakan juga pre-test dan post test.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9991
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9991 https://eprints.ums.ac.id/9991/ MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010 HARLENA, EVA BP Bahaism. Theosophy, etc Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana cara perencanaan manajemen kurikulum, serta bagaimana cara pengkoordinasian manajemen kurikulum, dan dan bagaiamana cara pengawasan manajemen kurikulum pendidikan agama Islam di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara perencanaan manajemen kurikulum pendidikan agama Islam di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, bagaimana cara mengkoordinasi manajemen kurikulum pendidikan agama islam di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, serta untuk menemukan bagaimana pengawasan manajemen kurikulum pendidikan agama Islam di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah jenis lapangan (Field Research), dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan analisis deskriftif. Subyek dalam penelitian ini yaitu, kepala sekolah, seluruh guru pendidikan agama Islam dan siswa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. pengumpulan data dilakukan melalui interview kepada kepala sekolah, koordinator kurikulum, dan guru-guru pendidikan agama Islam (PAI). Adapun observasi di lakukan untuk mengamati, mendengarkan, dan mencatat langsung terhadap perencanaan manajemen kurikulum pendidikan agama Islam, pengkoordinasian, dan penagawasan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Sedangkan analisis datanya menggunakan kualitatif deskriptif dengan pola berpikir induktif. Dari hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa perencanaan manajemen kurikulum PAI telah direncanakan dengan baik yaitu dengan penyusunan silabus, RPP dan program tahunan. Sedangkan pengkoordinasian di bagimenjadi dua yaitu koordinasi personil, dan koordinasi pembagian materi. Kemudian, cara pengawasan manajemen kurikulum PAI dilakasanakan pada saat proses dan penilaian akhir. Dapat dilihat dengan pengadaan tes formatif sebagai nilai harian dan tes sumatif pada akhir program pengajaran, di adakan juga pre-test dan post test. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9991/1/G000060044.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9991/2/G000060044.pdf HARLENA, EVA (2010) MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . G000060044
spellingShingle BP Bahaism. Theosophy, etc
HARLENA, EVA
MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_fullStr MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_short MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_sort manajemen kurikulum pendidikan agama islam di sma muhammadiyah 1 surakarta tahun pelajaran 2009 2010
topic BP Bahaism. Theosophy, etc
url https://eprints.ums.ac.id/9991/
work_keys_str_mv AT harlenaeva manajemenkurikulumpendidikanagamaislamdismamuhammadiyah1surakartatahunpelajaran20092010